September
08
2024
     14:51

Adira Finance Syariah, Danamon Syariah &Zurich Syariah Gelar FPR2024 di Rangkasbitung

Adira Finance Syariah, Danamon Syariah &Zurich Syariah Gelar FPR2024 di Rangkasbitung
ILUSTRASI. PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), sebagai induk perusahaan, bekerjasama melalui unit usaha syariahnya dan bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 di Pasar Rangkasbitung pada 7-8 September 2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), sebagai induk perusahaan, bekerjasama melalui unit usaha syariahnya dan bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 di Pasar Rangkasbitung pada 7-8 September 2024. Pasar ini menjadi titik awal penyelenggaraan kegiatan yang akan berlangsung mulai September hingga Desember 2024 di lima pasar Indonesia, yaitu Pasar Rangkasbitung, Lebak; Pasar Pahing, Kediri; Pasar Legi, Solo; Pasar Kosambi, Bandung; dan Pasar Ngasem, Yogyakarta.

Pasar Rangkasbitung dipilih sebagai lokasi perdana untuk FPR 2024 karena potensinya yang besar sebagai pusat kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya di Kabupaten Lebak. Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Yani, menyatakan bahwa berdasarkan data Disperindag April 2024, terdapat sekitar 2.300 pedagang di Pasar Rangkasbitung.

Meski demikian, tantangan yang dihadapi tidak sedikit. Banyak kios yang kosong dikarenakan sejumlah pedagang lebih memilih berjualan di luar area pasar atau dari rumah, dengan alasan pengunjung lebih banyak membeli di lokasi tersebut. Kondisi pasar yang masih kurang memadai dari segi fasilitas juga menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kenyamanan dan daya tarik bagi pengunjung. Ditambah lagi, saat ini terdapat kewajiban sertifikasi halal, termasuk produk yang dijual di pasar tradisional, sehingga kondisi pasar serta kapasitas pedagang perlu ditingkatkan.

Melihat kondisi tersebut, kami menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 untuk mendukung dan memberdayakan pedagang, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan keberlanjutan pasar rakyat melalui gerakan #SahabatPasarRakyat, sebuah inisiatif untuk mengajak masyarakat kembali ke pasar rakyat.

“FPR 2024 merupakan inisiatif Adira Finance dalam rangka HUT ke-34, bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan mitra strategis yang bertujuan mendukung keberlanjutan pasar tradisional melalui rangkaian kegiatan pemberdayaan, edukasi, kesehatan, kesenian dan budaya guna mendorong pasar rakyat yang berdaya saing dan SEJAHTERA (Sehat-Hijau-Bersih-Terawat). Hal ini sejalan dengan visi Adira Finance yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan.” ujar Handi, Head of Regional SSD Jabodetabek Adira Finance.

Senada dengan Adira Finance, Merci Santi Adriani, Syariah Funding Business Head, Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon Syariah) mengatakan “Danamon melalui Unit Usaha Syariah mendukung program Festival Pasar Rakyat (FPR) yang digagas oleh Anak Perusahaan kami, Adira Finance. Danamon Syariah turut hadir tidak hanya mendukung usaha para pedagang, tetapi juga merupakan salah satu upaya kami untuk secara berkesinambungan memberikan jasa layanan perbankan syariah dari berbagai kalangan sesuai kebutuhan nasabah.

Pada kesempatan ini, kami melakukan edukasi dan literasi Haji kepada para pedagang pasar. Salah satunya memperkenalkan produk Tabungan Rencana Haji, dimana para pedagang dapat melakukan perencanaan keuangan untuk dapat mewujudkan niat suci beribadah Haji, serta Tabungan Wadiah yang memudahkan transaksi sehari-hari.”

Zurich Syariah juga turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan FPR 2024. Direktur Sales and Distribution, Auralusia Rimadiana, PT Zurich General Takaful Indonesia, mengungkapkan, “Zurich Syariah menyambut kolaborasi ini untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat, meningkatkan inklusi dan literasi asuransi di Indonesia yang menargetkan pedagang serta masyarakat di sekitar pasar tradisional.”

Acara FPR mencakup kegiatan edukasi keuangan, digitalisasi pasar, dan Asistensi Sertifikasi Halal. Lebih lanjut, kegiatan Asistensi Sertifikasi Halal merupakan bagian dari proses sertifikasi halal yang kami berikan kepada 34 pedagang pasar. Sebanyak 20 pedagang mengikuti proses sertifikasi self declare dan 14 pedagang lainnya menjalani proses long term check. Sertifikat halal ini diperlukan pedagang untuk dapat memberikan jaminan kepada konsumen bahwa produk yang mereka jual sesuai dengan standar kehalalan yang ditetapkan oleh pemerintah, serta meningkatkan daya saing produk di pasar rakyat.

Sebagai bentuk inisiatif meningkatkan daya tarik pengunjung pasar dan mendukung pasar rakyat menjadi ruang publik yang kreatif, kami hadirkan area atau spot mural. Mural ini menampilkan gambar yang mencerminkan kehidupan sehari-hari warga setempat, termasuk aktivitas perdagangan di pasar, keindahan alam sekitar, serta gerakan sosial untuk mewujudkan pasar SEJAHTERA bersama #SahabatPasarRakyat.

Hari pertama pelaksanaan FPR Rangkasbitung (7 September 2024) dipenuhi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan pedagang pasar, pengunjung, anak sekolah, mitra bisnis hingga masyarakat setempat, di antaranya:

●     Literasi Keuangan untuk Pedagang Pasar, yang bertujuan memberikan pemahaman lebih dalam mengenai pengelolaan keuangan, strategi peningkatan modal, dan akses terhadap layanan keuangan yang dapat mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah.

●     Pameran Inklusi Keuangan Syariah, untuk meningkatkan pemahaman dan akses masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan syariah.

“Dalam rangka mendukung inklusi keuangan syariah dan memperluas akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan asuransi berbasis syariah, Adira Finance bersama Danamon Syariah dan Zurich Syariah menghadirkan pameran yang bertujuan memperkenalkan berbagai produk, diantaranya pembiayaan umrah, tabungan haji (RTJH dan TRH), tabungan wadiah, asuransi microinsurance dan dana darurat.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam setiap produk dan layanan, kami berkomitmen untuk menciptakan dampak sosial yang positif yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi tetapi juga membawa keberkahan bagi masyarakat luas.” ujar Yusron selaku Head of Syariah Adira Finance.

Berbagai penawaran menarik dihadirkan oleh Adira Finance. Untuk pengunjung yang mengajukan kredit motor akan mendapatkan penawaran diskon hingga Rp 7 juta dan potongan cicilan 2 bulan untuk merek tertentu.

Untuk kredit e-bike (sepeda listrik), tersedia penawaran cukup bayar Rp 100 ribu untuk merek Viar, serta bunga spesial 2,85% dan biaya admin Rp 200 ribu untuk merek Uwinfly. Untuk pengajuan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB kendaraan akan mendapatkan cashback Rp 300 ribu. Untuk konsumen yang mengajukan pembiayaan umroh akan mendapatkan cashback uang saku senilai Rp 1 juta dan tambahan Rp 100 ribu adirapoin.

●     Simbolisasi sertifikasi halal, untuk memastikan para pedagang pasar memiliki standar kualitas terhadap kehalalan produk yang dapat memberi nilai tambah bagi produk yang dijual.

●     Simbolisasi Revitalisasi dan Penghijauan, guna meningkatkan kesadaran dan mendorong partisipasi aktif untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman melalui kegiatan revitalisasi pasar serta donasi pohon yang dapat berperan sebagai pengusir lalat dan serangga alami.

●     Uji Emisi dan Test Ride, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kualitas udara dan mendukung penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

●     Layanan Kesehatan Gratis, berupa cek tekanan darah (tensi darah), gula darah, kolesterol, dan asam urat untuk memastikan kesehatan para pedagang.

●     Generasi Anak Sayang Pasar, merupakan program yang mengajak anak-anak SD untuk mengunjungi pasar, di mana mereka akan mengikuti kegiatan yang menyenangkan dan mendidik, seperti sesi dongeng dan mewarnai.

●     Lomba Fashion Show Anak Pasar, ajang kompetisi yang terbuka untuk umum dengan tema Daur Ulang Dalam Gaya. Kegiatan ini menginspirasi peserta dan pengunjung untuk mengembangkan kreativitas sekaligus mendukung gerakan ramah lingkungan di tengah masyarakat melalui pakaian yang berasal dari produk daur ulang.

●     Musik Hiburan dan Pertunjukan Seni Budaya, untuk menghibur masyarakat dan melestarikan kekayaan budaya lokal dengan berbagai kegiatan yang menampilkan pertunjukan seni dan budaya daerah serta penampilan komunitas lokal.

Zummi, salah satu pengunjung pasar, menyampaikan, "Acara ini benar-benar membuat suasana pasar jadi lebih hidup dan menarik. Selain bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari, saya dan keluarga juga menikmati berbagai kegiatan, seperti pertunjukan seni tradisional dan mural yang indah. Fasilitas seperti toilet dan mushola juga terlihat lebih bersih dan nyaman, membuat pengalaman di pasar jadi lebih menyenangkan."

Pameran inklusi keuangan syariah, uji emisi & test ride, layanan kesehatan gratis serta musik hiburan masih ada di hari ke-2 pelaksanaan FPR Rangkasbitung (8 September 2024). Tidak hanya itu, beberapa aktivitas menarik lainnya kami hadirkan, seperti:

●     Zumba dan bersih-bersih pasar, yang diikuti oleh banyak karyawan dan pelaku usaha di pasar rakyat, serta masyarakat sekitar sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan.

●     Edukasi Safety Riding, Kesehatan dan Sayang Bumiku, sebagai upaya meningkatkan keselamatan, kualitas hidup dan kesadaran lingkungan.

●     Literasi Digitalisasi Pasar yang membantu pedagang pasar dalam mengelola dan mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan media sosial, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak pelanggan.

●     Lomba Masak dengan mengangkat tema Kreasi Rasa Lokal: Adu Rasa, Adu Bakat.

●     Berbagai kuis berhadiah yang sayang untuk dilewatkan.

Orok Sukmana, S.Sos selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab Lebak, Banten mengatakan “Kami apresiasi terdapat penyelenggaraan FPR 2024 di Pasar Rangkasbitung. Kegiatan ini menjadi salah satu contoh nyata bagaimana sektor swasta dan pemerintah dapat bersinergi dalam mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan di daerah, khususnya pasar rakyat. Kami percaya melalui berbagai program yang FPR hadirkan, para pedagang akan semakin siap untuk bersaing di era modern, baik dari segi kualitas produk maupun layanan. Kegiatan ini juga selaras dengan visi pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan pedagang dan memperbaiki fasilitas pasar.”

Untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mendukung gerakan #SahabatPasarRakyat, kami menyelenggarakan Kompetisi Video #SahabatPasarRakyat yang berlangsung mulai 31 September - 20 Desember 2024. Kompetisi dengan total hadiah jutaan rupiah ini terbuka untuk umum. Syarat dan ketentuan dapat di cek pada adira.id/e/kompetisivideo-fpr24.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Lebak, Banten untuk berpartisipasi dalam FPR 2024 di Pasar Rangkasbitung tanggal 7-8 September 2024. Mari kita dukung ekonomi lokal, tingkatkan daya saing pasar tradisional, dan jadilah bagian dari perubahan positif untuk pasar rakyat yang lebih baik,” tutup Handi.

Sebagai informasi, pembiayaan baru Adira Finance wilayah Jabodetabek per Juni 2024 tercatat sebesar Rp5,1 triliun. Segmen sepeda motor berkontribusi sebesar 45% dari total pembiayaan baru di Jabodetabek, diikuti oleh segmen mobil sebesar 33%, dan segmen non-otomotif sebesar 22%. Secara keseluruhan, Area Jabodetabek berkontribusi sekitar 25% dari total pembiayaan baru Adira Finance.

Tentang Adira Finance

PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) didirikan pada tahun 1990, awalnya beroperasi sebagai perusahaan pembiayaan mobil, kemudian pada tahun 1997 melebarkan sayap ke pembiayaan sepeda motor. Pada tahun 2004, Adira Finance telah mencatatkan saham di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan kemudian diakuisisi oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (Bank Danamon). Saat ini, kepemilikan Bank Danamon di perusahaan adalah 92,07%. Sebagai anak perusahaan Bank Danamon, Adira Finance merupakan bagian dari MUFG Group yang merupakan salah satu bank terbesar di dunia.

Adira Finance telah menjadi Perusahaan terkemuka di bidang pembiayaan yang melayani berbagai merek dan produk. Perseroan menyediakan solusi keuangan sesuai dengan siklus hidup pelanggan, mulai dari otomotif (mobil dan motor), alat berat, sepeda listrik, pembiayaan umrah, hingga pinjaman dana tunai tunai dengan jaminan BPKB. Untuk simulasi kredit silakan kunjungi adira.id/e/mpl2024 dan pengajuan kredit silakan kunjungi adira.id/e/mpl2024-form.

Adira Finance memiliki 476 jaringan usaha yang terdiri dari kantor cabang dan kantor perwakilan di seluruh Indonesia. Untuk pengalaman transaksi real-time, mudah, aman, dan nyaman, Adira Finance menyediakan aplikasi layanan pelanggan digital Adiraku.

Saat ini Adira Finance memegang Peringkat idAAA dari PEFINDO, dan peringkat kredit internasional BBB dari Fitch dan Baa1 dari Moodys. Peringkat BBB dari Fitch merupakan peringkat investment grade yang setara dengan sovereign rating Indonesia sedangkan peringkat Baa1 dari Moody's lebih tinggi dari sovereign rating Indonesia. Adira Finance melayani 2 juta pelanggan aktif di seluruh Indonesia dengan total piutang yang dikelola sebesar Rp 55,7 triliun (2023).

Tentang Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada tahun 1956, dan saat ini mengelola aset konsolidasi sebesar Rp232 triliun dengan anak perusahaannya, Adira Finance. Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG, dan 7,53% lainnya dimiliki oleh publik. Dalam melayani nasabah dari semua lini bisnis yaitu Retail, Usaha Kecil dan Menengah, serta Korporasi, Danamon didukung oleh jaringan distribusi sebanyak 836* kantor cabang konvensional dan unit Syariah, serta kantor cabang dan jaringan bisnis grup perusahaan Danamon di Indonesia.

Danamon, didukung oleh jaringan global dan lokalnya, bersama MUFG sebagai perusahaan induk yang merupakan salah satu grup jasa keuangan terbesar di dunia, memperkokoh kompetensinya melalui kehadiran jaringan Bank mitra global MUFG yaitu Vientin Bank di Vietnam, Security Bank di Filipina, dan Krungsri Bank di Thailand.

Danamon juga diperkuat oleh jaringan lokal dari grup perusahaannya yaitu Adira Finance, Home Credit Indonesia, Mandala Finance, dan Zurich Asuransi Indonesia, serta mitra strategisnya, berkomitmen untuk terus bertransformasi sebagai Satu Grup Finansial, guna menjadi mitra keuangan terpercaya yang selalu berorientasi pada pelanggan dan terus berinovasi, demi memenuhi kebutuhan pemegang saham, nasabah, karyawan, dan regulator dengan menghadirkan solusi finansial menyeluruh agar dapat tumbuh bersama.

Bersama MUFG, grup perusahaan serta mitra strategisnya, Danamon memiliki kekuatan untuk melayani setiap bagian rantai pasok keuangan dalam memberikan dukungan finansial menyeluruh di berbagai sektor. Danamon hadir bersama Adira Finance dan Mandala Finance untuk memajukan ekosistem otomotif di Indonesia melalui pembiayaan untuk beragam merek dan produk kendaraan konvensional dan listrik, dengan akses layanan yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Bersama Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi dengan jangkauan mitra toko yang tersebar di 221* kota di Indonesia, Danamon memberikan kelegaan dalam membangun masa depan.

Sementara, bersama Zurich Asuransi Indonesia sebagai penyedia jasa asuransi terkemuka, Danamon menunjukkan komitmennya untuk melindungi seluruh pemangku kepentingan. Danamon bersama grup perusahaan dan mitra strategisnya juga turut hadir melengkapi kemudahan nasabah dalam bertransaksi.

Didasari oleh visi “Kami Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan”, Danamon dan grup perusahaan serta mitra strategisnya menyadari pentingnya aspek keberlanjutan sebagai bagian tak terpisahkan dari pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, Danamon senantiasa berupaya untuk melakukan berbagai upaya progresif menuju keuangan berkelanjutan dan mencapai Net Zero Carbon Emission dengan berpartisipasi dalam berbagai inisiatif pengembangan ekonomi hijau dan berkelanjutan di Tanah Air.

Danamon juga telah terlibat dalam Bursa Karbon sebagai upaya untuk mendukung transisi ke energi terbarukan, dan melakukan berbagai inisiatif dekarbonisasi seperti implementasi penggunaan Panel Surya, Lampu LED, dan EV charging stations di gedung-gedung Danamon, serta peremajaan lingkungan hidup melalui penanaman pohon bakau.

Selain itu, dalam menjalankan bisnis serta untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misinya, Danamon menjunjung tinggi nilai perusahaan “BISA”, yang harus diterapkan oleh seluruh karyawan, manajemen, direksi, dan komisaris Danamon. Nilai-nilai tersebut meliputi Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani, dan Adaptif.

Berbagai upaya yang dilakukan Danamon telah membuahkan pengakuan dari berbagai lembaga yang diakui masyarakat, baik di dalam maupun di luar negeri. Misalnya, sepanjang tahun 2024, Danamon mendapatkan penghargaan “Best Retail Bank Indonesia” pada Retail Bank International Asia Trailblazer 2024 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, “The 3rd Most Satisfying KBMI 3 Bank in Teller Service” pada Infobank Satisfaction, Loyalty, and Engagement Awards 2024, “Best Companies to Work for in Asia 2024” pada HR Asia Award 2024, serta sejumlah penghargaan lainnya, yang merupakan bentuk apresiasi atas keunggulan produk dan layanan finansial Danamon bagi seluruh nasabahnya.

*) Data per 30 Juni 2024

Tentang Zurich

Zurich Insurance Group (Zurich) adalah perusahaan asuransi multi-lini terkemuka yang melayani Nasabah dan bisnis di lebih dari 200 negara dan wilayah, sejak 150 tahun lalu. Sejalan dengan tujuannya untuk ‘mewujudkan masa depan yang lebih baik, bersama', Zurich bercita-cita untuk menjadi salah satu bisnis yang paling bertanggung jawab dan berdampak di dunia.

Zurich Indonesia melayani nasabah pada segmen asuransi umum serta asuransi jiwa melalui PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), dan PT Zurich Topas Life (Zurich Life). ZAI menyediakan produk dan layanan asuransi umum konvensional. Zurich Syariah memberikan layanan asuransi umum berbasis syariah. Zurich Life menawarkan produk perlindungan dan perencanaan keuangan yang komprehensif melalui jaringan distributor (agen dan mitra bank).

Baca Juga: Adira Finance Catat Pembiayaan Kendaraan Listrik Hingga Juli 2024 Masih Mini

Selanjutnya: Simak Proyeksi IHSG untuk Senin (9/9) Besok

Menarik Dibaca: Cara Hemat Air Meski Mencuci dengan Mesin Cuci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved