Berkat Kampanye Beli Lokal di Tokopedia&ShopTokopedia, Penjualan 3 Brand Lokal Naik
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Kehadiran kampanye Beli Lokal yang digencarkan Tokopedia dan ShopTokopedia sejak Harbolnas 12 Desember 2023 lalu disambut dengan antusiasme tinggi dari masyarakat. "Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fashion dan Kesehatan hingga Rumah Tangga adalah beberapa kategori yang paling laris di kampanye Beli Lokal di Tokopedia selama enam bulan belakangan," ungkap Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
Sedangkan di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, tercatat bahwa produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, mengalami kenaikan penjualan tertinggi dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat selama periode 12 Desember 2023-12 Juni 2024 dibandingkan periode 12 Desember 2022-12 Juni 2023.
"Kampanye Beli Lokal adalah upaya Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mendorong produk brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dari seluruh Indonesia agar bisa terus berkontribusi pada perekonomian nasional. Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Kami berharap kehadiran kampanye Beli Lokal bisa memberi jangkauan yang semakin luas bagi pada brand lokal melalui Tokopedia dan ShopTokopedia di aplikasi TikTok," jelas Aditia.
Kampanye Beli Lokal terbukti telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia. Hal ini terlihat dari beberapa daerah dengan jumlah transaksi paling tinggi lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain, seluruh Pulau Jawa, Bali, Sumatra Utara, Sumatra Selatan dan Lampung.
Selain itu, Tokopedia juga mencatat subkategori Ibu dan Bayi mengalami kenaikan penjualan hingga lebih dari 2 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal dibandingkan sebelum kampanye tersebut berlangsung. Sedangkan, kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh mengalami kenaikan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia.
Lebih spesifik lagi, Tokopedia mencatat beberapa produk mengalami kenaikan transaksi tertinggi pada kampanye Beli Lokal di Tokopedia. Misalnya, penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh seperti deodoran melonjak hampir 2 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal, jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye tersebut berlangsung. Sedangkan penjualan facial cleanser atau pembersih wajah dan lip cream di Tokopedia naik lebih dari 1,5 kali lipat.**
“Selain itu, penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk melonjak hampir 2 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye tersebut berlangsung,” jelas Aditia.**
Tren belanja online ‘Beli Lokal’ di ShopTokopedia di sejumlah wilayah dan produk
“Di ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok, tercatat daerah Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali sebagai beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di kampanye Beli Lokal dibandingkan sebelum periode kampanye tersebut, dengan rata-rata kenaikan hingga lebih dari 2,5 kali lipat selama kampanye Beli Lokal berlangsung di ShopTokopedia,” ucap Aditia.**
Selain itu, ShopTokopedia melihat beberapa kategori produk yang mengalami kenaikan penjualan yang tertinggi lewat kampanye Beli Lokal, antara lain, produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat.**
“ShopTokopedia pun mencatat deretan produk yang paling diburu masyarakat di berbagai kategori lewat kampanye Beli Lokal. Misalnya, dalam kategori Kecantikan di ShopTokopedia, produk-produk yang terlaris adalah moisturizer atau pelembab wajah, masker wajah, lipstick dan lipgloss, sunscreen atau krim tirai matahari, dan parfum,” ujar Aditia.*
Produk-produk fesyen juga laris manis lewat kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia. Hal ini terbukti dari beberapa produk yang terlaris sepanjang Beli Lokal berlangsung, misalnya tas selempang, t-shirt, blouse dan kemeja, sendal hingga gamis. Selain itu, pada kategori Makanan dan Minuman di ShopTokopedia, produk-produk yang paling diburu masyarakat lewat kampanye Beli Lokal, antara lain keripik, coklat dan snack coklat, kopi, kue dan hotpot instan.*
“Kampanye Beli Lokal terbukti mendongkrak penjualan para pelaku usaha, khususnya brand lokal di ShopTokopedia. Hal ini terbukti dari kenaikan penjualan brand lokal yang mencapai hampir 2,5 kali lipat selama kampanye Beli Lokal berlangsung,” tambah Aditia.**
Tokopedia bersama ShopTokopedia pun membagikan beberapa kisah brand lokal, termasuk Iswhite, Kylafood, dan Lemovita, yang telah merasakan manfaat dari kampanye Beli Lokal terhadap bisnis mereka.
Iswhite, hadirkan inovasi berbasis riset ke industri lokal perawatan tubuh lewat produk body mask
Iswhite muncul dari keresahan Sarah Invera, Founder Iswhite sebagai perempuan yang dikelilingi oleh perempuan-perempuan lainnya yang berusaha mencerahkan kulit tubuh namun dengan cara ekstrim sehingga membahayakan kulit. Hal tersebut memotivasi Sarah untuk menciptakan produk pertama Iswhite berupa body mask menggunakan kandungan, seperti niacinamide, hydrolized collagen, glycolic acid, glycerin, peach extract, dan lain-lain. Kini, Iswhite memiliki 13 ragam produk perawatan kulit.
Iswhite mulai memanfaatkan platform digital, Tokopedia dan ShopTokopedia. "Sejak bergabung di Tokopedia pada tahun 2022, Iswhite aktif memanfaatkan berbagai fitur dan kampanye, seperti Beli Lokal dan Kejar Diskon untuk memperluas pasar. Sedangkan di ShopTokopedia, Iswhite pun aktif melakukan live shopping 24 jam bahkan video-videonya trending dan masuk FYP," ujar Sarah.
Iswhite sebagai produk yang sepenuhnya buatan lokal merasa bangga karena dapat bersaing dengan produk lainnya dan dikenal oleh masyarakat luas. Berkat memanfaatkan kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, Iswhite mengalami kenaikan penjualan hingga 14 kali lipat. Bahkan, omzet penjualan Iswhite saat mengikuti kampanye Beli Lokal di Tokopedia meningkat hampir 50%. Sedangkan di ShopTokopedia, omzet Iswhite meningkat hampir 100% dibandingkan dengan omzet bulan sebelumnya.
Kylafood, usung camilan khas Jawa Barat di panggung nasional menggandeng petani lokal dari Majalengka dan Bandung
Galih Ruslan, pemilik usaha Kylafood dan sang istri mengawali usahanya pada tahun 2018 dengan menjual camilan khas Jawa Barat yang dikemas secara instan agar dapat dibeli masyarakat dari mana saja. Galih mengungkapkan dua produk yang paling banyak dicari masyarakat adalah seblak original dan batagor kuah, dengan ciri khas bumbu rempah tradisional yang otentik. Kylafood bekerjasama dengan beberapa petani lokal dari Majalengka dan pedagang di beberapa pasar induk di Bandung untuk bahan baku produksi.
“Sejak bergabung di Tokopedia sejak tahun 2018, Kylafood turut aktif memanfaatkan berbagai kampanye dan fitur Tokopedia seperti Tokopedia NYAM!, Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan sekarang Beli Lokal. Dalam sebulan kami rutin mengirimkan ribuan produk ke seluruh wilayah di Indonesia baik lewat Tokopedia maupun ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok. Bahkan, pengiriman produk Kylafood sudah menjangkau ke wilayah Aceh hingga Papua,” ujar Galih.
Melihat perkembangan teknologi dan animo tinggi dari masyarakat akan platform teknologi seperti ShopTokopedia, Kylafood konsisten membuat berbagai konten menarik di TikTok untuk mempromosikan produk seblak yang laris manis. Kylafood pun turut memanfaatkan kampanye Beli Lokal karena selaras dengan produk Kylafood yang sepenuhnya lokal. Bahkan, rata-rata kenaikan penjualan Kylafood mencapai hampir 1,5 kali lipat setelah mengikuti kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia.
Lemovita, dukung kesejahteraan para petani lokal lewat produk minuman alami
Berawal dari banyaknya produk minuman yang mengandung perisa, pengawet serta kadar gula tinggi yang beredar, membuat Christ Mandala, pemilik usaha Lemovita, bertekad untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan dengan lebih bijak memilih minuman yang tidak hanya enak dikonsumsi tetapi juga berbahan dasar alami seperti sari buah, cuka buah, gula stevia dan chia seed.
“Melihat keresahan para petani lokal yang mengeluhkan hasil panen terpaksa dibuang dan pendapatannya tidak stabil karena belum memiliki kerja sama dengan pelaku usaha, kami mengajak para petani lokal bekerjasama untuk menyuplai bahan baku produksi Lemovita.
Saat ini, Lemovita telah menggandeng ratusan petani lokal sehingga dapat memberikan kepastian kepada para petani untuk menjual hasil panen serta dapat meningkatkan kesejahteraan para petani lokal,” ujar Christ.
Lemovita pun memakai platform teknologi seperti Tokopedia dan ShopTokopedia untuk memperluas pasar guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan. Selain itu, Lemovita pun aktif memanfaatkan kampanye Beli Lokal untuk meningkatkan penjualan. Berkat kampanye Beli Lokal, omzet Lemovita kini mencapai sekitar Rp2 miliar tiap bulan, khususnya lewat ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok.
Di sisi lain, masyarakat, baik penjual maupun pembeli, bisa berpartisipasi dalam menggaungkan semangat 'Beli Lokal' lewat media sosial. Caranya, masyarakat dapat membagi inspirasi 5 produk buatan lokal yang disukai lewat template video singkat yang tersedia di aplikasi TikTok dan Capcut.
Setelah itu, masyarakat bisa meng-upload video tersebut ke platform TikTok dan menggunakan hashtag #Beli Lokal serta tag @tiktokofficialindonesia, @tokopedia dan 3 teman dekat atau kerabat. Informasi lebih lengkap dapat ditemukan lewat tautan berikut.
Tentang Tokopedia
Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.
Baca Juga: Tren Belanja Online Fashion di Tokopedia&ShopTokopedia Meningkat di Semester 1 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News