August
16
2022
     10:39

Buka HBDI 2022, Mendag Zulhas: Akselerasi Momentum Majukan Ekonomi Nasional

Buka HBDI 2022, Mendag Zulhas: Akselerasi Momentum Majukan Ekonomi Nasional
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan membuka kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2022 di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (15 Agt).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak masyarakat luas untuk turut serta meramaikan kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2022 yang berlangsung pada 15—28 Agustus 2022. Menurutnya, HBDI memiliki peran strategis dalam menarik minat konsumen untuk berbelanja sehingga dapat meningkatkan omzet peritel dan menggairahkan sektor perdagangan.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat membuka kegiatan ‘Hari Belanja Diskon Indonesia 2022’ di Gedung Sarinah Jakarta, pada hari ini, Senin (15/8). Turut hadir pada acara ini Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah dan Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati selaku Ketua Panitia HBDI.

"Kami berharap acara ini dapat mengakselerasi momentum untuk memajukan perekonomian nasional dengan melibatkan banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan mendukung program Bangga Buatan Indonesia dengan belanja produk Indonesia," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, saat ini ekonomi Indonesia tumbuh positif sebesar 5,44 persen secara tahunan pada kuartal II 2022. Kinerja ekonomi ini lebih tinggi dibanding sebelum pandemi. Indikator lain juga menunjukkan optimisme, seperti Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang terus berada di level 100 pada April—Juni 2022 dan Indeks Penjualan Riil (IPR) yang juga tumbuh positif secara tahunan. “Hal ini menandakan pemulihan ekonomi yang berlangsung sejak triwulan II 2021 terus berlanjut dan semakin menguat,” tandasnya.

Mendag Zulkifli Hasan melanjutkan, konsumsi rumah tangga merupakan salah satu faktor pendorong tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kontribusi mencapai 51,47 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dan bertumbuh 5,51 persen. Para peritel, baik yang berdiri sendiri maupun yang berada di pusat perbelanjaan memiliki kontribusi penting dalam mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.

“Kami berharap acara HBDI ini dapat mendorong pelaku UMKM dan para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia untuk menambah kreativitas dan kualitas pada produknya sehingga dapat berkembang dan menyerbu pasar internasional," ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Pada pembukaan tersebut, Mendag Zulkifli Hasan juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Hippindo dan Malaysia Retail Chain Association (MRCA) mengenai inisiasi pembentukan ASEAN Retail and Tenant Union. Inisiasi ini bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia, regional, dan global.

Sementara itu, Budihardjo berharap di masa depan semakin banyak merek lokal yang memberikan diskon, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Hal ini menjadi kebanggaan peritel sebagai lokomotif pemulihan ekonomi dari sektor konsumsi.

Baca Juga: Mendag Zulhas Targetkan Digitalisasi 1.000 Pasar Rakyat dan Sejuta Pedagang UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved