March
17
2024
     14:41

Antisipasi Penipuan Online, Tetap Sadar dan Utamakan Konfirmasi

Antisipasi Penipuan Online, Tetap Sadar dan Utamakan Konfirmasi
ILUSTRASI. Kominfo RI menggelar kegiatan webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur (15/3).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) berkomitmen meningkatkan literasi digital masyarakat menuju Indonesia #MakinCakapDigital2024. Dalam rangka mewujudkan target tersebut, Kominfo RI kembali menggelar kegiatan webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada Jumat (15/3/2024).

Indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di angka 3,65 dari skala 1-5. Angka ini berada di tingkat sedang, sekaligus menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 3,54.

Masifnya kemajuan teknologi harus diimbangi pemahaman keamanan digital. Dosen Unitomo dan Japelidi, Nur’annafi Farni Syam Maella mengatakan, sekarang ini penipuan online masih marak terjadi. Bahkan metode yang dilakukan berulang.

Ketika menghadapi kasus penipuan online, setiap individu harus utamakan kesadaran. Jangan mudah terpancing dan mengikuti arahan pelaku. Hal terpenting harus dilakukan adalah konfirmasi.

“Kalau hal-hal sekiranya itu akan merugikan, kita harus sadar dan konfirmasi. Kalau tidak sadar akan langsung reflek dan percaya,” kata Nur’annafi saat menjadi pembicara webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (15/3/2024).

Dalam melakukan konfirmasi, korban bisa memanfaatkan platform media lain dan menghubungi orang terdekat untuk mengonfirmasi. Sehingga kolaborasi validasi bisa tercapai, kemudian segera laporkan ke pihak berwenang.

Narasumber lainnya, Dosen Ilkom UIN Sunan Ampel Surabaya, Lilik Hamidah mengatakan, untuk menjadi netizen keren, setiap individu perlu memahami etika ketika bermedia sosial. Sehingga bisa saling berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain.

“Dalam ruang digital kita akan berinterasi dan berkomunikasi dengan berbagai perbedaan budaya. Jadi cara ngomong saja bisa berbeda,” kata Lili.
Dalam kesempatan sama, Pembina Relawan TIK Komisariat Universitas PGRI Ronggolawe, Andik Adi Suryanto memaparkan, di balik kemudahan yang didapat dari kemajuan teknologi, setiap individu dihadapkan tantangan menjaga keamanan digital.

Dengan menjaga keamanan digital, individu tidak hanya mengamankan data yang dimiliki, tapi juga melindungi data pribadi yang bersifat rahasia.
“Yang paling penting adalah kita menjaga kerahasiaan informasi pribadi dengan mengamankan data kita,” kata Andik.

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Webinar kali ini dihadiri narasumber ahli di bidangnya masing-masing, yaitu Dosen Unitomo dan Japelidi, Nur’annafi Farni Syam Maella, Dosen Ilkom UIN Sunan Ampel Surabaya, Lilik Hamidah, dan Pembina Relawan TIK Komisariat Universitas PGRI Ronggolawe, Andik Adi Suryanto.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan YouTube Literasi Digital Kominfo.

Baca Juga: Ingat Etika Bermedia Sosial, Bebas Berekspresi Tanpa Kebablasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved