June
06
2023
     08:17

CIMB Niaga Dukung Potensi Masyarakat Sabang lewat Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh

CIMB Niaga Dukung Potensi Masyarakat Sabang lewat Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh
ILUSTRASI. Para volunteer Kejar Mimpi Goes to School bersama para siswa berpose di depan mural Kejar Mimpi di SDN 11 Sabang, Aceh. Acara merupakan bagian dari Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh bertema ?Creating Impact for The Golden Island of Aceh?.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh kembali hadir menyapa masyarakat di Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Kegiatan yang digelar untuk keempat kalinya ini mengusung tema “Creating Impact For The Golden Island of Aceh”. Ekspedisi kali ini difokuskan pada pengembangan potensi masyarakat dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, serta memupuk semangat kejar mimpi bagi para pelajar di Kota Sabang melalui pendidikan.

Penyelenggaraan Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh merupakan bagian dari komitmen PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) untuk membantu generasi muda di Indonesia agar semakin berdaya dalam mewujudkan mimpi dan memberikan manfaat bagi sesama melalui berbagai kegiatan yang positif. Hal ini diharapkan dapat melanjutkan kesuksesan tiga episode Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh sebelumnya.

Brand Strategy & Experience Head CIMB Niaga Muhamad Firdaus Andjar menyatakan, CIMB Niaga terus mendukung Komunitas Kejar Mimpi Aceh dalam mengasah kepekaan dan kontribusi terhadap kebutuhan lingkungan sekitarnya. Karena itu, CIMB Niaga terus mendorong inisiatif dan program komunitas yang memberikan dampak baik sehingga dapat terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Melalui Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh, kami juga berharap untuk bisa menjalin kolaborasi dengan berbagai komunitas di setiap kota, sehingga tercipta persaudaraan yang lebih erat antara Komunitas Kejar Mimpi dengan masyarakat sekitar. Tentunya, agar impact positif tersebut dapat terus berlanjut dan dirasakan manfaatnya secara lebih luas, kami akan menjalankan inisiatif ini secara berkelanjutan dan menjangkau kota-kota lainnya,” kata Firdaus di Jakarta, Senin (25/6/2023).

Bagian dari program keberlanjutan CIMB Niaga pilar pendidikan

Firdaus menjelaskan, Ekspedisi Kejar Mimpi Aceh digelar menarik dengan beragam rangkaian kegiatan positif. Diawali dengan Dialog Mimpi yang berlangsung pada Selasa-Jumat, 2-5 Mei 2023. Acara ini merupakan ruang saling berbagi motivasi terkait dunia volunteering yang dilaksanakan melalui Instagram Live. Harapannya dapat membangun semangat Kejar Mimpi dan mengajak generasi muda untuk melakukan aksi social. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan total 400 audiens.

Selanjutnya, pada Sabtu, 13 Mei 2023, ekspedisi diisi dengan Volunteering Pendidikan di SDN 11 Sabang. Volunteering ini merupakan amplifikasi dari program keberlanjutan CIMB Niaga dalam bidang pendidikan dalam bentuk kegiatan bermain dan belajar yang terbagi menjadi 2 tingkat yaitu dari tingkat pertama (kelas 1-3 SD) dengan pembelajaran Pendidikan Karakter, Calistung, dan mengenal sekaligus mewarnai Profesi.

Sedangkan tingkat 2 (kelas 4-6 SD) menerima pembelajaran Fun English, Wawasan Kebangsaan, dan Tangga Mimpi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat bagi 154 anak-anak di Desa Aneuk Laot, Kota Sabang agar terus mengejar mimpi dan mengembangkan potensi diri. Volunteering diakhiri dengan prosesi peluncuran Mural Kejar Mimpi by CIMB Niaga Syariah di SDN 11 Sabang.

Rangkain kegiatan berikutnya yaitu Kejar Mimpi Talks & Kejar Mimpi Peduli UMKM di Aula Kantor Walikota Sabang pada Minggu, 14 Mei 2023. Komunitas Kejar Mimpi Aceh mengadakan KM Talks ini sebagai bentuk pengembangan dan kepedulian kepada masyarakat sekitar. Acara menghadirkan narasumber Duta Wisata Sabang Gita Melisa dan serta Segment & Business Banking Head CIMB Niaga Wiwied Astuti yang memberikan tips dan motivasi bertema “Peran Pendidikan dan Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Desa Wisata”. Kegiatan berhasil dihadiri oleh 96 audiens.

Tidak hanya berhenti di situ, dalam acara ini Kejar Mimpi Aceh juga turut menghadirkan gerai UMKM dari Desa Aneuk Laot, Kota Sabang sebagai upaya pengenalan produk lokal dan peragaan Cocopeat dan pembuatan pot dari serabut kelapa. Hal ini merupakan ide ekonomi kreatif yang bisa dilakukan oleh masyarakat Kota Sabang. Harapannya bisa diaplikasikan untuk meningkatkan UMKM serta daya tarik pariwisata masyarakat sekitar.

Adapun sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Kejar Mimpi Aceh juga melaksanakan Beach Clean Up di Pantai Kasih, Sabang. Dalam acara ini, para volunteer membersihkan sampah dan lingkungan sekitar Pantai Kasih, Kota Sabang bersama lebih dari 80 masyarakat dan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Provinsi Aceh, DLHK Kota Sabang, dan Komunitas Kota Sabang. Melalui acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Dikemas dengan aktivitas yang seru, Kejar Mimpi Aceh mengadakan content challenge untuk seluruh peserta, sehingga aksi sosial tersebut dapat menginspirasi anak muda lainnya melalui media sosial.

“CIMB Niaga akan terus berupaya mendukung anak muda mewujudkan aspirasi menjadi inspirasi yang bermakna untuk kemajuan Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus mewadahi Komunitas Kejar Mimpi yang telah tersebar di 35 kota dalam melanjutkan berbagai program yang berdampak positif bagi masyarakat luas,” ujar Firdaus.

Tentang Komunitas Kejar Mimpi

Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari Gerakan sosial #KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengasah skill kepemimpinan dan volunteering. Gerakan sosial #KejarMimpi memiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia.

Saat ini, Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 800 anggota aktif. Sejak berdiri hingga kini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari 1.000 kegiatan sosial serta menginspirasi lebih dari 147.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu Pendidikan, lingkungan, filantropi dan pembangunan ekonomi sosial.

Baca Juga: CIMB Niaga Gelar Kejar Mimpi Rising Start

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved