March
15
2024
     18:02

BRI Life Dukung Penguatan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dengan Asuransi

BRI Life Dukung Penguatan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dengan Asuransi

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Saat membuka acara acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta pada Kamis (7/3/2024) lalu, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) telah berhasil memberikan kontribusi dalam pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menurut Jokowi, BRI telah berkontribusi untuk masyarakat Indonesia dalam penyaluran dana pinjaman modal UMKM, melalui pembiayaan ultra mikro (UMi) yang kini mencapai 8,2 juta nasabah. Holding Ultra Mikro menjadi salah satu strategi besar BRI, untuk menjangkau Usaha Ultra Mikro menjadi lebih besar dan lebih luas.

Sejalan dengan perkembangan tersebut, BRI Life yang merupakan salah satu anak perusahaan BRI, terus mendukung induk melakukan sinergi guna mendorong penguatan UMKM. Salah satunya, melalui kolaborasi dengan agen BRILink yang melayani pembelian produk asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM) dari BRI Life.

Agen BRILink yang merupakan mitra kerja perluasan layanan Bank BRI ini, dapat melayani transaksi perbankan mulai dari transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, dan berbagai transaksi lainnya.  

Direktur Pemasaran BRI Life Sutadi menjelaskan bahwa, lebih dari  740.000 agen  BRILinK tercatat hingga Desember 2023, yang  sebagian yaitu  sekitar 55.000 agen  BRILink  telah terdaftar  dan dapat melayani penjualan  produk asuransi AMKKM.

Sutadi mengatakan, “Saat ini, sebagian Agen BRILink telah dapat melayani pembelian Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM) dari BRI Life. AMKKM ini merupakan asuransi mikro yang memberikan proteksi maksimal terhadap nasabah dari risiko kecelakaan dan meninggal dunia, dengan harga premi terjangkau mulai dari Rp 50 ribu dan berlaku untuk satu tahun”.

Konsep bisnis Agen BRILink adalah bersifat kemitraan, dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat. Karenanya, BRI Life terus memberikan edukasi kepada Agen BRILink untuk dapat melayani transaksi keuangan bagi masyarakat dengan aman dan nyaman.
BRI Life mencatat, pertumbuhan nilai premi baru ekuivalen yang disetahunkan atau Annualized Premium Equivalent (APE) yang dicapai oleh produk asuransi AMKKM di tahun 2023 melalui   Kanal Alternate tercatat sebesar Rp743,12 milyar.    Sementara, pertumbuhan APE asuransi AMKKM di bulan Januari 2024 adalah sebesar Rp36,45 milyar, meningkat 39,21% di bulan Februari yang sebesar Rp50,75 milyar.  

Sutadi menegaskan, “Secara umum pertumbuhan asuransi mikro KKM ini menunjukkan mulai tumbuhnya kesadaran berasuransi pada para pelaku UMKM sehingga dengan sendirinya menunjukkan adanya penguatan sektor UMKM”.

Menurut Sutadi, BRI Life akan terus mengembangkan pemasaran melalui Agen BRILink, dengan menggunakan media EDC Android sebagai tools pemasaran. “Dengan semua inisiatif yang ada dan pangsa pasar yang sangat luas di induk kami di BRI, kami yakin produk asuransi AMKKM dapat terus bertumbuh ke depan” tutup Sutadi.

Tentang BRI Life
PT Asuransi BRI Life (BRI Life) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dengan mayoritas kepemilikan saham oleh PT. Bank Rakyat Indonesia. BRI Life menghadirkan beragam perlindungan asuransi jiwa untuk memenuhi kabutuhan masyarakat Indonesia, baik nasabah perorangan dan nasabah kumpulan.

Produk unggulan perlindungan jiwa yang dimiliki BRI Life antara lain produk asuransi; PIJAR, AURORA, Kirana Plus, Asuransi Jiwa Kredit dan Asuransi Mikro KKM serta Dana Siswa Syariah yang dipasarkan melalui jalur pemasaran bancassurance, keagenan, telemarketing, hingga digital marketing, di mana nasabah dapat memanfaatkan aplikasi BRI Life My Access untuk dapat mengakses seputar Informasi dan Layanan Polis secara Digital dengan fitur yang inovatif dan terintegrasi.

Baca Juga: Implementasikan ESG BRI Life, Wujud Komitmen dan Kepedulian kepada Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved