June
05
2023
     10:02

5 Tipe Konten Tingkatkan Engagement Menurut Marketing Coach Oky Andri & Ninja Xpress

5 Tipe Konten Tingkatkan Engagement Menurut Marketing Coach Oky Andri & Ninja Xpress
ILUSTRASI. Ada 5 tipe konten populer menurut Oky Andries dan Ninja Xpress yakni dance challenge, tutorial, hiburan & komedi, fakta atau informasi serta reaksi dan komentar.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Istilah content is king tentu sudah tidak asing lagi. Konten dianggap sebagai aset penting yang harus diperhatikan untuk berbagai kebutuhan, seperti branding maupun advertising. Kini, berbagai jenis konten banyak bermunculan dan menjadi viral di tahun ini. Agar bisa menarik perhatian, konten perlu dibuat semenarik mungkin sehingga dapat meningkatkan engagement rate atau interaksi audiens (seperti like, komentar, dan share) terhadap suatu konten. Untuk mengetahui tipe konten populer di berbagai platform media sosial, Marketing coach Oky Andries dan Ninja Xpress mengungkapkan konten populer apa saja  yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement.

Oky Andries sebagai marketing coach yang telah berpengalaman menangani berbagai macam brand dan membantu lebih dari 29.000 pengusaha untuk sukses mengatakan, "Perkembangan konten di dunia bisnis yang semakin beragam dan populer, mendorong pelaku usaha untuk terus update dengan trend konten saat ini. Selain itu, pelaku usaha juga dituntut kreatif dalam membuat konten yang menarik agar mampu bersaing di era digital."

Untuk membuat konten menarik ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti memiliki relevansi dengan audiens, memiliki kreativitas tinggi, bersifat informatif, dan mampu melibatkan emosi para audiens. Dari sekian banyak konten yang viral di tahun ini, berikut 5 tipe konten populer menurut Oky Andries dan Ninja Xpress.

1.Dance Challenge

Konten Dance Challenge awalnya dibuat oleh para konten kreator. Konten ini dengan cepat menyebar dan menarik perhatian audiens. Dance challenge melibatkan serangkaian gerakan menari yang rumit, membuat audiens tergoda untuk mencobanya sendiri.

Selain para konten kreator, pelaku usaha yang memiliki media sosial di TikTok turut mengikuti dance challenge demi mengikuti tren media sosial. Sebagai contoh, Share It berhasil meningkatkan brand awareness mereka melalui kampanye dance challenge di TikTok, yang meningkatkan engagement dari audiens dan target market.

2.Tutorial

Konten tutorial juga menjadi salah satu jenis konten yang menarik perhatian audiens. Hampir 83% pengguna media sosial lebih menyukai konten tutorial dalam bentuk video. Konten tutorial memberikan panduan tentang cara membuat, menggunakan, atau melakukan sesuatu dengan cara yang jelas dan informatif.

3.Hiburan & Komedi

Konten hiburan dan komedi juga menjadi favorit audiens di berbagai platform media sosial. Konten ini ringan dan menghibur, mencakup lip sync, meme, sketsa komedi, dan prank. Kreator juga dapat menggunakan filter unik dan lucu pada media sosial masing-masing untuk menghibur audiens.

4.Fakta atau Informasi

Konten berupa fakta atau informasi juga tetap diminati di media sosial. Bersamaan dengan tujuan penggunaan media sosial, yakni untuk menyampaikan informasi, konten edukatif menjadi suatu hal yang seringkali membuat orang-orang merasa penasaran. Konten edukatif yang disajikan dalam durasi singkat mampu menarik perhatian dan ketertarikan audiens.

Contoh konten ini adalah tentang ide-ide kencan yang sering dicari oleh audiens. Seringkali para pengguna media sosial mencari-cari informasi mengenai suatu topik di internet dan juga media sosial. Pelaku usaha dapat menggunakan konten edukatif sebagai sarana promosi di media sosial.

5.Reaksi dan Komentar

Terakhir, konten reaksi dan komentar juga menjadi salah satu jenis konten yang digemari audiens belakangan ini. Konten jenis ini disukai karena rasa penasaran audiens terhadap respon atau pemikiran dari seorang kreator terhadap topik-topik yang sedang trending atau viral. Kreator memberikan reaksi unik dan memiliki ciri khas, sehingga dapat menarik banyak audiens.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengungkapkan, "Dalam era digital saat ini, pelaku usaha perlu memahami tipe-tipe konten populer untuk memaksimalkan efektivitas kampanye pemasaran mereka. Dengan memanfaatkan tipe-tipe konten ini secara efektif, pelaku usaha dapat menghadirkan pengalaman yang menarik, relevan, dan berharga bagi konsumen. Dalam hal ini, Ninja Xpress bersama para ahli siap membantu memberikan edukasi kepada pelaku usaha untuk terus bertumbuh dan meningkatkan penjualan mereka."

Untuk memudahkan dalam membuat konten menarik, Ninja Xpress memiliki layanan Creative Business Solution, yang memfasilitasi pelaku UKM agar dapat membuat foto dan video produk yang bisa digunakan untuk mendukung konten menjadi viral. Foto dan video produk yang dibuat ditangani langsung oleh photografer dan videografer profesional, serta akan diproduksi menggunakan tema yang menarik dan didukung model profesional.

Tentang Ninja Xpress

Ninja Xpress adalah perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Hadir sejak tahun 2015, Ninja Xpress memberikan pilihan layanan regular, same day, hingga COD ke 100% Wilayah Indonesia. Layanan pengiriman ini juga didukung dengan layanan konsumen yang profesional melalui Respons Cepat dan Resolusi Tepat.

Ninja Xpress juga selalu #SiapBantuSampaiTujuan mengantarkan sukses bagi pelaku UKM lokal dengan menghadirkan berbagai program yang siap mendukung perkembangan bisnis UKM lebih cepat dan strategis melalui Ninja Xpress seller booster yang terdiri dari Point Rewards, Creative Hub, KOL, Ninja Direct, hingga Ninja Fulfillment.

Baca Juga: Ninja Xpress & Beri Harapan Indonesia Gelar A Box of Hope Ajak Daur Ulang Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved