May
31
2024
     19:58

ASLC Pacu Ekspansi Dealer Mobil Bekas Caroline.id Tahun Ini

ASLC Pacu Ekspansi Dealer Mobil Bekas Caroline.id Tahun Ini
ILUSTRASI. Jajaran direksi & komisaris PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC). ki-ka:Armeza Umar (Direktur) - Prodjo Surjanto (Komisaris) - Jany Candra - (Presiden Direktur) - Erida (Komisaris) - Shioyama Kazuhiro (Direktur).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), perusahaan yang bergerak di bisnis lelang (JBA), penjualan retail mobil bekas (Caroline.id), dan pegadaian mobil (MotoGadai) terus memacu ekspansi dengan menargetkan penambahan minimal 18 showroom baru Caroline.id, dari 10 cabang pada akhir 2023.

“Caroline.id merupakan salah satu unit bisnis yang berkontribusi besar terhadap pendapatan ASLC. Oleh karena itu, ekspansi terhadap Caroline.id diharapkan akan dapat mendorong pertumbuhan pendapatan ASLC secara signifikan,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra.

Menurut Research Analyst Mirae Asset, Abyan Habib Yuntoharjo, industri mobil bekas masih akan terus tumbuh meskipun angka penjualan mobil baru sedang tertekan. Proyeksi tersebut didasarkan pada angka pembiayaan otomotif yang terus tumbuh stabil di atas 10% meskipun angka penjualan kendaraan baru, khususnya kendaraan untuk penumpang, turun sejak akhir 2023 hingga awal tahun ini.

“Ekosistem dari masing-masing pelaku industri mobil bekas juga dapat mendukung kinerjanya, sehingga semakin lengkap layanan dari satu perusahaan maka akan mendukung kinerja perusahaan tersebut,” kata Abyan Habib Yuntoharjo.

Melihat kondisi pasar yang masih prospektif, ASLC optimis, dengan membuka cabang-cabang baru Caroline.id Perseroan akan mampu meraih pertumbuhan pendapatan dan laba dobel digit di tahun ini. Kinerja positif Perseroan yang terus menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun semakin menguatkan optimisme ini.

Didukung keunggulan berupa ekosistem bisnis yang terintegrasi untuk menjalankan usaha supaya tumbuh berkelanjutan, Perseroan juga menargetkan pertumbuhan volume penjualan dobel digit untuk JBA dan Caroline.id tahun ini.

Perseroan optimis, bisnis gadai yang baru dimulai pada semester kedua tahun 2023 dengan brand MotoGadai juga akan memberikan kontribusi yang terus meningkat terhadap pendapatan Perseroan, meski fokus utama MotoGadai dalam jangka pendek adalah pengembangan operasional.

Tahun lalu, ASLC mampu meraih pendapatan bersih Rp 682,4 miliar, naik 42,2% dari tahun 2022 yang sebesar Rp 479,9 miliar. Sementara laba bersih melonjak hingga lebih dari 700% dari Rp3,3 miliar menjadi Rp 26,7 miliar di tahun 2023.

Adapun tahun ini, ASLC juga telah menunjukkan kinerja positif pada kuartal pertama. Pendapatan bersih tercatat sebesar Rp183,3 miliar, naik 37,4% dari kuartal yang sama tahun 2023. Pada periode Januari-Maret Perseroan mencatatkan laba bersih Rp16,9 miliar, meningkat 655,5% dari periode yang sama tahun 2023 yang sebesar Rp2,2 miliar. Pertumbuhan ini didukung oleh model bisnis Perseroan yang sudah matang, dan ke depannya akan berfokus kepada ekspansi cabang di wilayah strategis.

Sekilas mengenai PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) yang merupakan bagian dari Grup PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) bergerak di usaha jual beli kendaraan bekas dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak awal 2022. Dengan visi menjadi omnichannel automotive marketplace yang paling terpercaya, Autopedia menjalankan bisnis jual beli kendaraan bekas baik untuk B2B, C2C, dan B2C.

Saat ini ASLC merupakan ekosistem marketplace terbesar di Indonesia untuk jual beli kendaraan bekas. Dalam ekosistem bisnisnya, Autopedia memiliki dua bisnis utama, yaitu balai lelang bernama JBA yang mampu melakukan lelang offline dan online (hybrid). JBA dengan 35 kantor cabang di seluruh Indonesia merupakan balai lelang terbesar di Indonesia.

Selain itu, ASLC juga memiliki bisnis diler mobil bekas online-to-offline (O2O) dengan brand Caroline.id yang saat ini memiliki total 11 showrooms. Caroline.id memberikan keuntungan kepada konsumen yang membeli mobil bekas dengan menghadirkan garansi 7G+ selama 1 tahun yang mencakup mesin, transmisi, AC, rem, elektrikal, suspensi and kemudi. Garansi 7G+ dirancang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan Caroline.id Titik showroom Caroline.id akan terus tumbuh di tengah tingginya potensi bisnis jual beli kendaraan bekas di Indonesia.

Baca Juga: Laba Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Melonjak Menjadi Rp 15,3 Miliar pada Kuartal I

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved