May
17
2023
     16:22

Babak Baru Kenangan Brands, Fokus Menjadi Perusahaan F&B Berkelanjutan di Tahun 2030

Babak Baru Kenangan Brands, Fokus Menjadi Perusahaan F&B Berkelanjutan di Tahun 2030
ILUSTRASI. Edward Tirtanata, Group CEO of Kenangan Brands guna mewujudkan target kontribusi publik Kenangan Sustainability Journey 2030.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sejak berdiri tahun 2017, Kopi Kenangan yang telah berkembang menjadi Kenangan Brands fokus untuk membangun bisnis yang sehat dan berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, pada hari ini, Kenangan Brands memperkenalkan strategi baru yang akan menjadi standar perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Sebagai grup F&B berkonsep New Retail di Indonesia, Kenangan Brands sadar bahwa perusahaan yang berkelanjutan (sustainable) harus menjadi perusahaan yang sehat secara finansial (profitable), sehingga dapat mendukung berbagai faktor lingkungan, sosial, tata kelola (ESG-Environment, Social, dan Governance). Melalui strategi baru ini, Kenangan Brands memiliki target untuk menjadi perusahaan yang sustainable sekaligus profitable pada tahun 2030.

Bergerak di bidang F&B, beberapa strategi seperti ekspansi gerai, inovasi produk, juga upaya pemasaran yang intensif telah dilakukan Kenangan Brands untuk menjalankan bisnis yang sehat guna membangun profitabilitas positif. Namun, perusahaan sadar bahwa strategi yang holistik diperlukan untuk memastikan bisnis dapat berkembang di ranah berkelanjutan.

Oleh karena itu, perusahaan saat ini telah mulai menerapkan eco-friendly operations dengan fokus utama untuk mencapai Zero Waste to Landfill. Pada tahun 2030, diharapkan Kenangan Brands dapat berhasil mencegah sampah operasional masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA), dengan cara mengurangi sampah dan bekerja sama dengan mitra terpercaya untuk mendaur ulang sampah-sampah tersebut. Kenangan Brands juga akan mendonasikan makanan-makanan hasil produksi yang layak konsumsi kepada orang-orang yang membutuhkan.

Kenangan Sustainability Journey 2030

Kenangan Sustainability Journey 2030 adalah strategi Kenangan Brands untuk mencapai target-target berkelanjutan perusahaan. Strategi ini dirancang berdasarkan pedoman-pedoman ESG dan juga Sustainability Development Goals 2030 yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam menjalankan strategi ini, Kenangan Brands membagi setiap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dalam 4 (empat) pilar, dimana masing-masing pilar memiliki target yang harus dicapai, mulai dari:

1. Happy People

Pilar ini bertujuan untuk menyejahterakan kurang lebih 6,000 karyawan operasional maupun head office Kenangan Brands. Perusahaan menargetkan untuk menjaga angka 0 (zero) major incident melalui berbagai SOP dan pelatihan yang mumpuni. Selain itu, Kenangan Brands juga memiliki target kesetaraan gender agar di tahun 2030, perusahaan bisa memiliki 50% karyawan wanita dan pria yang setara, baik di level manajemen maupun level operasional.

2. Protect Our Planet

Sesuai dengan namanya, pilar ini bertujuan untuk melindungi lingkungan dengan menjaga dan mengatur efisiensi penggunaan energi dan emisi, sekaligus mencegah seluruh sampah operasional Kenangan Brands berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA). Perusahaan telah melakukan kalkulasi awal untuk penggunaan energi dan emisi CO2, air, serta sisa ampas kopi pada tahun 2022, dan menargetkan untuk mengurangi 15% penggunaan energi, dan juga 10% penggunaan air pada tahun 2030.

3. Great Coffee

Meskipun Kenangan Brands tidak hanya memiliki produk kopi, kopi adalah DNA yang membentuk perusahaan menjadi seperti sekarang. Great Coffee adalah pilar berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi produk, sehingga dapat terus menjaga profitabilitas Kenangan Brands. Selain menjaga sertifikasi keamanan pangan seperti HACCP dan Halal, perusahaan juga berharap seluruh gerai Kenangan Brands mendapatkan Sertifikasi Usaha Pariwisata (SUP). Inovasi dan pengembangan produk juga akan terus digencarkan sehingga pada tahun 2030, ekspansi gerai dapat mencapai setidaknya 5 negara di Asia Tenggara.

4. Strong Communities

Selain ranah internal, Kenangan Brands juga ingin mengambil peran untuk berkontribusi kepada komunitas sekitar agar dapat secara bersama-sama menjadi lebih kuat. Mulai dari memperhatikan komunitas supplier lokal dengan memberikan berbagai bantuan infrastruktur maupun bantuan akademis/keterampilan, perusahaan juga ingin mengajak masyarakat melalui berbagai kampanye sosial untuk lebih aktif dalam memperhatikan sampah konsumsi mereka, khususnya sampah plastik. Di samping itu, perusahaan juga akan mengalokasikan anggaran procurement untuk membangun infrastruktur yang diperlukan supplier-supplier lokal Indonesia, serta berperan aktif dalam memberikan bantuan sosial.

“Infusing purpose into every drop we brew, merupakan tagline kami dalam strategi keberlanjutan, yang mengingatkan kami bahwa setiap gelas kopi yang kami sajikan kepada konsumen memiliki suatu arti dan tujuan vang lebih dari sekedar minuman.

Setiap langkah bisnis yang kami ambil untuk menciptakan setiap gelas Kopi Kenangan akan selalu difokuskan pada suatu tujuan, yaitu menciptakan masa depan yang lebih baik,” kata Edward Tirtanata, Group CEO of Kenangan Brands. Dia melanjutkan, "Tidak hanya melibatkan karyawan, tapi kami juga ingin mengajak para konsumen Kenangan Brands untuk bersama-sama mengambil peran dalam menjaga bumi kita"

Kenangan BAIK

Untuk mewujudkan target kontribusi publik Kenangan Sustainability Journey 2030, perusahaan juga membuat payung kontribusi sosial yang menaungi berbagai program CSR perusahaan. Dinamakan Kenangan BAIK (Bersama Indonesia Kuat), payung CSR ini hadir dalam 4 (empat) pilar utama, yang masing-masing pilarnya memiliki program sendiri, yaitu:

1. Kenangan Berdaya
Pilar bagi seluruh program yang berhubungan dengan pemberdayaan komunitas petani dan supplier lokal lainnya, termasuk pemberian bantuan sosial.
2. Kenangan Sirkular
Pilar bagi seluruh program yang berhubungan dengan kampanye ekonomi sirkular dengan tujuan mengajak publik agar lebih sadar terhadap sampah konsumsi.
3. Kenangan PinTer (Pintar dan Terampil)
Pilar bagi seluruh program yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan sekaligus keterampilan masyarakat yang belum memiliki akses edukasi yang mumpuni.
4. Bersama Kenangan
Pilar bagi seluruh program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi karyawan dalam mendapatkan pengakuan yang setara dan sesuai dengan kemampuannya.

“Kami berharap dengan adanya Kenangan BAIK, Kenangan Brands dapat menjadi lebih konsisten dalam memainkan perannya bagi masyarakat Indonesia,” kata Inneke Lestari, Head of Legal & Corporate Affairs. “Ke depan, kami akan lebih giat dalam memaparkan apa saja yang dilakukan Kenangan Brands melalui Kenangan BAIK.”

Kenangan Brands berharap dengan strategi terbaru yang berlandasan nilai-nilai ESG, perusahaan dapat menjadi perusahaan F&B berkonsep New Retail yang tidak hanya profitable, namun juga sustainable di tahun 2030.

Tentang Kenangan Brands

Kenangan Brands adalah grup F&B berkonsep New Retail dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Didirikan pada tahun 2017 dengan merek andalannya, Kopi Kenangan. Pada tahun 2020, Kenangan Brands mulai merambah ke kategori makanan seperti roti dan soft-baked cookies, dan juga Chigo x Flip yang menyajikan makanan gurih seperti fried chicken dan burger.

Pada tahun 2022, kami meluncurkan inovasi terbaru kami dengan memasuki pasar FMCG melalui peluncuran produk Ready to Drink Kopi Kenangan Hanya Untukmu, Kopi Siap Minum dalam kemasan, sebagai usaha untuk mengembangkan dan memperluas pasar secara nasional, sekaligus menjawab tingginya antusias pelanggan terhadap Kopi Kenangan.

Melalui pemahaman dan eksplorasi cita rasa lokal serta model online dan offline ‘ritel baru’ yang berfokus pada pengalaman pelanggan, Kenangan Brands memiliki visi untuk menjadi bisnis makanan dan minuman terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, dengan produk berkualitas terjangkau, cepat dan pelayanan yang ramah, quality control, dan pengembangan usaha kreatif.

Baca Juga: Sejukkan Panasnya Suasana Hati, Kopi Kenangan Hadirkan Seri Minuman Dingin Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved