October
04
2024
     18:09

BNI Sekuritas Perkuat Komitmen Lingkungan lewat Inisiatif Bank SampahAnggrek Ciliwung

BNI Sekuritas Perkuat Komitmen Lingkungan lewat Inisiatif Bank SampahAnggrek Ciliwung
ILUSTRASI. PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dengan mendukung pengoperasian kembali Bank Sampah Anggrek Ciliwung.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dengan mendukung pengoperasian kembali Bank Sampah Anggrek Ciliwung. Program ini merupakan bagian dari kegiatan CSR BNI Sekuritas yang bekerja sama dengan Karya Salemba Empat (KSE), memberikan wadah bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam pengumpulan dan daur ulang sampah, sekaligus mengubahnya menjadi produk yang bermanfaat bagi kelestarian lingkungan.

Direktur Operasional sekaligus Pembina CSR BNI Sekuritas, Yoga Mulya, menekankan pentingnya kolaborasi dalam menjaga keberlanjutan. “Keberlanjutan tidak dapat dicapai oleh satu pihak saja. Diperlukan keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk mencapainya,” ujar Yoga.  
 
Sejak berdirinya pada tahun 2018, Bank Sampah Anggrek Ciliwung, yang dipimpin oleh Syamsuryati, telah melayani lebih dari 140 Nasabah dan mengelola 400-600 kg sampah setiap bulan. Hal tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, yang menerima lebih dari 7.000 ton sampah setiap harinya.
 
“Melalui pengelolaan sampah yang bijak, Bank Sampah Anggrek Ciliwung telah berhasil mengolah sampah organik menjadi produk bermanfaat seperti Pupuk Organik Cair (POC) dan pembuatan lubang Biopori, serta sampah anorganik menjadi Eco Brick dan kerajinan tangan lainnya yang dapat dijual kembali oleh masyarakat.

Sejauh ini, pengelolaan sampah pada Bank Sampah telah mendukung keberlanjutan lingkungan sekitar dan memberikan manfaat seperti meningkatkan pertumbuhan tanaman, menjaga kebersihan rumah, hingga bisa membuat sumur-sumur di sekitar lubang resapan biopori terhindar dari kekeringan” ucap Syam.
 
Selain dukungan operasional, BNI Sekuritas dan KSE juga memperkenalkan inovasi terbaru berupa cat litter berbasis kertas dan tempat sampah pintar yang dilengkapi teknologi AI untuk mendeteksi jenis sampah.

Hingga saat ini, BNI Sekuritas telah memberikan kontribusi sebanyak kurang lebih 250-kilogram sampah kertas yang dijadikan sebagai bahan uji coba atau riset untuk daur ulang menjadi cat litter. Ke depannya, inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah oleh masyarakat.
 
 "BNI Sekuritas berkomitmen untuk mendukung inisiatif yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Kami yakin bahwa kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat adalah kunci untuk menciptakan perubahan signifikan dalam pengelolaan lingkungan. Melalui edukasi dan pemberdayaan komunitas, kami ingin memberikan kontribusi nyata terhadap keberlanjutan. Mari bersama-sama menjaga dan merawat lingkungan untuk generasi mendatang," tutup Yoga.
 
Sebagai informasi, kerja sama antara BNI Sekuritas dan KSE dimulai pada tahun 2022 melalui program CSR “We Move, We Share, We Care,” yang berfokus pada literasi inklusi keuangan, pendidikan, keberlanjutan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.  
 
Mengenai BNI Sekuritas
PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) adalah perusahaan anak PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang didirikan sejak tahun 1995. Saat ini BNI memiliki 75% kepemilikan saham pada BNI Sekuritas dan 25% sahamnya juga dimiliki oleh SBI Financial Services. Ltd. Sebagai perusahaan yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BNI Sekuritas memiliki izin sebagai penyedia jasa penjamin emisi efek, perantara pedagang efek, serta agen penjual reksadana.
 
Pada Agustus 2024, BNI Sekuritas memiliki nilai transaksi saham sebesar Rp 11.4 triliun dan memiliki 17 cabang yang tersebar di Indonesia.

Baca Juga: BNI Sekuritas Jadi Lead Transaction Advisor dalam Kemitraan Jasamarga Transjawa Tol

Selanjutnya: Dividen Astra International (ASII) Rp 98 per saham, Tanggal Cum Dividen Jumat Depan!

Menarik Dibaca: Dividen Astra International (ASII) Rp 98 per saham, Tanggal Cum Dividen Jumat Depan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved