September
27
2024
     17:12

BSI Maslahat & KAI Daop 9 Beri Layanan Kesehatan Gratis Rail Clinic di St. Rambipuji

BSI Maslahat & KAI Daop 9 Beri Layanan Kesehatan Gratis Rail Clinic di St. Rambipuji
ILUSTRASI. Dalam rangka HUT ke-79 KAI, PT KAI Daop 9 Jember melalui program TJSL menghadirkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dengan menggunakan kereta Rail Clinic (Kereta Kesehatan) dan layanan Rail Library (Kereta Pustaka) di Stasiun Rambipuji. Total penerima manfaat dalam kegiatan ini sebanyak 300 orang yang terdiri dari anak-anak, ibu hamil, dan lansia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam rangka HUT ke-79 KAI, PT KAI Daop 9 Jember melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) menghadirkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dengan menggunakan kereta Rail Clinic (Kereta Kesehatan) dan layanan Rail Library (Kereta Pustaka) di Stasiun Rambipuji. Total penerima manfaat dalam kegiatan ini sebanyak 300 orang yang terdiri dari anak-anak, ibu hamil, dan lansia. Kegiatan ini berkolaborasi dengan lembaga Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) dan didukung oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) KAI.

Rail Clinic merupakan kereta kesehatan satu-satunya yang dimiliki Indonesia. Saat ini KAI memiliki total 4 Rail Clinic yang berada di wilayah Sumatera dan Jawa. Rail Clinic dijalankan oleh PT KAI untuk pelayanan kesehatan di stasiun-stasiun kecil yang letaknya jauh dari rumah sakit atau kurangnya fasilitas kesehatan bagi warga di sekitar stasiun.

Masyarakat di sekitar wilayah kerja KAI, khususnya di daerah Rambipuji, memerlukan akses ke layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas. Selain itu, ada kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran tentang perilaku hidup bersih dan sehat serta keselamatan di sekitar area kereta api.

VP Daop 9 Jember menyediakan layanan kesehatan primer melalui Rail Clinic, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, layanan pemeriksaan ibu hamil dan lansia, mata, laboratorium sederhana, serta penyuluhan kesehatan oleh Tim Kesehatan KAI. Selain itu, mereka membagikan 68 kacamata baca untuk anak SD, 201 kacamata untuk masyarakat yang membutuhkan, dan 3 kursi roda untuk masyarakat kurang mampu. Kegiatan ini juga mencakup layanan Rail Library, penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta sosialisasi keselamatan perjalanan KA.

Total penyaluran kegiatan layanan kesehatan ini mencapai 155 juta yang berasal dari BSI Maslahat, UPZ PT KAI dan PT KAI. Dimana bantuan dari BSI Maslahat sebesar Rp50 juta disalurkan untuk bantuan kacamata sebanyak 133 buah senilai 39,9 juta rupiah dan bantuan obat senilai 10 juta serta kursi roda.

VP Daop 9 Jember, Hengki Prasetyo menyampaikan "Terima kasih kepada BSI Maslahat yang turut memberikan bantuan kacamata dan kursi roda gratis. Semoga kegiatan hari ini bermanfaat untuk masyarakat Rambipuji dan menjadi ladang amal untuk kita semua."

VP of Corporate Social Responsibility, Sandra Pridaswara mengatakan "Ini merupakan bukti komitmen dari PT KAI melalui Rail Clinic. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BSI Maslahat dan UPZ KAI atas kolaborasinya. Semoga kolaborasi Rail Clinic ini bisa hadir di titik lainnya."

Camat Rambipuji, Joni Nurcahyono, menyampaikan apresiasinya "Terima kasih atas bantuan kacamata gratis dan kursi roda serta pelayanan kesehatan untuk masyarakat Rambipuji. Kegiatan seperti ini perlu ditiru oleh banyak lembaga. Harapan saya masyarakat bisa terbantu dalam mengakses pelayanan kesehatan mereka."

Yuk perbanyak sedekah untuk dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Anda bisa menyalurkan donasi dengan cepat dan aman melalui BSI Mobile di https://bsim.page.link/donasi-anak-yatim-bsi-maslahatatau melalui platform Digital BSI Maslahat di https://digital.bsimaslahat.or.id/campaign/yatim. Mari bersama-sama ringankan beban sesama dan raih keberkahan dengan bersedekah sekarang juga!

BSI Maslahat adalah lembaga Amil Zakat Nasional mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam mengelola zakat dan turut menguatkan ekosistem ekonomi syariah.

Tentang BSI Maslahat

Didirikan pada tanggal 21 November 2001 dengan nama Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) lalu secara resmi bergantilogo dan nama pada tahun 2022 menjadi Yayasan Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) sebagai upaya memperkuat kemitraandengan mitra strategis PT Bank Syariah Indonesia Tbk dalam mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZISWAF (Zakat,lnfaq,Sedekahdan Wakaf) serta donasi sosial dan CSR dengan sasaran muzakki (donatur) perorangan maupun perusahaan.

Dalam aktifitas pengelolaan dan penyaluran dana kepada ashnaf mustahik, BSI Maslahat mendasari programnya untuk menyantuni dan memberdayakan potensi para mustahik (penerima manfaat), sehingga mustahik memiliki peluang dan mampu bersaing mengangkat derajatkehidupan yang lebih baik lagi.

Di bidang pendidikan, BSI Maslahat mempunyai pilar Didik Umat dengan program unggulan yaitu BSI Sociopreneur; BSI Scholarship, SahabatPelajar BSI Maslahat. BSI Maslahat juga mempunyai pilar Mitra Umat yang memiliki program unggulan diantaranya Desa Berdaya Sejahtera Indonesia (Desa BSI) dan berbagi program lainnya, seperti Warteg Mobile. Sedangkan untuk pilar Simpati Umat, BSI Maslahat mempunyaiprogram terkait dengan kebencanaan dan pelayanan kesehatan, yaitu BSI Maslahat Care.

Baca Juga: BSI Maslahat Resmi Buka Kembali Beasiswa BSI Scholarship Prestasi dan Inspirasi 2024

Selanjutnya: 20 Kartu Ucapan Hari Jantung Sedunia yang Dapat Dibagikan di Media Sosial

Menarik Dibaca: 20 Kartu Ucapan Hari Jantung Sedunia yang Dapat Dibagikan di Media Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved