July
29
2024
     20:20

Chandra Asri Group Raih Pinjaman Sindikasi Berkelanjutan Sebesar USD 800 Juta

Chandra Asri Group Raih Pinjaman Sindikasi Berkelanjutan Sebesar USD 800 Juta
ILUSTRASI. PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) secara resmi telah menggunakan opsi Greenshoe dalam fasilitas pinjaman sindikasi berjangka terkait keberlanjutan (?Fasilitas?) setara US$600 juta, yang ditandatangani pada Mei 2024, dengan meningkatkan Fasilitas tersebut menjadi setara dengan US$800 juta setelah mendapat respons positif dan permintaan tinggi atas Fasilitas tersebut dari pasar perbankan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) secara resmi telah menggunakan opsi Greenshoe dalam fasilitas pinjaman sindikasi berjangka terkait keberlanjutan (“Fasilitas”) setara US$600 juta, yang ditandatangani pada Mei 2024, dengan meningkatkan Fasilitas tersebut menjadi setara dengan US$800 juta setelah mendapat respons positif dan permintaan tinggi atas Fasilitas tersebut dari pasar perbankan.

Fasilitas ini disediakan oleh sejumlah mitra perbankan dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Singapura, dan Thailand. Kesepakatan ini menandai dukungan yang lebih besar dan solid dari industri perbankan, mengukuhkan komitmen Chandra Asri terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab dan pengelolaan lingkungan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja Perusahaan secara keseluruhan.

Chandra Asri Group bermitra dengan Oversea-Chinese Banking Corporation Limited (“OCBC”) sebagai bank penasihat dan Mandated Lead Arranger, Underwriter, dan Bookrunner (“MLAUB”) untuk fasilitas pinjaman sindikasi senilai setara USD800 juta, didukung oleh lembaga keuangan terkemuka seperti: PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, KASIKORNBANK PUBLIC COMPANY LIMITED, PT Bank Permata Tbk., PT BANK HSBC INDONESIA, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan Bank ICBC Indonesia. Ada pun, OCBC juga bertindak sebagai Koordinator Keberlanjutan tunggal dalam Fasilitas tersebut.

Pinjaman ini ditujukan untuk mendukung proyek-proyek ekonomi yang berkelanjutan secara lingkungan dan sosial guna mendukung pertumbuhan Perusahaan, yang akan memperkuat kepemimpinan Chandra Asri Group di sektor kimia dan infrastruktur. Melalui integrasi strategi keuangan dengan tujuan keberlanjutan, Chandra Asri Group, sebagai mitra pertumbuhan yang berdedikasi, yakin dapat memimpin praktik bisnis yang berkelanjutan.

Andre Khor, Chief Financial Officer Chandra Asri Group, menyatakan, “Chandra Asri Group sangat senang dapat berkolaborasi dengan lembaga keuangan terkemuka dari berbagai wilayah, dan kami berharap dapat memanfaatkan dana ini untuk mendorong proyek-proyek ekonomi berkelanjutan. Kami juga berterima kasih kepada OCBC atas peran luar biasa mereka sebagai bank penasihat dan MLAUB. Keahlian dan dukungan mereka telah sangat berharga dalam membantu kami mencapai pencapaian ini dan memungkinkan Chandra Asri Group untuk maju secara bertanggung jawab.”

Tan Teck Long, Head of Global Wholesale Banking of OCBC, mengatakan, “Kami senang dapat mendukung Chandra Asri dalam fasilitas terdepan di pasar ini, yang akan memungkinkan Grup untuk mendorong pertumbuhannya dengan cara yang ramah lingkungan. Kemitraan ini mencerminkan komitmen OCBC untuk memanfaatkan keahlian dan solusi keuangan inovatif kami guna membantu klien kami mencapai ambisi mereka dan mendukung mereka dalam transisi menuju dunia dengan emisi karbon rendah.”

Tentang Chandra Asri Group

Chandra Asri Group adalah perusahaan solusi kimia dan infrastruktur terkemuka di Indonesia, menyediakan produk dan layanan untuk berbagai industri manufaktur di pasar domestik dan internasional. Dengan sejarah selama 31 tahun dan lebih dari 2.200 karyawan yang berdedikasi, perusahaan ini mengintegrasikan teknologi terkini dan fasilitas pendukung yang terletak secara strategis di pusat-pusat petrokimia dan industri di Cilegon dan Serang.

Chandra Asri Group mengoperasikan satu-satunya naphtha cracker di Indonesia yang memproduksi olefin (Ethylene, Propylene), Polyolefin (Polyethylene, Polypropylene), Pygas, dan Mixed-C4, serta merupakan satu-satunya produsen domestik Styrene Monomer, Ethylene, Butadiene, MTBE, dan Butene, dengan pengembangan pabrik Chlor Alkali – Ethylene Dichloride berskala dunia yang tengah dilakukan. Bisnis kimia Chandra Asri Group didukung oleh aset infrastruktur inti yang mencakup fasilitas energi, listrik, air, dermaga, dan tangki penyimpanan strategis.

Tentang OCBC

OCBC merupakan bank tertua yang didirikan di Singapura, dibentuk pada tahun 1932 dari penggabungan tiga bank lokal, yang tertua didirikan pada tahun 1912. Bank ini merupakan salah satu bank dengan peringkat tertinggi di dunia, dengan peringkat Aa1 dari Moody’s dan AA- dari Fitch serta S&P. Diakui karena kekuatan dan stabilitas keuangannya, OCBC secara konsisten berada di antara 50 Bank Teraman Dunia versi Global Finance dan telah dinyatakan sebagai Bank Terbaik di Singapura oleh The Asian Banker.

OCBC adalah grup layanan keuangan terbesar kedua di Asia Tenggara berdasarkan aset. Grup ini menawarkan berbagai layanan perbankan komersial, keuangan khusus, dan manajemen kekayaan, mulai dari perbankan konsumen, korporat, investasi, pribadi, dan transaksi hingga layanan perbendaharaan, asuransi, manajemen aset, dan pialang saham. Pasar utama Grup adalah Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Cina Raya. Grup ini memiliki hampir 420 cabang dan kantor perwakilan di 19 negara dan wilayah.

Baca Juga: Chandra Asri Tegaskan Keberlanjutan dengan Sertifikat Green Building EDGE Advanced

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved