September
02
2023
     20:59

Anggota Satpol PP dan Linmas Dibekali Literasi Digital oleh Kemenkominfo

Anggota Satpol PP dan Linmas Dibekali Literasi Digital oleh Kemenkominfo
ILUSTRASI. Kemenkominfo berkolaborasi dengan Kemendagri menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada anggota Satpol PP dan Linmas di lingkungan Provinsi Kabupaten Kota kegiatan ini dilakukan secara hybrid di Hotel Santika, Bogor.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada anggota Satpol PP dan Linmas di lingkungan Provinsi Kabupaten Kota kegiatan ini dilakukan secara hybrid.

“Bila kita melihat Pesan dari Bapak Presiden menjadi pesan penting kepada seluruh ASN salah satu yang ditekankan adalah kita harus berlaku bijak cakap di dunia digital kita harus memerangi konten-konten negatif dan meningkatkan konten-konten positif ruang digital.

Hal ini menjadi sangat penting untuk kita jaga agar situasi masyarakat kita tetap baik,tetap kondusif apalagi menjelang pemilu 2024” tutur Direktur Pemberdayaan Informatika Boni Pudjianto pada sambutannya dalam kegiatan di Hotel Santika Bogor, Selasa (29/8/2023).

Di kesempatan yang sama Kepala Pengembagan SDM Kemendagri Dr. sugeng Haryono menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara Literasi Digital. Dalam sambutannya Sugeng menekankan untuk lebih berhati hati dalam menerima informasi dan menyebarkan informasi di Media Sosial.

“Dari begitu banyak informasi tidak semuanya informasi itu layak untuk kita konsumsi, layak untuk kita ambil sebagai kebenaran,layak jadi validitas dan reabilitasnya maupun layak atau tidaknya untuk disebarkan” jelas Sugeng.

Sementara itu, dalam sesi pemaparan dan diskusi Drs. Machmudan Sadik M.Si. selaku Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Kementerian Dalam Negeri menjelaskan terkait Kecakapan Digital.

“Para satpol PP harus menganalisis dalam melihat dampak positif dan negatif data sehingga kita berhati hati dalam melakukan sharing terhadap data dan informasi tersebut” jelas Machmudan.

Dilanjutkan oleh Yurika Xanthinia, M.Si. selaku Widyaiswara BPSDM Kementerian Dalam Negeri menerangkan Antisipasi Keamanan dan Keselamatan Digital.

“Tujuan memahami keamanan digital adalah guna memahami apa yang harus diamankan dan persiapan penyelamatan bagi individu, institusi dan masyarakat menuju ketika dan budaya bangsa” jelas Yurika Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada anggota Satpol PP dan Linmas merupakan salah satu upaya literasi digital di sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo.

Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Baca Juga: Cakap Digital Dorong ASN Provinsi Bali Makin Cakap Bekerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved