August
23
2023
     09:17

Blibli: Menjadi Platform Omnichannel Commerce Terpercaya di Indonesia

Blibli: Menjadi Platform Omnichannel Commerce Terpercaya di Indonesia
ILUSTRASI. Cara Botify mendukung Blibli memperkuat misinya melalui pencarian organik.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Misi Blibli untuk menjadi platform omnichannel commerce  dan gaya hidup yang paling tepercaya di Indonesia telah menjadikan merek ini sebagai pilihan yang patut ditiru oleh 275 ribu mitra pedagang merek. Dengan komitmen terhadap inovasi, pengalaman pelanggan tanpa kompromi, dan layanan yang luar biasa, Blibli berusaha untuk lebih memperkuat misinya dan memperluas basis pelanggannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, Blibli menjalin kerjasama dengan Botify.

Menurut Statista, pasar eCommerce Indonesia diproyeksikan akan tumbuh menjadi 244,70 juta pengguna pada tahun 2027. Selain itu, pendapatan ecommerce diperkirakan akan mencapai 44,81 miliar dolar pada tahun 2023 dan 66,66 miliar dolar pada tahun 2027.

Dengan peluang pertumbuhan pasar yang luar biasa tersebut, Blibli bertekad untuk melangkah lebih jauh dalam memberikan pengalaman kelas satu kepada pelanggan. Mereka bertujuan untuk menawarkan layanan yang unik, andal, dan tepercaya yang memperkaya kehidupan konsumen mereka.

Ekosistem Blibli telah dirancang untuk memenuhi sekitar 90% dari potensi belanja Indonesia. Sementara perusahaan telah mencapai sukses besar dengan keterlibatan pelanggan dan strategi pemasaran digitalnya saat ini, mereka menyadari kebutuhan untuk mengoptimalkan situs web untuk jangkauan dan lalu lintas organik guna melayani lebih banyak konsumen Indonesia.

Mengingat adanya jutaan halaman produk dalam situsnya, Blibli dengan cepat menyadari perlunya solusi SEO berskala besar untuk melengkapi tim. Mereka memerlukan alat yang dapat memberikan data, analisis, dan wawasan yang diperlukan untuk mengoptimalkan situs guna meningkatkan jangkauan penelusuran organik. Botify adalah solusi yang dipilih.

"Sebelum kami mulai bekerja dengan Botify, kami menyadari ada banyak tantangan dalam menentukan masalah, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan mengukur kemajuan kami. Kami juga ingin menentukan apakah masih ada ruang untuk peningkatan," kata Edward Kilian Suwignyo, CMO di Blibli.

Dengan bantuan platform Botify, Blibli memperoleh pemahaman menyeluruh tentang setiap aspek pencarian organik di seluruh situs mereka. Hal ini memungkinkan untuk mengidentifikasi peluang langsung untuk pertumbuhan lalu lintas organik.

Mereka mampu mengatasi masalah halaman strategis utama yang tidak di crawled atau diindeks dengan benar oleh mesin pencari, sehingga meningkatkan visibilitas situs. Berkat Botify, kami melihat kemajuan positif; kami mencatat peningkatan 20% pada klik dan peringkat halaman di Google SERPs.

Botify juga mengidentifikasi peluang peningkatan lainnya dengan solusi pra-rendering Blibli yang sudah ada, yang secara signifikan memengaruhi visibilitas halaman. Dalam waktu enam bulan, Blibli mengamati peningkatan 39% pada pages crawled, peningkatan 50% pada halaman yang diindeks Google, dan peningkatan transaksi organik sebesar 30%.

"Kami memilih Botify karena sangat cocok untuk situs enterprise. Alat lain tidak dapat mencakup keseluruhan situs, memberikan tampilan skala besar, dan mengidentifikasi pendapatan serta peluang pertumbuhan bisnis seperti yang dilakukan Botify," kata Irvan Sanjaya, AVP SEO di Blibli.

Pemimpin ritel seperti Blibli dapat mengandalkan Botify untuk membantu mereka mencapai misinya dengan menggunakan pencarian organik sebagai saluran pemasaran kinerja yang kuat. Botify mengoptimalkan situs web dengan cara yang paling hemat biaya dan berkelanjutan untuk visibilitas dan pendapatan.

Sebagai pemimpin dalam inovasi pencarian organik, Botify dipercaya oleh lebih dari 500 merek terkemuka dunia, termasuk Sephora, Carousell, Expedia, L'Oreal, The New York Times, Github, Conde Nast, dan Under Armour.

Tentang Botify
Botify adalah perusahaan perangkat lunak global yang berfokus untuk memungkinkan merek paling ambisius memanfaatkan pencarian organik sebagai saluran pemasaran kinerja yang berdampak tinggi.

Didukung oleh AI dan model data terpadu berpemilik, platform Botify memastikan situs web dan seluler dioptimalkan untuk pencarian - meningkatkan jumlah halaman yang dilihat, diindeks, dan diberi peringkat oleh mesin pencari - landasan untuk ditemukan oleh konsumen di lingkungan digital yang dinamis saat ini.

Tentang PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli)
Didirikan tahun 2010, PT Global Digital Niaga Tbk (“Perseroan”) merupakan pelopor ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terdepan di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi yang terhubung secara digital.

Platform perdagangan (commerce) yang dimiliki Perseroan – Blibli, mengintegrasikan pengalaman berbelanja dan bertransaksi secara daring melalui layanan e-commerce dan secara luring dengan mengoperasikan 142 toko-toko fisik untuk berbagai mitra pemegang merek global terkemuka.

Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 30.800 toko yang mengadopsi fitur omnichannel, yakni Blibli InStore dan Click & Collect, didukung oleh infrastruktur rantai pasok, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dan meningkatkan layanan pengiriman pihak pertama (1PL) secara langsung melalui layanan logistik milik Perseroan – BES Paket dan bekerja sama dengan berbagai mitra logistik pihak ketiga (3PL).

Blibli menempati peringkat pertama kategori B2C Omnichannel 1P consumer electronics dan fresh products menurut Frost & Sullivan, serta memiliki layanan pelanggan 24/7 berkelas dunia.

Pada tahun 2017, Perseroan mengakuisisi PT Global Tiket Network (tiket.com) untuk memperluas layanan hingga meliputi perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Selanjutnya pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Perseroan semakin lengkap dengan penambahan penawaran produk segar dan kebutuhan sehari-hari melalui akuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk (“Ranch Market”; BEI: “RANC”) – perusahan pengelola sejumlah gerai supermarket premium seperti Ranch Market dan Farmers Market.

Perseroan memiliki ekosistem omnichannel terpadu (unified omnichannel ecosystem) yaitu Blibli Tiket, yang menegaskan sinergi antara Blibli, tiket.com dan Ranch Market di dalam suatu ekosistem terintegrasi yang memberikan kemudahan pengalaman berbelanja serta bernilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap titik interaksi konsumen. Pada tahun 2022, saham Perseroan resmi melantai dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (“BEI”) dengan kode saham "BELI".

Baca Juga: Blibli Bersama Belle&Kate ROOM Gelar Lelang Barang Mewah untuk Bantu Pasien Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved