December
05
2022
     20:34

89 Tahun Perjalanan Unilever Indonesia Bertumbuh dan Berbagi Kebaikan Bersama

89 Tahun Perjalanan Unilever Indonesia Bertumbuh dan Berbagi Kebaikan Bersama
ILUSTRASI. Sesi foto bersama dalam acara Webinar Hari Jadi Unilever Indonesia ke-89 Pengumuman 100 Finalis Every U Does Good Heroes 2022.

Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Unilever Indonesia, Tbk. hari ini memperingati hari ulang tahunnya yang ke-89 dengan tema “89 Years Growing with U and Indonesia”. Tema ini menggambarkan perjalanan panjang Unilever Indonesia yang selalu diiringi dengan komitmen dan harapan untuk terus bertumbuh bersama setiap U – kamu, konsumen, keluargamu, komunitasmu, lingkunganmu dan seluruh lapisan masyarakat – menuju masa depan bangsa yang lebih baik. 

Sejalan dengan tema tersebut, di hari yang istimewa ini, 100 finalis “Every U Does Good Heroes 2022” resmi diumumkan; mereka adalah anak-anak muda, para pahlawan masa kini yang siap bertumbuh dan berkolaborasi dengan Unilever Indonesia untuk menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif.

Bagi Unilever Indonesia, angka 89 memiliki arti yang istimewa: angka 8 merepresentasikan tekad, fokus, tanggung jawab dan dedikasi, sementara 9 menyimbolkan cinta. Selama 89 tahun, Unilever Indonesia terus fokus menghadirkan produk dan inovasi yang tidak hanya berkualitas namun juga memberikan kebaikan; menjalankan bisnis dengan penuh tanggung jawab; hingga berdedikasi membuktikan cinta pada tanah air dengan terus tumbuh bersama Indonesia dan memberikan dampak kebaikan pada lingkungan dan masyarakatnya.

Kristy Nelwan, Head of Communication PT Unilever Indonesia, Tbk. menjelaskan, “Unilever Indonesia yakin bahwa dunia bisnis selayaknya mampu menjadi bagian dari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi dunia. Untuk itu, sebagai perusahaan yang purpose-led dan future-fit, kami senantiasa menjalankan bisnis berlandaskan purpose untuk memberikan kebaikan bagi lingkungan ataupun masyarakat sehingga mampu untuk terus relevan, bertahan dan berkompetisi di masa depan.”

“Selain berkomitmen menjadi perusahaan yang purposeful, Unilever percaya bahwa brand with purpose grow, dan people with purpose thrive. Untuk itu, seluruh brand kami memiliki purpose kuat untuk memberikan dampak kebaikan, dan tak kalah penting, kami juga terus mendorong masyarakat untuk menjadi lebih purposeful – antara lain dengan menjadi konsumen yang lebih bijak dan kritis saat memilih brand, dan memulai aksi-aksi nyata untuk berkontribusi terhadap Indonesia yang lebih baik,” lanjut Kristy.

Guna mendorong lebih banyak masyarakat, khususnya generasi muda, untuk mewujudkan purpose dan berkontribusi dalam memberikan kebaikan, tahun Unilever Indonesia kembali menghadirkan program “Every U Does Good Heroes” untuk menemukan sosok-sosok pahlawan masa depan yang memiliki ide dan program yang sejalan dengan tiga pilar kebaikan yang diusung melalui strategi “The Unilever Compass”, yaitu: Membangun planet yang lebih lestari; Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat; dan Berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Pencarian “Every U Does Good Heroes 2022” telah dilaksanakan sejak awal November lalu. Setelah proses seleksi, hari ini telah diumumkan 100 finalis dengan purpose dan program yang paling relevan dan berpotensi untuk berkembang. Keseratus finalis ini terdiri dari 54 laki-laki dan 46 perempuan yang berasal dari berbagai daerah mulai dari Jabodetabek, pulau Jawa, Sumatera, Lombok, Bali, hingga Maluku; menunjukkan kesetaraan kepedulian milenial dan     Gen-Z Indonesia – lintas gender maupun wilayah – untuk memperjuangkan isu-isu lingkungan dan sosial.

Kristy menerangkan, “Selanjutnya, mereka akan mendapatkan rangkaian mentoring yang dikemas dalam bentuk online summit di bulan Januari ini. Seluruh finalis akan mendapatkan berbagai ilmu dan pengalaman yang tidak hanya mempertajam kepedulian mereka terhadap isu sosial dan lingkungan, namun juga membentuk mereka menjadi sociopreneurs yang tangguh. Diharapkan nantinya ide dan program mereka akan memiliki skalabilitas yang baik dan memberikan dampak yang berkelanjutan.”

Serangkaian modul telah dipersiapkan untuk mencakup topik dan materi penting seputar sociopreneurship, terdiri dari:
•    How to create an Impactful Movement (oleh mentor Mohamad Bijaksana Junerosano – Pendiri Waste4Change dan Greeneration Indonesia)
•    Sustaining an Impactful Business (oleh mentor Gita Syahrani – aktivis climate change dan Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari )
•    Collaboration Strategy (oleh mentor Amadeus Driando Ahnan-Winarno – Co-Founder Indonesian Tempe Movement)
•    Funding Strategy (oleh mentor Ayu Kartika Dewi – Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder toleransi.id), dan
•    Mindset and Resilience (oleh mentor Nicky Clara – Disability Womanpreneur)
•    How to Build & Strengthen your Brand (oleh Unilever Indonesia)
•    Pitching and Presentation (oleh Christopher Tobing – Praktisi komunikasi)
•    Business Plan Sharing (oleh tiga pemenang “Every U Does Good Heroes 2021”)

Setelah proses mentoring dan penjurian, di akhir program akan terpilih 10 (sepuluh) sosok “Every U Does Good Heroes 2022” yang masing-masingnya berhak mendapatkan micro grant sebesar Rp50 juta dari Unilever Indonesia untuk mengembangkan gerakan atau program mereka.

 “Keseluruhan program ‘Every U Does Good Heroes’ menjadi pengejawantahan prinsip ‘Heroes Grow Heroes’ yang ingin kami kedepankan, dimana kami percaya bahwa regenerasi untuk terus menumbuhkan bibit-bibit pahlawan di bidang lingkungan dan sosial di masa depan menjadi hal yang penting untuk terus dipupuk dan didukung. Selamat bagi keseratus finalis, dan sampai jumpa di sesi EUDG Heroes Summit!” tutup Kristy.

Tentang Unilever

Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, dan produk Makanan dan Minuman yang produknya digunakan oleh 2.5 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara.

Unilever memiliki total kurang lebih 149,000 karyawan dan secara global pada tahun 2021 berhasil membukukan penjualan sebessar €50.7 juta. Lebih dari separuh bisnis Unilever ada di negara maju dan berkembang. Kami memiliki total kurang lebih 400 brands di dunia termasuk brand seperti Dove, Lifeboy, Knorr, Magnum, Rinso dan brand lain seperti Beauty & Planet, Hourglass, Seventh Generation dan The Vegetarian Butcher.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2022, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp31,5 triliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp20,8 triliun dan Rp10,7 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp4,6 triliun.

Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit). Kami memiliki rekam jejak yang panjang sebagai perusahaan yang progesif dan bertanggung jawab. Rekam jejak ini dimulai pada saat pendiri kami, William Lever, 100 tahun yang lalu memperkenallkan sabun pertama yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, yaitu sabun Sunlight. Purpose atau tujuan mulialah yang menjadi jantung dari bisnis kami hingga hari ini.

‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggug jawab, hal ini termasuk:

•    Meningkatkan kesehatan planet
•    Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta
•    Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif

Meskipun masih banyak hal yang harus kami lakukan, kami bangga telah diakui pada tahun 2020 sebagai pemimpin sektor dalam Indeks Keberlanjutan Dow Jones dan - selama sepuluh tahun berturut-turut - sebagai perusahaan dengan peringkat teratas dalam survei Pemimpin Keberlanjutan GlobeScan / SustainAbility 2020.

Baca Juga: Glow & Lovely Kembali Dukung Pendidikan Tinggi 60 Perempuan Indonesia lewat Beasiswa

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved