July
14
2022
     13:34

Berinovasi di Era Open Banking, Bank OCBC NISP Ajak Inovator Teknologi Nyalakan Ide

Berinovasi di Era Open Banking, Bank OCBC NISP Ajak Inovator Teknologi Nyalakan Ide
ILUSTRASI. Bank OCBC NISP bekerja sama dengan DailySocial.id meluncurkan kegiatan kompetisi pemrograman yang bertajuk OCBC NISP HackON dengan mengusung tema #GakPerluRibet Let's Bank Differently.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Bank OCBC NISP bekerja sama dengan DailySocial.id meluncurkan kegiatan kompetisi pemrograman yang bertajuk OCBC NISP HackON dengan mengusung tema #GakPerluRibet Let's Bank Differently. Program HackON merupakan ajang inovasi berbasis teknologi, yang bertujuan menghasilkan pengalaman perbankan baru agar #GakPerluRibet dan mengajak para talenta teknologi bangsa yang memiliki ambisi tinggi dan keinginan kuat untuk dapat meNyalakan ide orisinil dan terbaiknya, dalam memajukan inklusi keuangan untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik.

Menurut data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pandemi telah mendorong masyarakat Indonesia bermigrasi dari aktivitas di ruang fisik ke ruang digital. Terbukti dengan adanya kenaikan pertumbuhan ekonomi sektor informasidan komunikasi selamatahun 2021, yaitu 8,72%, 6,87%, dan 5,51% year-on-year.1 Tak dapat dipungkiri, hal tersebut berdampak pada pola hidup masyarakat yang makin kompleks, dan mengubah masyarakat Indonesia menjadi digital- savvy.

“Selaras dengan visi kami yaitu ‘menjadimitra tepercaya untuk meningkatkan kualitashidup’, kami menyadari bahwa sebagai institusi keuangan, kami harus tanggap dengan mengeluarkan inovasi untuk dapat mengintegrasikan keseharian masyarakat dengan perbankan sehingga segala sesuatu menjadi #GakPerluRibet hingga menuju aspirasikehidupan lebih baik yang salah satunya adalah menjadi #financiallyfit. Tentunya, untuk dapat berinovasi, ‘sumber daya manusia’ menjadi kunci utama dalam mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam dan kompleks.

Dengan era open banking ini, kami melihat peluang untuk akselerasi layanan dan inovasi, sehingga kami mengajak para inovator dan talenta teknologi bangsa untuk bersama – sama mengambil peran untuk berinovasi dan bersama – sama menjadikan Indonesia #financiallyfit,” ujar Julie Anwar,Head of Human Resources Bank OCBC NISP.

Saat ini, pemerintah tengah menggaungkan Indonesia Emas 2045, sebuahvisi untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. Salah satu tujuan pilarnya adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dengan tolak ukur sehat finansial/ keuangan. Dengan demikian, inklusi dan literasi keuangan sangat diperlukan. Akses perbankan harus berada di mana saja dan kapan saja, sehingga masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda Indonesia #GakPerluRibet untuk memiliki akses ini.

Sebagai informasi, Open Banking adalah mekanisme penyediaan akses data nasabah secara terbuka namun aman melalui penggunaan teknologi berupa open Application Programming Interface (API). Dengan teknologi tersebut, pihak ketiga dapat mengakses data-data yang mereka butuhkan dari nasabah melalui sambunganyang tersedia, dengan persetujuan dari nasabah yang bersangkutan.

Dengan konsep ini, Bank dapat menciptakan suatu inovasi layanan atau aplikasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap nasabah secara personal (personalized). Sebagai hasilnya, teknologi tersebut dapat meningkatkan kepuasan dan pengalaman nasabah,sebab

mereka dengan mudah mengakses layanan perbankan di keseharian mereka. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Hackathon.onelabs.co//

Sekilas Program OCBC NISP HackON

Pendaftaran programOCBC NISP HackONdibuka pada 12 Juli – 4 September2022. Calon pesertadapat mendaftarkan diri ke Hackathon.onelabs.co//. Total 20 peserta akan diundang untuk mengikuti kompetisi HackON secara langsung di Hack Day pada 24 & 25 September 2022 di ON Space, BSD City. Nantinya, tiga pemenang dari OCBC NISP HackON ini akan mendapatkan hadiah dengan total senilai lebih dari 200 juta rupiah.

Untuk mensosialisasikan program dan mengajak semakin banyak talenta teknologi bangsa untuk berpartisipasi di acara tersebut, Bank OCBC NISP akan melakukan Roadshow di empat kota di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya, dengan jadwal sebagai berikut:

No 

Kota 

Tanggal 

1 

Bandung 

25 Juli 

2 

Yogyakarta 

8 Agustus 

3 

Jakarta 

2 Agustus 

4 

Surabaya 

25 Agustus 

 

 

OCBC NISP HackON terbuka bagi setiap WNI, berusia 15 tahun atau lebih, memiliki kartu identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/Paspor) yang masih berlaku,dan peserta diperbolehkan mendaftar sebagai peserta individu atau tim yang berjumlah maksimal 3 orang. Seluruh karyawan, anggota keluarga, atau setiap orang yang berhubungan denganBank OCBC NISP dan DailySocial.id tidak diperkenankan untuk berpartisipasi di kompetisi “OCBC NISP HackON” ini.

 

Sekilas tentang Bank OCBC NISP  

Bank OCBC NISP didirikan di Bandung pada tahun 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Per tanggal31 Maret 2022, Bank OCBC NISP melayaninasabah melalui 205 jaringan kantor di54 kota di Indonesia, dilengkapi dengan 515 unit ATM Bank OCBC NISP yang dapat diaksesdi lebih dari

100.000 jaringan ATM di Indonesia, sekaligus terhubung dengan lebih dari 700 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia. Bank OCBC NISP pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile  banking dan internet  banking –  baik  untuk  individu  maupun korporasi.  Bank  OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat idAAA (stabil) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dan AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Penetapan BoC dan BoD Telkomsel

10 MEI 2024 / 20:31 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved