January
31
2025
     18:05

Apresiasi Public Relation di Era Digital, Warta Ekonomi Gelar IPRA 2025

Apresiasi Public Relation di Era Digital, Warta Ekonomi Gelar IPRA 2025
ILUSTRASI. Warta Ekonomi menyelenggarakan acara Indonesia Public Relation Awards 2025 untuk ke-9 kalinya.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Warta Ekonomi menyelenggarakan acara Indonesia Public Relation awards 2025 untuk ke-9 kalinya. Kali ini dengan tema Crossing Cultures and Channels, Public Relations in Digital Era sebagai bentuk apresiasi praktisi Public Relations (PR) yang telah beradaptasi dan berinovasi menghadapi tantangan komunikasi, dengan menyatukan berbagai budaya dan media dengan pendekatan lintas kanal.

Muhamad Ihsan selaku CEO & Chief Editor mengungkapkan bahwa peran PR memiliki peran penting sebagai penghubung yang membangun jembatan antara organisasi dan berbagai pemangku kepentingan.

“Banyak yang kurang menyadari bahwa pengendalian informasi, memelihara citra, menjaga image di depan publik merupakan pekerjaan yang sangat tidak gampang,” kata Ihsan dalam acara Idonesia Public Relations Awards 2025 di The Hotel Sultan Jakarta, Jumat (24/1/2025).

Perkembangan ekonomi Indonesia saat ini juga didukung kehadiran era digital yang berkembang pesat, sehingga menghadirkan komunikasi organisasi ke pihak eksternal kini lebih dinamis dan kompleks.

Dengan kemajuan teknologi dan penggunaan media sosial yang pesat, komunikasi organisasi telah berubah secara fundamental, menghadapi tantangan dalam membangun hubungan dengan pemangku kepentingan global.

Menurut data WIA Social dan Hootsuite, 2024 lebih dari 77% penduduk Indonesia sekarang ini terhubung ke internet.

Tentu peran PR sangat krusial terhadap semua informasi yang tersedia dalam bentuk apapun di medium apapun yang digunakan, baik media mainstream atau media sosial. Baiknya kinerja perusahaan dibentuk oleh fungsi dan peran PR yang mumpuni.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir Haviez Gautama selaku Wakil Ketua Umum Perhumas Indonesia mengungkapkan bahwa peran media digital saat ini bukan hanya sekedar alat komunikasi tapi telah menjadi ekosistem strategis dalam membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan para pemangku kepentingan.

“Adaptasi ke teknologi menjadi keharusan, tidak lagi menjadi pilihan. Kalau masih ada yang memilih untuk tidak hadir di dunia digital atau di dunia sosial media, berarti Anda memilih untuk tidak terlibat dalam pembicaraan,” ujar Haviez.

Selain itu, ia mengatakan bahwa kompleksitas audiens menjadi faktor penting dalam penyebarluasan informasi di dunia digital. Sebagai PR harus bisa melakukan  pendekatan yang lebih dinamis.

“Sekarang ini jamannya generasi Z, bukan genset ya. Generasi Z menjadi jauh berbeda dari mungkin ketika saya mulai 25 tahun lalu di industri PR ini. Beragam kebutuhan dan ekspektasi audiens juga mengharuskan kita menggunakan pendekatan yang lebih dinamis,” tutur Haviez.

Sementara itu, adanya krisis kepercayaan public menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi dalam dunia digital.

Berdasarkan laporan Edelman Trust Barometer 2024 menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi bisnis cenderung menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Tapi orang lebih ingin mendengar langsung dari individual di perusahaan-perusahaan tersebut, eksekutif dari perusahaan-perusahaan tersebut.
Sehingga transparansi dan akuntabilitas menjadi kunci dalam menjaga kepercayaan audiens,” tegas Haviez.

Disisi lain, sebagai seorang PR, harus bisa bersanding dengan kecepatan media digital. Informasi dewasa menyebar begitu cepat dimana menurut riset statista 2024, 53% konsumen mengharapkan respon dalam waktu kurang dari 1 jam.

“Jadi kita sudah tidak lagi can afford untuk complacent gitu ya. Kita mau gak mau harus punya mekanisme yang mumpuni untuk bisa mengidentifikasi isu secara early, intercept, dan kemudian address,” pungkas Haviez.

Ia juga turut memberikan apresiasi kepada Warta Ekonomi karena telah menyelenggarakan acara penghargaan untuk PR.

“Acara penghargaan seperti ini tentunya memiliki makna yang sangat mendalam. Tidak hanya sebagai bentuk pengakuan atas profesionalisme dan dedikasi tetapi juga sebagai pengingat bahwa keberlanjutan eksistensi public relations harus memberikan manfaat yang nyata,” ujar Haviez.

Adapun daftar pemenang dalam acara Indonesia Public Digital Award 2023 dengan tema Crossing Culture and Channels Public Relations in Digital Era sebagai berikut :
1.    PT Trimegah Bangun Persada (Harita Nickel) dengan kategori Energy & Mining sebagai Best Public Relations 2025 in Leading Initiatives to Foster Transparency and Corporate Responsibility
2.    Pertamina EP Cepu    dengan kategori Energy & Mining sebagai Best Public Relations 2025 in Showcasing Commitment to Sustainability through Community Engagement and Environmental Initiatives
3.    PT Bank Mandiri (Persero) Tbk    dengan kategori Conventional Bank sebagai Best Public Relations 2025 in Supporting Business Expansion and Promoting Economic Growth Through Strategic Initiatives
4.    PT Toyota Astra Motor dengan kategori Automotive    sebagai Best Public Relations 2025 in Expanding Market Share by Connecting Customer Needs with Products Innovation
5.    PT SGMW Motor Indonesia dengan kategori Automotive sebagai Best Public Relations 2025 in Driving Awareness and Adoption of Sustainable Transportation Solutions
6.    PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance)    dengan kategori General Insurance sebagai Best Public Relation 2025 in Leveraging Digital Platform Actiions to Increase Brand Awareness and Customer Loyalty
7.    PT Permodalan Nasional Madani dengan kategori Financial Services sebagai Best Public Relations 2025 in Transforming Initiative Programs with Improving Public Awareness and Creative Communication Strategies
8.    PT Bio Farma (Persero) dengan kategori Pharmaceutical sebagai Best Public Relations 2025 in Enhancing Production Capacity through Effective Communication and Stakeholder Engagement
9.    PT AXA Insurance Indonesia dengan kategori    General Insurance sebagai Best Public Relation 2025 in Navigating Challenges in Insurance Sector with Strategic Communication
10.    PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk dengan kategori General Insurance sebagai Best Public Relation 2025 in Elevating Brand Reputation with Strategic Communication
11.    PT Nojorono Tobacco International dengan kaetgori Manufacturing Industry sebagai Best Public Relations 2025 in Building Brand Relevance through Effective Storytelling and Communication
12.    PT Bank Nationalnobu Tbk dengan kategori Conventional Bank sebagai Best Public Relations 2025 in Creating Digitalization Ecosystem through Strategic Collaboration in Payment Solutions
13.    PT Bank Pembangunan Daerah Bali dengan kategori Regional Bank sebagai Best Public Relations 2025 in Ensuring Community Safety and Awareness in Digital Transactions
14.    Bank DKI    dengan kagetori Regional Bank    sebagai Best Public Relations 2025 in Promoting Financial Inclusion through Digital Public Relations and Accessible Solutions
15.    PT BPD Kalimantan Barat dengan kategori Regional Bank sebagai Best Public Relations 2025 in Improving Regional Development Performance through Strategic Dynamic Change
16.    PT Smartfren Telecom Tbk dengan kategori Telecommunication sebagai Best Public Relations 2025 in Improving Corporate Reputation through Digital Literacy Campaigns and Education to Micro, Small Medium Enterprises
17.    PT Bank CIMB Niaga Tbk dengan kategori Conventional Bank sebagai Best Public Relations 2025 in Promoting Impactful  Sustainable Communications
18.    PT Transjakarta dengan kategori Transportation sebagai Public Relations 2025 in Advocating for Efficient and Eco-Friendly Urban Mobility Solutions
19.    PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dengan kategori Logistic & Courier sebagai Best Public Relations 2025 in Adapting and Refining Communication Strategies for Success in the Digital Age
20.    PT Darya Varia Laboratoria Tbk dengan kategori Pharmaceutical sebagai Best Public Relations 2025 in Building Strong Industry Partnerships for Local Health Equipment Development
21.    Dexa Group    dengan kategori Pharmaceutical    sebagai Public Relations 2025 in Encouraging Community Health through Regular Check-Ups and Screenings
22.    PT Phapros Tbk dengan kategori Pharmaceutical sebagai Best Public Relations 2025 in Building Strong Brand Reputation through Digital Public Relations and Business Growth Strategies
23.    PT Panin Dai-ichi Life dengan kategori    Life Insurance sebagai Best Public Relations 2025 in Enhanching Communities with Financial Literacy Programs and Resources
24.    PT Chubb Life Insurance Indonesia dengan kategori Life Insurance sebagai Best Public Relations 2025 in Promoting Financial Literacy and Community Engagement Through Strategic Partnership
25.    PT Bhinneka Life Indonesia    dengan kategori Life Insurance    sebagai Best Public Relations 2025 in Utilizing Digital Platforms to Reach New Customers
26.    PT Equity Life Indonesia    dengan kategori Life Insurance    sebagai Best Public Relations 2025 in Building Strategic Alliances to Expand Insurance Accessibility and Benefits
27.    PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia dengan kategori  Life Insurance sebagai Best Public Relations 2025 in Advancing Digital Transformation in Health Insurance with ESG Principles
28.    PT Kliring Berjangka Indonesia    dengan kategori Financial Services sebagai Best Public Relations 2025 in Strengthening Strategic Partnerships to Enhance Market Trust and Development
29.    PT Bank Muamalat Indonesia dengan kategori Sharia Bank    sebagai Best Public Relations 2025 in Strengthening Stakeholder Engagement through Strategic Communication
30.    PT Asuransi Simas Jiwa dengan kategori Life Insurance sebagai Best Public Relations 2025 in Enhancing Public Awareness through Innovative Insurance Solutions
31.    ID COMM    dengan kategori PR Agency sebagai Best Public Relations 2025 in Creating Impactful Communication Platforms for Stakeholder Engagement
32.    PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dengan kategori Conventional Bank sebagai Best Public Relations 2025 in Maintaining Media Collaborations through Utilize Digital Platforms to Drive Brand Awareness and Best Public Relations 2025 in Accelerating Credibility Mortgage Bank
33.    PT Indosat Ooredoo Hutchison    dengan kategori Telecommunication sebagai Best Public Relations 2025 in Promoting Integrated Brand Campaigns that Enhance Customer Experience and Engagement
34.    PT Bussan Auto Finance    dengan kategori Multifinancesebagai Best Public Relations 2025 in Building Stronger Connections with Stakeholders through Digital Communication Strategies
35.    PT BPD Jawa Timur Tbk    dengan kategori Regional Banksebagai Best Public Relations 2025 in Building Strong Brand Identity through Strategic Collaboration
36.    PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) dengan kategori Financial Services sebagai Best Public Relations 2025 in Promoting Financing Flexibility for Homeownership
37.    PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia    dengan kategori Life Insurance sebagai Best Public Relation 2025 in Improving Brand Visibility through Strategic Digital Communication
38.    PT Federal International Finance (FIFGROUP) dengan kategori Multifinance    sebagai Best Public Relations 2025 in Driving Community Awareness through Educational Talk Shows and Events
39.    PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk    dengan kategori Transportation sebagai Best Public Relations 2025 in Strategic Communication for Navigating Industry Crises Effectively
40.    PT Bank Mayapada Internasional Tbk    dengan kategori Conventional Bank sebagai Best Public Relations 2025 in Leveraging Digital Platforms for Effective Stakeholder Communication and Engagement.

Baca Juga: Telkom Menangkan Golden World Award2024, Penghargaan Bertaraf Internasional dari IPRA

 

Selanjutnya: Inovasi Digital Ikut Menjaga Kinerja dan Profitabilitas Bank BNI

Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (1/2): Cerah hingga Hujan Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2025 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved