June
15
2023
     08:22

BCA Berkomitmen Dorong Perkembangan Sektor Industri Kreatif, UMKM dan Pariwisata

BCA Berkomitmen Dorong Perkembangan Sektor Industri Kreatif, UMKM dan Pariwisata
ILUSTRASI. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dipercaya untuk mendukung rangkaian acara ?Satu dalam Cita? yang akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah pada 23 - 25 Juni 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dipercaya untuk mendukung rangkaian acara “Satu dalam Cita” yang akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah pada 23 - 25 Juni 2023. Acara “Satu dalam Cita” ini merupakan kelanjutan dari pertunjukan Epilog Calonarang Sudamala yang telah sukses dilaksanakan tahun 2022 lalu. Dukungan BCA pada acara ini merupakan bentuk komitmen perseroan dalam melestarikan seni dan budaya nusantara. Program kebudayaan sendiri menjadi salah satu fokus Bakti BCA dalam pilar Bakti Sinergi.

Pada perhelatan ini, BCA tidak hanya memberikan kemudahan transaksi dalam mendapatkan tiket, tetapi juga memberdayakan UMKM binaannya untuk ambil bagian dalam pasar rakyat berkelanjutan. Pasar rakyat ini mengambil tema Pasar Kangen, yang akan diisi oleh kekayaan warisan budaya dengan konsep pop up shop.

Sebanyak lebih dari 60 tenant UMKM akan tergabung dalam Pasar Kangen ini, termasuk beberapa mitra Desa Binaan Bakti BCA dan Bangga Lokal BCA, seperti Kampung Batik Gemar Sumilir,  Wisata Wayang Desa Wukirsari, Agung Ngoro, Kopi Sirap, dan Sosis Solo Pojok Beteng. Pengunjung dapat menikmati sajian Pasar Kangen di area Pamedan Mangkunegaran.

Secara keseluruhan, rangkaian acara “Satu dalam Cita” terdiri atas pementasan Epilog Calonarang Sudamala yang diproduseri oleh Happy Salma dan Nicholas Saputra, Pasar Kangen, dan Royal Heritage Dinner, hingga kegiatan seni lainnya, seperti Sudamala Tour, lokakarya, hingga pameran koleksi bersejarah hubungan Mangkunegaran dan Bali.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn menjelaskan, “Kami sangat antusias untuk ambil bagian dalam kolaborasi ‘Satu dalam Cita’. Sebagai perbankan nasional, BCA senantiasa berkomitmen untuk turut berkontribusi memelihara dan merayakan seni dan budaya. Kami menyadari bahwa pelestarian seni dan budaya merupakan faktor penting dalam membentuk kehidupan dan peradaban yang dinamis dan inklusif.

Aksi dan kolaborasi budaya ini juga diharapkan dapat menjadi episentrum pergerakan ekonomi kreatif, meningkatkan kesejahteraan para pekerja seni tanah air, dan memacu efek ekonomi menggulung atau multiplier effect sehingga akhirnya berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian nasional,”

Dalam kolaborasi “Satu dalam Cita” ini, BCA turut memberikan penawaran-penawaran menarik bagi nasabah yang ingin menyaksikan pementasan epik Epilog Calonarang Sudamala dengan promo potongan harga 10%. Promo ini juga diberikan untuk nasabah yang akan menikmati suasana Royal Heritage Dinner yang di Taman Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran.

Royal Heritage Dinner, yakni jamuan makan malam kerajaan bernuansa klasik yang telah berusia 266 tahun dengan diiringi pertunjukan kesenian musik dari tari tradisional Mangkunegaran oleh koreografer Eko Supriyanto.

Lebih lanjut, BCA berharap acara ini dapat menjadi magnet baru bagi para wisatawan untuk lebih mengenal dan mengapresiasi kekayaan budaya nusantara yang ada di Bali dan Jawa Tengah. BCA percaya rangkaian "Satu dalam Cita" dapat menarik wisatawan dan pengunjung ke Jawa Tengah khususnya baik saat acara berlangsung maupun setelahnya.

Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi dengan menghasilkan peningkatan kunjungan ke bisnis lokal, hotel, restoran, dan perusahaan ritel di Jawa Tengah, khususnya Solo.

"Dengan berinvestasi dalam acara budaya seperti “Satu dalam Cita”, kami tidak hanya dapat memperkaya pengalaman artistik individu dan meningkatkan kesejahteraan para pekerja seni , tetapi juga turut mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia dari pemerintah. Pada akhirnya, kami harap dapat memberdayakan ekonomi lokal dengan menarik pengunjung dan merangsang aktivitas bisnis,” tutup Hera. 

Baca Juga: BCA Telah 15 Tahun Dukung Pagelaran Jazz Gunung, Komitmen Majukan Industri Kreatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved