August
23
2023
     18:55

Brantas Abipraya Bangun Pengendali Banjir di Bandara YIA, Target Tuntas Akhir 2023

Brantas Abipraya Bangun Pengendali Banjir di Bandara YIA, Target Tuntas Akhir 2023
ILUSTRASI. PT Brantas Abipraya tengah mengerjakan proyek pembangunan sarana pengendali banjir Sungai Bogowonto dan anak sungainya.

Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Brantas Abipraya (Persero) semakin gencar dalam membangun infrastruktur Indonesia, salah satunya untuk mengantisipasi bencana di objek vital dan pelayanan publik. Hal ini tak lepas dari kerugian besar yang dialami negara karena dampak bencana alam. Ditargetkan tuntas akhir tahun 2023, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini tengah mengerjakan Proyek Pembangunan Sarana Pengendali Banjir Sungai Bogowonto dan Anak Sungainya.

“Proyek ini dibangun untuk mengantisipasi bencana banjir yang tengah dikebut berada di kawasan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DIY. Saat ini, kami bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan infrastruktur pengendali banjir di bandara tersebut,” ujar Muhammad Toha Fauzi, Direktur Operasi I Brantas Abipraya.

Sebagai informasi, risiko banjir di Bandara YIA disebabkan karena kapasitas saluran drainase di kawasan bandara tidak dapat menampung debit banjir DAS Bogowonto dan  DAS Serang.

Adapun ruang lingkup pekerjaan dibagi di tiap lokasi sebagai berikut, pada Sungai Bogowonto Hulu, Brantas Abipraya mengerjakan struktur tanggul beton sepanjang 14.8 Km, struktur pintu air sebanyak 15 titik dan Revetment Bronjong sepanjang 1.3 Kilometer.

Sedangkan untuk pekerjaan Kolam Retensi dengan luas bangunan 16.230 meter persegi dan luas tampungan 43.688 meter kubik. Pada pengerjaan kolam retensi ini lingkup pekerjaan yang dilakukan Brantas Abipraya diantaranya adalah galian normalisasi, Revetment Pas. Batu, Landscape, Tanggul dan Drainase U-ditch sepanjang 660 meter.

Tak hanya itu, Brantas Abipraya juga melakukan penggalian normalisasi Sungai Lereng Wetan sepanjang 11 Kilometer. Sedangkan untuk pekerjaan di Sungai Bogowonto Hilir, BUMN ini mengerjakan Tanggul CCSP dan drainase U-ditch sepanjang 1.3 Kilometer; di Sungai Carik Barat, Brantas Abipraya perkuat tebing dengan melakukan pekerjaan Revetement L-Gutter (Precast) sepanjang 2.4 Kilometer, Revetment Pas. Batu sepanjang 3.5 Kilometer pada trap ke-2, CCSP sepanjang 422 meter terhubung dengan banunan rumah pompa, pompa banjir sebanyak 2 unit dan drainase U-ditch sepanjang 900 meter terbagi di 2 titik lokasi pekerjaan. Lalu pada pengerjaan di Sungai Deres, Brantas Abipraya memasang Box Culvert Crossing di Jalan Nasional sepanjang 26 meter.

“Keberadaan pengendali banjir ini memiliki peran vital dalam melancarkan pelayanan public. Ini adalah upaya Brantas Abipraya untuk mendukung peningkatan kualitas infrastruktur di sekitar Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DIY.

Kami optimistis pekerjaan ini dapat tuntas tepat waktu, mutu dan biaya, tentunya dengan mengutamakan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),” tutup Muhammad Toha Fauzi.

Baca Juga: Brantas Abipraya Berkolaborasi Tanam Bibit Mangrove di Demak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved