January
08
2024
     14:17

BNI Sekuritas Raih Trusted Company CGPI 2023

   BNI Sekuritas Raih Trusted Company CGPI 2023
ILUSTRASI. Direktur Operasional BNI Sekuritas Yoga Mulya (tengah) saat menerima penghargaan CGPI 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) meraih penghargaan Trusted Company atau Perusahaan Tepercaya berdasarkan ketangguhan perusahaan saat menghadapi situasi volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2023. Penghargaan ini sangat istimewa yang mana BNI Sekuritas berpartisipasi pertama kalinya dan langsung memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Mengusung tema "Membangun Ketangkasan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance (GCG)", penganugerahan CGPI 2023 diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Rabu 20 Desember 2023 lalu, penghargaan yang diterima merupakan bukti pengakuan dari para pemangku kepentingan BNI Sekuritas, baik internal maupun eksternal, akan dampak positif dari proses transformasi, utamanya dalam bidang tata kelola yang menjadi landasan mendasar proses transformasi, yang telah dijalankan di dalam tubuh BNI Sekuritas pada kurun waktu lebih dari dua tahun hingga saat ini.

Penghargaan tersebut juga diberikan atas keseriusan BNI Sekuritas dalam meningkatkan kualitas struktur tata kelola (Governance Structure), proses tata kelola (Governance Process), dan hasil tata kelola (Governance Outcome) baik dalam struktur organisasi yang kokoh, inisiatif dan proses bisnis serta sistem pengendalian kepatuhan dan manajemen risiko yang berkualitas serta andal, juga dalam implementasi hasil tata kelola berbasis teknologi informasi termutakhir sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi setiap pemangku kepentingan.

Direktur Operasional BNI Sekuritas Yoga Mulya, mengatakan, “BNI Sekuritas merasa bangga dan mengapresiasi penghargaan yang diberikan. Pengakuan ini tentunya semakin memperkuat posisi BNI Sekuritas sebagai Perusahaan Sekuritas tepercaya dalam industri pasar modal. Pencapaian yang didapat tentu tidak terlepas dari dukungan manajemen dan setiap karyawan BNI Sekuritas yang terus berkomitmen untuk menerapkan GCG.”

Yoga menambahkan, kerangka disiplin GCG adalah hal mutlak bagi operasional bisnis dalam mencapai pertumbuhan yang kokoh dan berkelanjutan, serta kenyamanan dan keamanan Nasabah dalam bertransaksi. Di samping itu, selain BNI Sekuritas, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai induk perusahaan juga mendapatkan penghargaan Most Trusted Company di ajang yang sama.

Selain itu, tahun 2023 menjadi momen penting bagi BNI Sekuritas karena perusahaan ini secara resmi telah memperoleh sertifikasi ISO 37001:2016 Anti-Bribery Management System, menegaskan komitmen terhadap tindakan yang etis dan berintegritas tinggi. BNI Sekuritas juga berhasil mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi sebagai bukti komitmen dalam menjaga keamanan informasi Nasabah dan operasional bisnis.

Sebagai informasi, CGPI adalah program riset dan pemeringkatan praktik GCG perusahaan di Indonesia sejak 2001, diselenggarakan oleh Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan majalah SWA. Peserta CGPI dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok perusahaan, yaitu Keuangan Perbankan (Emiten, BUMN, BUMD), Keuangan Non Perbankan/IKNB (BUMN, BUMS), serta Non Keuangan (Emiten, BUMN, BUMD).

Pada CGPI 2023, 37 perusahaan mengikuti penilaian dua tahap: analisis melalui kuesioner self-assessment, dokumen persyaratan, observasi melalui presentasi organ perusahaan, dan diskusi tanya jawab dengan tim observer. Partisipasi para pemangku kepentingan (stakeholder) dari masing-masing perusahaan peserta CGPI sebagai responden dalam proses pengisian kuesioner dalam self-assesment berjumlah sebanyak 6.475 orang. Penilaian mencakup aspek struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, dijabarkan dalam indikator menggunakan perspektif pemangku kepentingan.

Baca Juga: BNI Sekuritas Fokus Tingkatkan Transaksi lewat Program Live Trading

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved