April
18
2024
     19:57

4 Tips Mengembalikan Tidur yang Berkualitas

4 Tips Mengembalikan Tidur yang Berkualitas
ILUSTRASI. Nutritionist Herbalife Indonesia & Anggota Dietetic Advisory Board (DAB) Herbalife, Aria Novitasari mengatakan kebanyakan orang sudah familiar dengan pengaruh pola makan sehat dan gaya hidup aktif terhadap kesehatan fisik mereka, namun memiliki pola tidur yang baik, tidak pernah mendapatkan perhatian.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Mengembalikan pola tidur selama bulan puasa kemarin perlu diperhatikan. Sebab, ada sejumlah hal yang akan berubah saat seseorang berpuasa. Mulai dari perubahan pola makan, metabolisme, hingga perubahan jam tubuh yang terkait waktu tidur. Perubahan pola tidur akan berdampak pada kesehatan. Untuk menghindari hal tersebut, perlu dilakukan sedikit modifikasi dalam pola tidur agar aktivitas tetap berjalan dengan normal.

Nutritionist Herbalife Indonesia & Anggota Dietetic Advisory Board (DAB) Herbalife, Aria Novitasari mengatakan kebanyakan orang sudah familiar dengan pengaruh pola makan sehat dan gaya hidup aktif terhadap kesehatan fisik mereka, namun memiliki pola tidur yang baik, tidak pernah mendapatkan perhatian. Mulai dari usia muda, kita semua pernah begadang untuk menonton film atau sepakbola, begadang semalaman untuk bekerja atau belajar, atau bahkan begadang diluar rumah hanya karena kita bisa.

“Meningkatkan durasi dan kualitas tidur sangat penting untuk beradaptasi dengan tuntutan hidup. Kurang tidur karena perubahan waktu, perjalanan, dan stres adalah hal yang biasa terjadi, sehingga penting untuk mengetahui cara mengembalikan dengan cepat dan mendapatkan pola tidur yang baik. Teruslah membaca untuk mendapatkan informasi penting tentang pentingnya tidur dan faktor-faktor yang dapat meningkatkannya,” ungkap Aria.

Namun Pertama, Mengapa Tidur Penting

Tidur sangat penting untuk hampir setiap proses tubuh dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mental dan fisik. Masih bertanya-tanya mengapa kita harus menjadikan tidur sebagai prioritas?

Tidur itu penting karena:

·         Membantu fungsi otak, termasuk kognisi, konsentrasi, produktivitas, dan kinerja

·         Dapat berperan dalam mempertahankan atau menurunkan berat badan, serta memaksimalkan performa kebugaran

·         Mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat

·         Memengaruhi kemampuan untuk mengatur emosi

1. Makanlah dengan Baik untuk Tidur yang Nyenyak

Tahukah Anda bahwa apa dan kapan Anda makan dapat memengaruhi tidur Anda? Sebaiknya hindari makanan berat tepat sebelum waktu tidur, serta kafein, makanan asam, pedas, manis, atau tinggi lemak.

Tentu saja, setiap orang berbeda, tetapi mengonsumsi jenis minuman atau makanan ini pada malam hari dapat membuat kebanyakan orang gelisah karena sistem pencernaan mereka bekerja untuk memproses semuanya.

Sebagai gantinya, cobalah hal berikut untuk memaksimalkan tidur malam Anda:

·         Makan makanan berat Anda saat makan siang

·         Pertahankan pola makan yang seimbang dan padat nutrisi

·         Untuk anak-anak sebaiknya membatasi asupan gula

·         Untuk orang dewasa sebaiknya membatasi konsumsi kafein di sore dan malam hari, menggantinya dengan secangkir teh herbal yang menenangkan

2. Berolahraga untuk Tidur yang Lebih Baik

Kurangnya olahraga juga dapat menyebabkan siklus sulit tidur yang bermasalah. Sedikit atau tidak ada gerakan sama sekali dapat meningkatkan stres, sehingga membuat Anda sulit tidur. Pada gilirannya, kesulitan tidur itu membuat sulit untuk aktif karena kelelahan di siang hari. Dari situ, siklus itu berlanjut.

Karena banyak sekali manfaat yang didapat dari olahraga, cobalah untuk menggerakkan tubuh Anda setiap hari. Untuk mendapatkan istirahat yang lebih baik, olahraga sederhana dengan intensitas sedang seperti berjalan kaki dan yoga akan sangat membantu. Anak-anak tentunya harus menikmati waktu bermain setiap hari, dan berjalan-jalan bersama keluarga hanyalah salah satu cara Anda dapat memperoleh manfaat dari bergerak bersama.

3. Praktikkan Kebersihan Tidur yang Baik

Penasaran apa itu kebersihan tidur? Ini berarti menciptakan lingkungan dan mengikuti rutinitas yang mendorong tidur nyenyak dan konsisten. Kebersihan tidur merupakan hal yang penting bagi semua orang, namun anak-anak dan orang dewasa akan mendapatkan manfaat paling besar, karena hal ini akan mempersiapkan mereka untuk meraih kesuksesan sepanjang hidup.

·         Tetapkan jadwal: Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, karena ini menciptakan ritme tidur yang efisien

·         Istirahat sebelum tidur: Berikan diri Anda dan anak-anak waktu 30 menit hingga satu jam untuk mengambil bagian dalam aktivitas yang menciptakan keadaan tenang sebelum tidur (misalnya, meditasi, membuat jurnal, membaca, mendengarkan musik yang menenangkan, dll.)

·         Menjaga kamar tidur: Lingkungan sejuk, gelap, tenang dan bebas gangguan elektronik adalah yang terbaik untuk istirahat. Silakan matikan ponsel dan matikan TV.

·         Hindari tidur siang: Jika tidak dapat dihindari, pertahankan tidur siang selama 30 menit atau kurang agar tidak mengganggu tidur di malam hari.

4. Buat Rutinitas yang Bekerja untuk Seluruh Keluarga

Membuat rutinitas tidur untuk Anda dan keluarga dapat menciptakan ketertiban yang sehat. Hal ini menciptakan dinamika di mana “waktu tidur” dibagi ke seluruh anggota keluarga, sehingga kemungkinan besar memudahkan semua orang untuk tertidur. Ini juga akan membuat jadwal Anda dan keluarga yang sudah kacau menjadi lebih teratur. Pastikan untuk mempraktikkan rutinitas tidur baru hingga menjadi kebiasaan.

“Misalnya, sebuah keluarga bersiap untuk kembali dari liburan atau mudik lebaran, sehingga mengalami jet lag dan kembali bekerja dan sekolah. Mereka harus mulai menetapkan rutinitas tidur yang sesuai dengan jadwal masuk mereka sambil menggunakan tips di atas untuk menyesuaikan kembali dengan cepat. Jadwal tidur yang baik adalah alat yang ampuh untuk mencapai kesuksesan, jadi gunakanlah tips ini demi kesehatan dan kesejahteraan Anda dan keluarga,” tutup Aria.

Tentang Herbalife:

Herbalife (NYSE: HLF) adalah perusahaan kesehatan dan gaya hidup serta komunitas global terkemuka yang telah mengubah kehidupan masyarakat dengan produk nutrisi yang luar biasa dan peluang bisnis yang telah terbukti bagi member independen sejak tahun 1980. Perusahaan menawarkan produk-produk berkualitas tinggi yang didukung ilmu pengetahuan kepada konsumen di lebih dari 90 negara melalui member independen wirausaha yang menyediakan pelatihan individu dan komunitas pendukung yang menginspirasi pelanggan mereka agar merangkul gaya hidup yang lebih sehat dan lebih aktif untuk dapat menjalani kehidupan terbaik mereka.

Baca Juga: Komitmen Herbalife dalam Memberikan Edukasi Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved