November
29
2023
     21:37

Alam Energy Terima Pembiayaan Rp 41 Miliar dari PT SMI

Alam Energy Terima Pembiayaan Rp 41 Miliar dari PT SMI
ILUSTRASI. PT ATW Alam Hijau (Alam Energy), perusahaan patungan antara Shizen Energy Inc. (Shizen Energy), Alamport Inc. dan NiX JAPAN Co., Ltd. dengan ATW Group yang bergerak di bidang penjualan dan konstruksi peralatan pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia, telah menerima pembiayaan sebesar Rp 41 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT ATW Alam Hijau (Alam Energy), perusahaan patungan antara Shizen Energy Inc. (Shizen Energy), Alamport Inc. dan NiX JAPAN Co., Ltd. dengan ATW Group yang bergerak di bidang penjualan dan konstruksi peralatan pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia, telah menerima pembiayaan sebesar Rp 41 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”), sebuah lembaga keuangan Indonesia di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, untuk pengembangan, pembangunan dan pengoperasian instalasi tenaga surya bagi pelanggan industri di Indonesia.

Ini merupakan salah satu pembiayaan berbasis proyek pertama yang dilakukan PT SMI untuk portofolio pembangkit listrik tenaga surya Commercial & Industry (C&I). Acara penandatanganan pemberian fasilitas pembiayaan ini dilaksanakan di kantor PT SMI di Sahid Sudirman Center, Jakarta, pada tanggal 13 November 2023. Penandatanganan dilakukan oleh Sylvi J. Gani, Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI dan Soichiro Nishimori , Direktur Utama PT ATW Alam Hijau.

“Alam Energy berkomitmen untuk mendukung pelanggan industri dan komersial yang membutuhkan energi terbarukan dan listrik terjangkau di Indonesia. Pembiayaan ini akan memungkinkan produsen dan pelanggan lainnya di Indonesia untuk mengubah sebagian konsumsi listrik mereka menjadi sumber energi terbarukan, sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca dari operasi bisnis mereka dan berkontribusi terhadap tujuan pemerintah Indonesia untuk menjadi netral karbon pada tahun 2060”, kata Soichiro Nishimori.

PT SMI juga mendukung percepatan transisi energi di Indonesia, salah satunya lewat fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada Alam Energy. “Kami bertekad mendukung pengembangan sektor energi terbarukan, dalam hal ini Rooftop Photovoltaic Solar Panel. Kami berharap dapat menggali lebih jauh potensi pembiayaan infrastruktur panel surya lainnya di Indonesia”, kata Sylvi J. Gani.

Dengan kerja sama ini, kedua belah pihak dapat mendorong keberlanjutan melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan mitigasi perubahan iklim. Kemitraan ini bertujuan untuk memfasilitasi transisi Indonesia dari sumber energi konvensional ke sumber energi alternatif terbarukan dan berkelanjutan.

Kolaborasi antar pemangku kepentingan diperlukan untuk bersama-sama mendorong transisi energi di berbagai sektor, antara lain sosial, lingkungan hidup, teknologi, dan pembiayaan.

Garis Besar Pembiayaan
Penerima Pembiayaan PT ATW Alam Hijau
Pemberi Pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)
Nilai Pembiayaan Rp 41.000.000.000 (sekitar 392.000.000 yen)
Penggunaan Dana Konstruksi dan pengoperasian sistem tenaga surya atap untuk disewakan

Tentang Alam Energy (PT ATW Alam Hijau

Didirikan pada Juli 2020, Alam Energy merupakan perusahaan patungan antara Shizen Energy Inc., NiX Group, yang perusahaan intinya adalah NiX Co., Ltd., Alamport Inc., dan ATW Group, yang bergerak dalam bidang penjualan dan konstruksi dan peralatan pembangkit tenaga listrik tenaga surya. Perusahaan menawarkan penyewaan tenaga surya atap di Indonesia.

Kantor:Wework Sinarmas MSIG Tower lantai 37, Jl. Jend. Sudirman Kav. 21, Setiabudi, Jakarta Selatan 12930 ・Direktur Utama:Soichiro Nishimori

Tentang PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) (Persero)

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2009 adalah Badan Usaha Milik Negera di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang berbentuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). PT SMI berperan dan memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan nasional.

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk/fitur unik untuk mendukung percepatan pembangunan infrasruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi juga sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikutsertakan berbagai institusi keuangan baik swasta maupun multilateral. PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui produk pinjaman daerah.

PT SMI memiliki tiga pilar bisnis yaitu (1) Pembiayaan dan Investasi, yaitu pembiayaan terhadap proyek-proyek infrastruktur, (2) Jasa Konsultasi yaitu solusi atas kebutuhan tenaga professional dan ahli di bidang infrastruktur serta (3) Pengembangan Proyek yaitu membantu Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) untuk menyiapkan proyek infrastruktur.

Tentang Shizen Energy Inc.

Didirikan pada bulan Juni 2011, dengan tujuan perusahaan “Kami bertindak untuk planet yang biru”, bisnis perusahaan meliputi pengembangan, pembiayaan, dan pengelolaan aset pembangkit listrik energi terbarukan menggunakan tenaga surya, tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air skala kecil, dan biomassa. Sejak tahun 2016, perusahaan juga berfokus pada operasi internasionalnya, memperluas proyek pengembangan dan pembangkit listriknya di wilayah seperti Asia Tenggara dan Brasil.

Pada tahun 2019, perusahaan juga memasuki bisnis teknologi energi, menawarkan pembangunan jaringan mikro dan VPP, layanan pengisian dan pengosongan cerdas untuk kendaraan listrik, dan layanan lainnya melalui Sistem Manajemen Energi) yang dikembangkan sendiri. Shizen Energy Group telah terlibat dalam lebih dari 1 GW pembangkitan energi terbarukan di Jepang dan luar negeri.

・Kantor : Gedung Fukuoka Ohori 3F/6F, 1-1-6 Arato, Chuo, Kota Fukuoka, Prefektur Fukuoka 810-0062
・Perwakilan Direksi: Ken Isono, Kenji Kawado, Masaya Hasegawa
・URL: http://www.shizenenergy.net/en/

Tentang NiX JAPAN Co., Ltd,

Didirikan pada bulan April 1979, Grup NiX beroperasi secara global dengan 15 perusahaan Jepang dan 7 perusahaan luar negeri, dipimpin oleh perusahaan layanan teknologi infrastruktur NiX JAPAN Co., Ltd, dan bergerak dalam bisnis layanan DX, bisnis luar negeri, dan bisnis energi (IPP), termasuk penguatan infrastruktur sosial. Khususnya, dalam bisnis pembangkit listrik di Indonesia, 2 proyek pembangkit listrik tenaga air sedang dioperasikan dan dikembangkan, sebagian besar oleh anak perusahaan di Indonesia, dan memiliki rencana untuk memperluas bisnis di Asia Tenggara di masa depan.

・Kantor: 1-23 Okudashinmachi, Kota Toyama, Toyama 930-0857
・Direktur : Tomoaki Ichimori
・URL: https://nix-japan.co.jp/en/

Tentang Alamport Inc.

Didirikan pada Maret 2015, Alamport bergerak dalam bidang pengembangan bisnis, investasi, konsultasi dan layanan konsultasi untuk mempromosikan proyek energi terbarukan yang selaras dengan kebutuhan lokal. Perusahaan terlibat dalam berbagai proyek energi terbarukan dengan menggunakan sumber daya alam lokal secara efektif, termasuk tenaga surya, air, biomassa, dan biogas. Shizen Energy Inc. adalah pemegang 20% saham Alamport.

・Kantor : Kotsukaikan 6F, 2-10-1, Yurakucho, Chiyoda-ku, Tokyo 100-0006
・Direktur Utama : Fumito Kotani
・URL: https://alamport.net/en/

Baca Juga: Sarana Multi Infrastruktur Bakal Menawarkan Obligasi Rp 1 Triliun

Selanjutnya: Obligasi III 2023 Adhi Commuter Properti (ADCP) Oversubscribed 3,5 Kali

Menarik Dibaca: Begini Prakiraan Cuaca di Bekasi, Depok dan Bogor, Besok (30/11)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved