September
08
2024
     21:41

BioFarma Tekankan Pentingnya Riset&Kesehatan Reproduksi Wanita bagi Generasi Emas2045

BioFarma Tekankan Pentingnya Riset&Kesehatan Reproduksi Wanita bagi Generasi Emas2045
ILUSTRASI. Kegiatan workshop Kesehatan Reproduksi Wanita adalah hasil kolaborasi antara Bio Farma dengan Kadin Indonesia bersama Indonesia Medical Education and Research Institute Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (IMERI-FKUI).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bio Farma (Persero) menekankan pentingnya peningkatan riset agar ketahanan kesehatan di Indonesia bisa lebih kuat ke depannya.

Hal ini juga sebagai salah satu upaya yang harus dilakukan, guna membangun generasi emas 2045 yang sehat dan produktif

Hal ini disampaikan Direktur Medis dan Hubungan Kelembagaan Bio Farma Sri Harsi Teteki, bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran perusahaan ke riset kesehatan.

"Pelaksanaan riset di Indonesia harus ditingkatkan. Komitmen Bio Farna ditunjukkan, dengan mengalokasikan dana untuk riset sebesar 5 persen dari revenue, atau sekitar Rp 5 triliun dan jumlah ini berbeda-beda setiap tahun. Tergantung besaran pendapatan yang didapat," ujar Sri, dalam acara Half Day Symposium and Workshop bertema 'Kesehatan Reproduksi Wanita sebagai Ketahanan Nasional menuju Indonesia Emas 2045', di Jakarta, Minggu (8/9/2024).

Adapun, kegiatan workshop ini hasil kolaborasi antara Bio Farma dengan Kadin Indonesia bersama Indonesia Medical Education and Research Institute Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (IMERI-FKUI).

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Senat Akademik Universita Indonesia (UI) Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG, Subsp. FER (K) MPH Int’Aff RANZCOG dan sejumlah dokter lainnya, serta Wakil Ketua Komite Tetap Inovasi, Riset dan Teknologi Kesehatan Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Maika Nurhayati,

Menurutnya, untuk peningkatan riset juga bisa dilakukan lewat kerja sama dengan universitas dan instansi lainnya dalam menghadirkan inovasi produk dan layanan kesehatan.

Ia juga menekankan, pentingnya memberikan layanan kesehatan terbaik bagi para wanita karena mereka memegang peranan penting dalam membentuk generasi emas 2045.

Sebab, pada 1.000 hari pertama kehidupan seorang anak, tidak pernah lepas dari fitrah utama wanita untuk mengandung, melahirkan dan menyusui.

Untuk itu, perlu terus dilakukan edukasi bagaimana menyiapkan wanita dalam usia reproduktifya bisa melahirkan keturunan-keturunan yang sehat dan lebih produktif. Terlebih, Indonesia juga akan memiliki bonus demografi yang begitu besar di tahun 2045.

"Wanita menjadi fondasi dari ketahanan nasional. Makanya, kesehatan wanita perlu menjadi salah satu concern utama, khususnya kesehatan reproduksi," katanya.

Ia menyampaikan, kanker serviks merupakan salah satu permasalahan kesehatan terbesar wanita nasional, di mana tiap jamnya ada 2 wanita Indonesia meninggal akibat kanker serviks.

Untuk itu, komitmen Pemerintah dalam penanggulangan kanker serviks tertuang dalam Rencana Aksi Nasional Kanker Leher Rahim 2023-2030, yang salah satu aspeknya adalah imunisasi dan skrining.

"Bio Farma telah secara aktif menyediakan produk vaksin, serta diagnostik dan kampanye kesadaran kanker serviks untuk mendukung program tersebut," katanya.

Selain itu, bentuk kontribusi lainnya yang telah dilakukan perseroan adalah melakukan riset, manufaktur, distribusi, hingga layanan diagnostic.

Pihaknya juga berkomitmen untuk terus menjalankan regulasi prioritas TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dalam setiap penggunaan produk yang dihasilkan perseroan.

"Layanan kesehatan yang kami miliki sudah dari hulu ke hilir," tandasnya.

Baca Juga: Bio Farma Sambut Tenaga Medis, Tenaga Kesehatan dan Kader Posyandu Berprestasi 2024

 

Selanjutnya: ASDP Catat Kinerja Positif Berkat Transformasi Digital Ferizy

Menarik Dibaca: AstraZeneca Lakukan Restorasi Lingkungan dengan Menggandeng KemenkoMarves

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved