September
15
2023
     14:00

3 Tips Jitu Gravel untuk Rencanakan Pembangunan Hunian Secara Optimal

3 Tips Jitu Gravel untuk Rencanakan Pembangunan Hunian Secara Optimal
ILUSTRASI. Georgi Ferdwindra Putra, Co-founder dan CEO Gravel mengatakan dengan perencanaan yang matang dan kerja sama tenaga konstruksi yang tepat, Anda dapat menciptakan hunian dengan memperhatikan tiga aspek ini tanpa terkecuali.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam proses pembangunan hunian, perencanaan yang matang dan persiapan yang cermat sangatlah penting. Hal ini diperlukan untuk memastikan proses pembangunan dari awal hingga akhir berjalan optimal. Penggunaan material dan tenaga kerja yang akan digunakan efisien, efektif, dan sesuai dengan anggaran serta jadwal yang telah ditetapkan.

Tentu saja banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika Anda ingin membangun hunian, mengingat hunian akan menjadi tempat bagi Anda dan keluarga untuk beraktivitas, apalagi tujuan kita membangun pasti untuk jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk memahami beberapa aspek utama yang harus diperhatikan dalam proses ini.

Pada prinsipnya sebuah hunian harus selalu mengedepankan aspek keamanan, kenyamanan, dan keindahan. Ketiga faktor ini tak bisa diabaikan dan sekaligus menjadi indikator dari sebuah hunian yang berkualitas. Oleh karena itu, memilih mitra konstruksi yang tepat juga menentukan hasil akhir pembangunan. Seperti yang disampaikan oleh Georgi Ferdwindra Putra, Co-founder dan CEO Gravel, "Dengan perencanaan yang matang dan kerja sama tenaga konstruksi yang tepat, Anda dapat menciptakan hunian dengan memperhatikan tiga aspek ini tanpa terkecuali."

Agar pembangunan hunian berjalan optimal simak 3 tips bangun hunian yang aman, nyaman, serta indah:

1.Analisis Letak Ruangan & Zonasi Hunian

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemetaan denah ruangan dan struktur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam proses ini, penting untuk mempertimbangkan analisis zonasi yang mencakup evaluasi terhadap cuaca, arah sinar matahari, arah angin, dan faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh pada kenyamanan di hunian Anda. Sebagai contoh, dengan memiliki pemetaan denah yang matang, Anda dapat dengan jelas menentukan letak pintu, jendela, dan elemen-elemen penting lainnya. Peletakan jendela sebaiknya memperhatikan arah angin, sehingga ruangan menjadi lebih nyaman dan terasa lebih sejuk sesuai dengan kondisi cuaca yang ada.

2,Perencanaan Penggunaan Material Bangunan

Langkah selanjutnya adalah melakukan diskusi mengenai pemilihan material bangunan. Gunakan material berkualitas karena biasanya semakin baik kualitas, semakin kuat daya tahannya. Bahan bangunan memiliki kisaran harga yang luas dan kualitas beragam, pilihlah yang sebanding antara kualitas dan harganya. Melihat dari sisi ini, Anda pun perlu juga untuk memperhatikan mekanisme belanja bahan bangunan.  

Hal lain yang juga  penting dipertimbangkan adalah menghindari penggunaan bahan material yang mengandung zat-zat berbahaya, seperti cat rumah berbasis timbal. Ada bahan material tertentu yang komponennya berpotensi berpotensi merugikan bagi kesehatan manusia, seperti asbes. Meskipun memiliki sifat isolasi yang baik, penggunaan asbes harus dipertimbangkan dengan matang agar tidak menimbulkan risiko kesehatan bagi penghuni hunian.

 3.Perencanaan Jenis dan Jumlah Tukang

Yang juga menjadi faktor penentu dalam mewujudkan hunian yang ideal, yaitu tenaga ahli yang profesional dan berpengalaman. Mulai dari arsitek, desain interior, kontraktor, sampai ke tukang bangunan. Mengapa pemilihan jasa tukang bangunan penting? Karena disinilah eksekusi untuk mewujudkan visi bangunan ada di tangan tukang bangunan.

Sebagian besar masalah serius dalam proyek pembangunan hunian seringkali disebabkan oleh eksekusi yang tidak tepat akibat kurangnya profesionalisme dari tukang bangunan yang terlibat. Jadi, penting untuk memilih tukang bangunan yang profesional, berpengalaman, bahkan lebih baik lagi jika memiliki sertifikasi konstruksi.

Memang tidak semua orang memiliki pemahaman yang cukup tentang dunia konstruksi. Padahal, proses konstruksi seperti pembangunan hunian memerlukan dana yang signifikan. Oleh karena itu, Gravel hadir dengan layanan Gravel Borongan, yang dirancang untuk membantu Anda mewujudkan hunian impian tanpa perlu menghadapi kerumitan.

Dengan layanan Gravel Borongan, proses perencanaan dan pembangunan hunian menjadi lebih sederhana dan mudah. Menurut Fredy Yanto, Co-founder dan CPO Gravel, "Tujuan kami dalam menyediakan layanan Gravel Borongan adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan jasa konstruksi namun kurang berpengalaman dalam dunia konstruksi. Kami siap bantu membangun dari nol, mempertemukan pelanggan dengan mitra konstruksi terbaik, mulai dari arsitek, kontraktor, toko bangunan sampai tukangnya. Pelanggan juga tidak perlu berhadapan dengan kerumitan teknis dan administrasi proyek. Semua Gravel Borongan yang kelola."

Untuk Anda yang membutuhkan jasa konstruksi yang aman dan terpercaya, layanan Gravel Borongan dapat diakses lewat aplikasi tukang bangunan Gravel, agar Anda bisa wujudkan rumah impian dengan tenang.

Tentang Gravel

Gravel merupakan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang konstruksi dengan misi membangun Indonesia dengan membangun manusianya. Fokus Gravel adalah menghubungkan para pencari dan penyedia tenaga kerja konstruksi dengan mudah, cepat, dan transparan melalui aplikasi Gravel. Hingga Juni 2023, Gravel telah berpartisipasi dalam lebih dari 6.000 proyek pembangunan dan renovasi bangunan, fasilitas umum dan infrastruktur di 20 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Gravel Berbagi Tips Menjaga Kualitas Udara di Rumah Atasi Polusi Udara Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved