October
27
2024
     14:54

Bank Syariah Indonesia (BSI) Lahirkan Bibit Wirausaha Muda Unggulan Aceh

Bank Syariah Indonesia (BSI) Lahirkan Bibit Wirausaha Muda Unggulan Aceh
PT Bank Syariah Indonesia tbk (BSI) mengumumkan 12 pemenang Awarding BSI Aceh Muslimpreneur (AMP) 2024 yang merupakan ajang mendorong wirausaha muda di Aceh naik kelas.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kembali melahirkan wirausaha unggulan dari Aceh melalui program BSI Aceh Muslimpreneur (AMP) 2024.

Program ini mencapai puncaknya pada 26 Oktober 2024 dengan melibatkan 12 grand finalis yang terpilih dari serangkaian penjurian kompetisi.

BSI Aceh Muslimpreneur adalah ajang kompetisi wirausaha muda berbasis syariah di Aceh, bertujuan mendorong pengembangan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha. 

Baca Juga: Askrindo Syariah Resmikan Sarana dan Prasarana Kebersihan di Garut

Program ini telah berjalan sejak tahun lalu dan dirancang khusus untuk membina wirausaha muda agar dapat bersaing tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga di kancah global.

Direktur Retail Banking BSI, Harry Gusti Utama, mengungkapkan kebanggaannya terhadap para pemenang. 

"Mereka adalah bibit unggul UMKM yang kita harapkan dapat menciptakan perubahan signifikan bagi perekonomian daerah dan nasional," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (27/10). 

Harry menambahkan, program ini memberikan peluang kepada generasi muda Aceh untuk menembus pasar global.

Salah satu pencapaian program ini adalah kolaborasi yang memungkinkan UMKM Aceh menembus pasar internasional. Pada Expo Amazing Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, salah satu UMKM binaan BSI dari Takengon berhasil membuka akses pasar ekspor di Timur Tengah. 

Baca Juga: Perkembangan Bank Syariah Kurang Impresif

Selain itu, UMKM Sambal Capli dari Aceh memperoleh pesanan sebesar 29 ton pada BSI International Expo.

Program pembinaan dan pembiayaan dari BSI diharapkan dapat meningkatkan kontribusi wirausaha muda Aceh terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Harry menyatakan, dengan pembinaan yang tepat serta pemanfaatan teknologi, wirausaha muda Aceh dapat menghubungkan pasar lokal dengan peluang global, menjadikan Aceh sebagai pusat pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

Menurut data BSI Institute, Aceh memiliki sekitar 914.000 wirausaha muda, 406.000 di antaranya berusia 15-34 tahun, menjadikan wilayah ini strategis untuk pengembangan. BSI fokus mendukung sektor UMKM di Aceh melalui berbagai program, seperti BSI UMKM Center yang menyediakan pembiayaan, pelatihan, dan pendampingan bisnis. 

Hingga akhir September 2024, BSI memiliki empat UMKM Center dengan lebih dari 4.029 binaan di Aceh, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar, dengan total pembiayaan mencapai Rp71,67 miliar.

Baca Juga: Bisnis Wealth Management Perbankan Terdongkrak Penempatan Dana Nasabah Kaya

Program BSI Aceh Muslimpreneur 2024 sendiri mengalami peningkatan jumlah pendaftar menjadi lebih dari 2.500 wirausaha dibandingkan tahun lalu. Peserta program ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu pemula, scale-up, dan sustainable, dengan sektor food & beverages serta fesyen mendominasi. 

BSI memberikan kurasi, pelatihan, dan pendampingan bisnis yang komprehensif bagi para wirausaha muda berbakat ini.

Selanjutnya: Daya Beli Masyarakat Lesu, Kemenkeu Sebut Sudah Keluarkan Sejumlah Kebijakan

Menarik Dibaca: Hujan Ringan di Wilayah Ini, Berikut Ramalan Cuaca Besok (28/10) di Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved