March
13
2024
     14:14

Chandra Asri Group Berhasil Luncurkan Obligasi Senilai Rp1,5 Triliun pada Tahun 2024

Chandra Asri Group Berhasil Luncurkan Obligasi Senilai Rp1,5 Triliun pada Tahun 2024
ILUSTRASI. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk secara resmi telah mengubah nama Perseroan menjadi PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) dengan kode saham TPIA.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), perusahaan solusi kimia dan infrastruktur terkemuka di Indonesia, telah berhasil menyelesaikan penerbitan Obligasi Rupiah pertamanya pada tahun 2024 dengan dukungan investor yang kuat.

Hingga saat ini, Chandra Asri Group telah berhasil mengeksekusi empat tahap pada Program Obligasi Berkelanjutan IV. Tahap I pada tahun 2022 ditutup dengan nilai Rp2 triliun, diikuti oleh Tahap II pada tahun 2023 sebesar Rp1,25 triliun, Tahap III pada tahun 2023 sebesar Rp1 triliun, dan penerbitan Tahap IV terbaru pada tahun 2024 sebesar Rp1,5 triliun.

Tahap IV tahun 2024 ini tercatat kembali oversubscription. Dalam tahap ini Perseroan menawarkan kupon berdenominasi Rupiah hingga 7,95% untuk seri A yang berjangka 3 tahun dengan total Rp542,38 miliar, 8,25% untuk seri B selama 5 tahun senilai Rp416,80 miliar, dan 8,75% untuk seri C selama 7 tahun senilai Rp540,82 miliar.

Transaksi ini menandai kesuksesan berkelanjutan Chandra Asri Group dalam memasuki pasar pendapatan tetap domestik, sebagai bagian dari Program Penawaran Umum Berkelanjutan IV Obligasi Perseroan yang disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dengan target pendanaan sebesar Rp8 triliun selama tahun 2022 hingga 2024.

Andre Khor, Chief Financial Officer Chandra Asri Group menyatakan, "Kami senang telah berhasil menyelesaikan tahap lanjutan dari program obligasi Rupiah kami dengan dukungan kuat dari investor setia dan para penjamin emisi efek. Hal ini menjadi manifestasi kuat dari kepercayaan tinggi investor domestik terhadap kinerja dan kekuatan keuangan Perseroan.

Kami juga senang bahwa program Obligasi ini menawarkan pilihan yang kredibel bagi investor yang ingin meningkatkan imbal hasil mereka, diimbangi dengan fokus holistik dalam mempertahankan standar lingkungan, sosial, dan tata kelola yang tinggi."

Penjamin emisi efek dari penerbitan Tahap IV terbaru ini adalah PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT KB Valbury Sekuritas, PT RHB Sekuritas Indonesia, PT Sucor Sekuritas, dan PT UOB Kay Hian Sekuritas. PT Bank Tabungan Tbk Negara (Persero) bertindak sebagai wali amanat.

Obligasi Perseroan turut kembali meraih peringkat idAA- dari Pefindo, lembaga pemeringkat kredit tertua dan paling terpercaya di Indonesia. Pefindo menilai sangat kuat kapasitas Chandra Asri Group untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya atas surat utang, dibandingkan dengan penerbit obligasi Indonesia lainnya.

Dana yang terkumpul dari penerbitan ini akan digunakan untuk mendanai modal kerja Chandra Asri Group seiring dengan pertumbuhan yang berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan pasar domestik Indonesia.

Tentang Chandra Asri Group

Chandra Asri Group adalah perusahaan solusi kimia dan infrastruktur terkemuka di Indonesia, menyediakan produk dan layanan untuk berbagai industri manufaktur di pasar domestik dan internasional. Dengan sejarah selama 31 tahun dan lebih dari 2.200 karyawan yang berdedikasi, perusahaan ini mengintegrasikan teknologi terkini dan fasilitas pendukung yang terletak secara strategis di pusat-pusat petrokimia dan industri di Cilegon dan Serang.

Chandra Asri Group mengoperasikan satusatunya naphtha cracker di Indonesia yang memproduksi olefin (Ethylene, Propylene), Polyolefin (Polyethylene, Polypropylene), Pygas, dan Mixed-C4, serta merupakan satusatunya produsen domestic Styrene Monomer, Ethylene, Butadiene, MTBE, dan Butene, dengan pengembangan pabrik Chlor Alkali – Ethylene Dichloride berskala dunia yang tengah dilakukan. Bisnis kimia Chandra Asri Group didukung oleh aset infrastruktur inti yang mencakup fasilitas energi, listrik, air, dermaga, dan tangki penyimpanan strategis.

Baca Juga: Chandra Asri (TPIA) Tuntaskan Penerbitan Obligasi Senilai Rp 1,5 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved