Brand Personal Care &Beauty Lokal Catat Pertumbuhan Positif di Lazada pada Tahun 2023
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Kategori perawatan diri (personal care) dan kecantikan (beauty) di Lazada, merupakan salah satu kategori popular dalam pemenuhan kebutuhan produk sehari-hari konsumen Indonesia. Berbagai brand personal care dan beauty internasional maupun lokal menjadi ujung tombak pertumbuhan pesat kategori ini di industri ecommerce.
Dengan pertumbuhan kategori FMCG termasuk personal care dan beauty yang diperkirakan meningkat sebesar 9,9% YoY di tahun 2023, Lazada melalui kanal LazMall memberikan ragam pilihan bagi para konsumen.
Terutama dengan pemahaman yang mendalam tentang preferensi konsumen serta semakin populernya brand personal care dan beauty lokal, Lazada mempertegas komitmennya untuk membantu brand meraih kesuksesan di pasar yang terus berkembang pesat di Indonesia.
LazMall adalah salah satu kanal unggulan Lazada yang menyajikan beragam produk otentik dari berbagai brand, baik internasional maupun lokal yang digemari oleh konsumen. Kategori FMCG di LazMall Indonesia mencatat peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja sebanyak 4,5x lipat dengan jumlah order sebanyak 3,5x lipat di tiga tahun terakhir.
Lia Kurtz, Category Director, LazMall FMCG, Lazada Indonesia mengatakan, “Kategori FMCG merupakan kategori yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat dan sejak lepas pandemi, kebiasaan untuk berbelanja online tidak berkurang bahkan untuk kebutuhan sehari-hari semakin banyak yang lebih nyaman berbelanja online di platform-platform yang terpercaya.
Di Lazada sendiri, dalam tiga tahun terakhir terlihat jumlah order dan pembeli produk FMCG Lazmall di Lazada. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan personal care dan beauty juga mendorong munculnya brand-brand produk personal care dan beauty lokal yang merebut perhatian serta sangat diminati oleh pembeli.
Hal ini yang mendorong pertumbuhan di kategori FMCG Lazmall Lazada. Berbagai brand baik internasional dan lokal berlomba-lomba untuk memperkenalkan produk-produknya melalui platform ecommerce seperti Lazada untuk memperluas jangkauan pasar dan tentunya pertumbuhan bisnisnya.”
“Lazada berkomitmen untuk memberikan pengalaman belanja online terbaik dengan produk 100% otentik, khususnya di kategori perawatan pribadi dan kecantikan melalui berbagai kanal khusus seperti LazMall Daily Store, Mother & Baby Store dan yang baru-baru ini kami luncurkan, kanal LazBeauty.
Hal ini mengukuhkan posisi Lazada sebagai destinasi terpercaya bagi konsumen yang mencari produk perawatan pribadi dan kecantikan berkualitas, dan kami bertekad untuk terus mendukung pertumbuhan brand dalam sektor ini di Indonesia,” tambah Lia.
Selain memastikan produk otentik yang berkualitas, Lazada juga berupaya untuk memperkaya pengalaman belanja online dengan layanan pengiriman cepat dan gratis ongkir, berbagai strategi dan program menarik lainnya
Tidak hanya itu, melalui kanal LazMall, Lazada juga memudahkan konsumen dengan layanan 15 days return guarantee untuk memudahkan konsumen apabila mereka berubah pikiran akan barang yang mereka beli dan juga kompensasi apabila terjadi keterlambatan dalam pengiriman. Semua ini bertujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen dan mendukung pertumbuhan brand perawatan pribadi dan kecantikan favorit mereka.
Hal ini juga dirasakan oleh WINGS Group, salah satu perusahaan FMCG terbesar asli Indonesia yang menyediakan kebutuhan sehari-hari bagi konsumen. WINGS Group telah bergabung dengan LazMall sejak akhir 2019 dan mengalami pertumbuhan yang signifikan di platform ini.
"Kami melihat Lazada sebagai platform yang membantu kami untuk memperluas distribusi produk kami ke seluruh Indonesia, karena sesuai dengan filosofi perusahaan WINGS ‘the good things in life should be accessible for all’.
Melalui berbagai program promosi seperti Gift with Purchase (GWP) dan flash sale yang mendorong konsumen lebih aktif berinteraksi dan melakukan pembelian produk, dampaknya terhadap penjualan kami juga meningkat secara positif di Lazada setiap tahunnya,” ujar Wilson Limandibrata, Head of Ecommerce WINGS Group.
Pada tanggal 31 Agustus 2023 lalu di Singapura, Lazada menyelenggarakan acara tahunan LazMall Brands Future Forum (BFF) yang memberikan wawasan penting mengenai prediksi dan cara mengatasi tantangan di masa depan untuk brand-brand yang menampilkan pembicara ahli di bidang ecommerce serta pimpinan dari berbagai brand dari Asia Tenggara serta global. Dalam kesempatan ini, Lazada juga memberikan penghargaan kepada brand lokal, termasuk yang bergerak di sektor perawatan pribadi dan kecantikan.
Hanasui yang memiliki lini produk personal care dan decorative, adalah salah satu beauty brand lokal Indonesia yang menerima penghargaan “LazMall Superstar Award” di LazMall BFF 2023 karena kinerja kerjasama dengan Lazada yang berjalan dengan baik.
Ratna Purwaningrum, selaku eCommerce Manager dari PT Eka Jaya Internasional (Hanasui) mengatakan, “LazMall telah memberikan dampak yang signifikan bagi brand Hanasui dengan membantu meningkatkan brand awareness kami melalui eksposur yang strategis, serta peningkatan penjualan yang substansial. Beberapa produk base make up kami juga diluncurkan secara eksklusif di Lazada dan selalu menghasilkan kinerja yang sangat baik.”
Hanasui bergabung di Lazada sejak 2019 dan saat ini memiliki lebih dari 190 produk yang ditujukan untuk memberikan rangkaian lengkap produk perawatan dan kecantikan untuk konsumen.
“Selain itu, Lazada juga ahli dalam membaca momen dan kebutuhan konsumen pada waktu yang tepat, yang dapat mendukung produk unggulan kami. Contohnya, tren perawatan kulit saat ini mengharuskan perlindungan kulit dari polusi, dan melalui inovasi kami, Hanasui menampilkan sunscreen dengan kandungan Polustop di toko kami yang memberikan eksposur yang tepat sasaran dan efisien kepada konsumen di LazMall," tambah Ratna Purwaningrum.
Brand-brand di Lazada mendapatkan kesempatan untuk memanjakan konsumen mereka di momen 9.9 Mega Brand Sale pada tanggal 9 - 13 September 2023 mendatang yang akan menghadirkan berbagai program dan promosi menarik, seperti bonus dadakan yang sudah dapat dikumpulkan dari tanggal 1 - 13 September dan dapat digunakan sebagai potongan harga langsung sebesar 7 ribu Rupiah setiap pembelian 60rb di tanggal 9 - 13 September 2023 dan tentunya pengiriman yang cepat dan gratis ongkir.
Di 9.9 Mega Brands Sale yang akan datang, konsumen juga bisa mendapatkan promo diskon hingga 50%, banyak hadiah langsung (GWP), harga spesial untuk member LazBeauty dan beberapa exclusive launch dari brand ternama seperti Jo Malone, Kate Spade parfume dan Lancome perfume.
“Ini adalah langkah LazMall untuk terus menyediakan pengalaman belanja terbaik, memastikan brand dan konsumen merasakan ekosistem belanja berkualitas di platform LazMall untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka dan memastikan konsumen mendapatkan produk berkualitas dan pengalaman belanja online yang tak terlupakan.
Seiring dengan semakin berkembangnya industri kecantikan dan FMCG di Indonesia, LazMall berkomitmen untuk terus memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan brand-brand lokal di platform-nya,” tutup Lia.
Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, Lazada Tegaskan Komitmen Berikan Layanan Pelanggan Terbaik
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News