September
17
2024
     13:22

Astra melalui YDBA & PAMA Terus Perkuat Kemandirian UMKM di Paser, Kalimantan Timur

Astra melalui YDBA & PAMA Terus Perkuat Kemandirian UMKM di Paser, Kalimantan Timur
ILUSTRASI. Pemilik UMKM Kuliner Resya Cake Binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA), Rusliana (ketiga kanan) saat menjelaskan bisnis kulinernya kepada pengurus YDBA dan perwakilan PT Pamapersada Nusantara.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sejalan dengan goals Astra “Sejahtera Bersama Bangsa“, Astra terus berupaya melakukan kontribusi sosial baik di pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan maupun kewirausahaan. Di pilar kewirausahaan, Astra mendirikan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk fokus menjalankan pembinaan UMKM di Indonesia, baik di sektor manufaktur, bengkel, kerajinan & kuliner serta pertanian. Pembinaan dilakukan Astra melalui YDBA untuk mendukung kemandirian UMKM di Indonesia.

Untuk mendukung kegiatan pembinaan UMKM di sekitar jejaring grup Astra, Astra melalui YDBA juga berkomitmen untuk berkolaborasi menjalankan pembinaan UMKM, salah satunya di wilayah kerja PT Pamapersada Nusantara (PAMA) site Kideco dengan mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Daya Taka (LPB PDT) yang berlokasi di wilayah Paser, Kalimantan Timur.

Sejak didirikan pada tahun 2013, LPB PDT terus menunjukkan pencapainnya dalam membina UMKM di wilayah Paser, khususnya di wilayah Kecamatan Batu Sopang Desa Batu Kajang, Kasungai, Legai, Samurangau, Sungai Terik, Songka dan Kecamatan Muara Samu Desa Rantau Bintungan, Biu serta Desa Muser. Saat ini LPB PDT telah membina 284 UMKM di sektor kuliner, hortikultura, bengkel Roda 2, perikanan juga perkebunan.

Pembinaan dilakukan YDBA dan Pama melalui LPB bukan hanya pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan pembiayaan, tetapi LPB juga mendukung/ memfasilitasi perizinan UMKM, salah satunya di sektor kuliner. Sebanyak 77 UMKM kuliner telah mendapatkan perizinan usaha yang difasilitasi LPB, baik Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan juga sertifikasi halal.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana pencapaian UMKM yang telah mendapatkan program pembinaan, pada 10 September 2024 lalu, YDBA bersama PAMA dan beberapa stakeholder baik dari Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Tim Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur melakukan kunjungan ke UMKM binaan di wilayah Paser, Kalimantan Timur yang dikemas dalam progam #UMKMSiapBeraksi. Beberapa UMKM yang dikunjungi, antara lain UMKM Kuliner Resya Cake, Galeri Mamere dan UMKM Perikanan Mutiara Bersama Fish.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yaitu Sekretaris Pengurus YDBA, Ema Poedjiwati Prasetio; Bendahara Pengurus YDBA, Agung K. Sampurno; Advisor YDBA, Tonny Sumartono; Deputy Project Manager PAMA Site Kideco, Nanang Yusanto; CSR Section Head PAMA, Suryadi; Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Bidang UMKM Otorita IKN, Farid Manaf dan Kabid Bea Cukai Wilayah Kalimantan Timur, Nugroho.

Kegiatan ini juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan penandatanganan komitmen kolaborasi yang melibatkan UMKM Pertanian binaan LPB PDT yang dipercaya memasok hasil budidaya pertanian hortikulturanya ke sektor catering, yaitu PT Titunggal Hasta Brata, PT Tanjung Paser Abadi dan PT Bali Indah Nusantara.

Sekretaris Pengurus YDBA dalam kegiatan #UMKMSiapBeraksi ini menyampaikan, bahwa seluruh pencapaian atas kerja keras Astra melalui YDBA, Pama maupun LPB PDT ini diharapkan dapat menjadi semangat para UMKM untuk terus meningkatkan pencapaiannya, termasuk keberhasilan UMKM pertanian yang akan memasok hasil budidayanya ke sektor catering. Ema juga berharap, kolaborasi tersebut dapat berjalan secara sustain dengan tetap mengedepankan QCD (quality, cost, delivery) yang bisa dijaga oleh teman-teman UMKM.

Sedangkan Deputy Project Manager PAMA Site Kideco menyampaikan, bahwa PAMA akan terus berkomitmen menjalankan pembinaan yang berkelanjutan terhadap UMKM binaan. Nanang juga menjelaskan, bahwa PAMA hingga kini terus mendorong para UMKM binaan untuk melakukan inovasi dalam menjalankan usahanya. Sehingga, melalui inovasi tersebut diharapkan para UMKM dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Sekilas Tentang YDBA

YDBA merupakan yayasan yang didirikan oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya pada 1980 dengan filosofi ‘Berikan Kail Bukan Ikan’. YDBA didirikan sebagai komitmen Astra untuk berperan serta aktif dalam membangun bangsa, seperti yang diamanatkan dalam butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

Sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa, YDBA juga terus berupaya mengembangkan UMKM di Indonesia agar naik kelas, mandiri dan dapat bersaing baik di pasar nasional maupun global. Sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi UMKM yang juga turut menciptakan lapangan pekerjaan.

YDBA menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada pembinaan UMKM yang meliputi UMKM manufaktur, baik terkait value chain bisnis Astra, maupun yang tidak terkait, bengkel umum roda empat dan roda dua, kerajinan & kuliner serta pertanian. Berlandaskan Operating Values-nya, yaitu Compassionate, Adaptive, Responsible dan Excellent, YDBA memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk naik kelas dan mencapai kemandiriannya.

Pelatihan akan lebih efektif, jika dilengkapi pendampingan di lapangan melalui 16 cabang YDBA yang berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kelima belas cabang tersebut tersebar di Cakung, Jakarta Timur; Banyuwangi, Jawa Timur; Bantul, DIY; Solo, Tegal, Banyumas, Jawa Tengah; Citeureup dan Puncak Dua, Jawa Barat; Lebak, Banten; Sangatta, Paser, Bontang, Kalimantan Timur, Manggarai Barat & Manggarai Timur NTT, Barito Utama Kalimantan Tengah dan Tanjung Kalimantan Selatan. YDBA juga memiliki 3 project pembinaan UMKM di wilayah Bandung, Cikuya Tangerang dan Salatiga.

Hingga Desember 2023, YDBA telah memberikan pembinaan kepada 13.082 UMKM di bidang Manufaktur, Bengkel, Kerajinan & Kuliner serta Pertanian. YDBA secara tidak langsung juga telah menciptakan 74.146 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.

Baca Juga: Astra Ajak KemenkopUKM RI Hadir dalam UMKMSiapBeraksi, Perkuat Binaan UMKM Banyumas

Selanjutnya: Unggahan Elon Musk yang Dihapus di X Soal Biden & Harris Bikin Penasaran

Menarik Dibaca: Resep Popiah si Camilan Lumpia yang Populer di Malaysia dan Singapura

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved