October
31
2022
     06:48

Astra Financial Hadirkan Kegiatan Edukasi Keuangan Pada FinExpo 2022

Astra Financial Hadirkan Kegiatan Edukasi Keuangan Pada FinExpo 2022
ILUSTRASI. Astra Financial memberi hadiah kepada para pengunjung yang mengikuti permainan tebak gambar terkait literasi dan inklusi keuangan di gelaran FinExpo 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Astra Financial yang diwakili oleh sembilan unit bisnisnya yaitu FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, Maucash, Moxa, dan SEVA turut serta mendukung Bulan Inklusi Keuangan 2022 dengan menghadirkan produk dan layanan keuangan di acara puncak yang bertajuk “Financial Expo (FinEXPO) 2022”, yang digelar di Central Park Mall, Jakarta Barat pada tanggal 26-30 Oktober 2022.

Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi mengungkap capaian Bulan Inklusi Keuangan 2022. Totalnya ada 2.538 kegiatan dengan tembus hingga 1,5 juta peserta, dalam Puncak Bulan Inklusi Keuangan di Central Park, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

OJK mencatat, data terakhir per 2019 lalu, inklusi keuangan sudah mencapai 76,19 persen, namun literasi baru sekitar 38,03 persen. Dengan sembilan unit bisnisnya, Astra Financial mendukung tingkat pemenuhan dan peningkatan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia guna mencapai tingkat inklusi sebesar 90 persen secara nasional pada 2024. Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi dari Astra Financial yaitu “Mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia”.

Lebih dari 5.000 pengunjung yang hadir di booth Astra Financial, sangat antusias dengan hadirnya kegiatan FinExpo ini, mereka yang hadir pada hari kerja kebanyakan pekerja kantoran, mengikuti permainan tebak gambar dan kata yang berhubungan dengan literasi keuangan dan mendapat penjelasan terkait dengan kemudahan dalam menentukan pemilihan layanan keuangan yang ditawarkan oleh bisnis unit. Tidak kalah meriah bagi pengunjung yang datang pada hari libur, kebanyakan dari mereka datang bersama keluarga dan menambah keseruan  

“Saya sangat terbantu dengan adanya SEVA, bukan hanya mobil idaman tapi juga dapat memilih kemampuan pembayaran cicilan tiap bulan” ungkap Rudi, salah satu pengunjung booth Astra Financial

Hal menarik juga disampaikan oleh pengunjung, Dessy yang hobi jalan-jalan ternyata tertarik dengan “Garda Trip” yang ditawarkan oleh Asuransi Astra

Martha yang datang bersama keluarga juga menyampaikan bahwa “Di booth Astra Financial bukan hanya mendapatkan solusi keuangan tapi juga pemilihan produk-produk yang beragam. Mulai dari kebutuhan dana tunai, kredit pembiayaan kendaraan, asuransi umum maupun asuransi jiwa semua ada di booth Astra Financial” Disini terjadi aktivitas literasi dan inklusi keuangan.

Kegiatan Astra Financial di FinExpo 2022 menjadi tempat bagi pengunjung untuk lebih mengenal dekat tentang produk dan layanan bisnis unit Astra Financial guna mempermudah masyarakat dalam mengakses keuangan secara digital.

Pembiayaan roda dua
Untuk para pengunjung, booth Astra Financial menyajikan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan kemudahan akses layanan keuangan dari produk bisnis unit, sebagai bentuk dukungan pada inklusi keuangan. FIFGROUP dengan tagline nya #FIFGROUPSatuSolusi hadir dengan kelima brand services, yaitu FIFASTRA untuk pembiayaan sepeda motor Honda, SPEKTRA untuk pembiayaan gadget, elektronik dan perabot rumah tangga, DANASTRA yang melayani pembiayaan multiguna, FINATRA yang merupakan brand service baru FIFGROUP dalam pembiayaan produktif untuk usaha mikro, serta AMITRA yang melayani pembiayaan porsi Haji, paket Umrah, Beli Emas, dan pembiayaan produk syariah lainnya.

Pembiayaan roda empat
ACC sebagai mitra pembiayaan roda empat menawarkan kemudahan dalam bertransaksi pembiayaan mobil baru atau bekas lewat aplikasinya yaitu ACCONE.

Begitu juga dengan TAF yang hadir dengan digitalisasi layanan pembiayaan melalui aplikasi seluler bernama FLEX dari TAF. Aplikasi seluler FLEX dapat dengan mudah diunduh di smartphone. TAF juga telah meluncurkan fitur digital flexible financing pertama di Indonesia bernama TAF FLEXI. Fitur flexible financing FLEXi ini dapat memudahkan konsumen TAF untuk dengan bebas mengatur besaran nilai cicilan di setiap bulannya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan konsumen TAF.

Asuransi umum dan jiwa
Asuransi Astra menawarkan berbagai macam asuransi untuk memberikan perlindungan untuk diri sendiri, keluarga hingga asetmu. Untuk kebutuhan pribadi atau perlindungan bisnis komersial. Asuransi mobil Garda Oto hadir untuk aset kendaraanmu, melalui Garda Mobile Otocare para pelanggan dapat dengan mudah melakukan proses pembelian dan upgrade polis hingga mengajukan klaim di mana pun dan kapan pun. Selain itu, asuransi kesehatan perorangan berbasis platform digital Garda Healthtech juga kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan perlindungan kesehatan. Serta perlindungan lainnya seperti asuransi perorangan Garda Me, asuransi biaya pendidikan anak Garda Edu, asuransi rumah dan properti Garda Home, dan asuransi perjalanan Garda Trip. Seluruh produk asuransi dapat dibeli melalui website gardaoto.com.

Melalui situs e-commerce resmi milik Astra Life, ilovelife.co.id akan memudahkan calon pelanggan untuk mengakses informasi produk dan melakukan pembelian asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Pelanggan juga dapat memanfaatkan fitur kalkulator premi untuk bisa menghitung proyeksi besar premi, uang pertanggungan, dan periode perlindungan. Sebagai wujud aspirasi untuk menjadi “Life Insurer of The Future”, Astra Life menyediakan aplikasi MyAstraLife yang merupakan aplikasi layanan nasabah Astra Life dalam genggaman serta dilengkapi berbagai fitur untuk seluruh produk yang terintegrasi dari seluruh kanal penjualan.

Layanan keuangan digital
Kemudian dari produk layanan keuangan digital, AstraPay adalah bagian dari Grup Astra yang bergerak di bidang uang elektronik. AstraPay hadir dengan berbagai layanan yang  memudahkan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi secara digital dengan memberikan berbagai fitur, seperti pembayaran angsuran produk Grup Astra, pembayaran berbagai kebutuhan (listrik, air, pulsa, PBB, BPJS), pembayaran di lebih dari 19 juta merchant seluruh Indonesia dengan QRIS, hingga fitur paylater.

Di bidang fintech dengan kategori peer-to-peer lending, Maucash menyediakan pinjaman dana tunai kepada masyarakat dengan limit hingga 20 juta rupiah dan tenor hingga 24 bulan. Selain untuk pinjaman cicilan, limit pelanggan di Maucash juga dapat digunakan untuk pinjaman paylater.

Hadir juga Moxa yang menyediakan layanan life cycle financial solution atau solusi keuangan pelanggan di setiap fase kehidupan. Aplikasi Moxa mengumpulkan segala hal yang berhubungan dengan keuangan pelanggan secara digital, mulai dari pinjaman, rekening tabungan, hingga investasi. Moxa tidak hanya menyatukan nilai-nilai terbaik dari seluruh produk dan layanan Astra namun juga kolaborasi dari layanan-layanan terbaik dan berpengalaman di industri keuangan.

Yang baru dari Astra Financial, SEVA dengan kampanye #JelasdariAwal menawarkan kemudahan bagi para pengguna aplikasinya untuk menghitung kemampuan pembayaran kendaraannya yang akan diajukan kepada ACC ataupun TAF. SEVA merupakan finance first new car discovery platform bagian dari Grup Astra dengan 3 fitur unggulan yaitu, Pertama Car Discovery Platform ; Konsumen dapat mencari mobil baru khususnya brand mobil dibawah naungan Astra Ekosistem (Toyota, Daihatsu, BMW, Isuzu, Peugeot).

Kedua, Loan Calculator untuk melakukan simulasi kredit agar pembelian mobil baru sesuai dengan kemampuan finansial konsumen. Ketiga, Instant Approval, dimana konsumen dapat mengetahui kemampuan/ daya beli terhadap mobil baru tersebut (apakah mampu atau tidak), hanya dalam waktu 15-30 menit saja. Dengan transparansi informasi SEVA yang #JelasdariAwal ini, konsumen dimudahkan untuk memilih pembiayaan pembelian mobil baru melalui ACC maupun TAF serta Garda OTO dari Asuransi Astra.

Baca Juga: Astra Financial Dukung Manado High Street Market 2022 sebagai Sponsor Utama

Tentang Astra Financial
Astra Financial merupakan brand dari divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk, dengan total aset sebesar Rp 144 triliun per Juni 2022. Astra Financial telah melayani lebih dari 15 juta pelanggan yang didukung oleh lebih dari 32 ribu karyawan dan 900 jaringan di seluruh nusantara. Astra Financial mengelola 13 entitas bisnis, diantaranya FIFGROUP, ACC, TAF, Asuransi Astra, KAF, SANF, Astra Life, Astra Ventura, Dana Pensiun Astra, Maucash, AstraPay, MOXA, SEVA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved