April
16
2024
     20:54

AMD Perluas Portofolio PC AI Komersial Guna Berikan Kinerja Terdepan Mobile & Desktop

AMD Perluas Portofolio PC AI Komersial Guna Berikan Kinerja Terdepan Mobile & Desktop
ILUSTRASI. Hari ini (16/04/2024) AMD (NASDAQ: AMD) mengumumkan produk-produk baru yang akan memperluas portofolio PC AI mobile dan desktop komersialnya, memberikan produktivitas luar biasa serta pengalaman AI dan konektivitas premium kepada pengguna bisnis.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Hari ini, AMD (NASDAQ: AMD) mengumumkan produk-produk baru yang akan memperluas portofolio PC AI mobile dan desktop komersialnya, memberikan produktivitas luar biasa serta pengalaman AI dan konektivitas premium kepada pengguna bisnis. AMD Ryzen PRO 8040 Series baru adalah prosesor x86 tercanggih yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile.

Selain itu, AMD juga mengumumkan prosesor desktop AMD Ryzen PRO 8000 Series, prosesor desktop berkemampuan AI pertama untuk pengguna bisnis , yang dirancang untuk menghadirkan kinerja mutakhir dengan konsumsi daya rendah.    

Dengan AMD Ryzen AI yang dibenamkan pada model-model tertentu, AMD semakin memperluas kepemimpinan AI PC-nya . Dengan memanfaatkan CPU, GPU, dan unit pemrosesan saraf (NPU) on-chip khusus, prosesor baru bertenaga AI Ryzen menghadirkan kekuatan pemrosesan AI khusus yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya , dengan hingga 16 NPU TOPS (Triliun Operasi Per Detik) khusus dan hingga 39 total sistem TOPS.

PC komersial yang dilengkapi dengan prosesor baru berkemampuan AI Ryzen akan membantu mentransformasikan pengalaman pengguna, menawarkan kinerja generasi berikutnya untuk kolaborasi yang didukung AI, pembuatan konten, serta beban kerja data dan analitik.

Dengan tambahan teknologi AMD PRO, manajer TI dapat membuka fitur pengelolaan enterprise-grade untuk menyederhanakan operasi TI dan menyelesaikan penerapan PC lebih cepat di seluruh organisasi, fitur keamanan bawaan untuk pertahanan chip-ke-cloud dari serangan canggih, serta fitur keamanan yang belum pernah ada sebelumnya. stabilitas, keandalan, dan umur panjang platform untuk software perusahaan.        

“AMD menghadirkan portofolio teknologi AI terluas untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern. Seiring kami terus memperluas kepemimpinan AI PC kami, kami menghadirkan lebih banyak kekuatan dan efisiensi ke beragam desktop dan PC mobile,” kata Jack Huynh, senior vice president and general manager, Computing and Graphics Group, AMD.

“Prosesor seri PRO terbaru kami menetapkan standar baru untuk pengalaman komputasi premium dan membantu bisnis menerapkan kemampuan AI di PC mereka dengan kinerja dan keamanan terdepan.”      

Prosesor Mobile AMD Ryzen PRO 8040 Series Mendukung Laptop Profesional dan Workstation Mobile Performa Tinggi      
Ketika perusahaan berupaya menerapkan AI di seluruh armada PC mereka, prosesor mobile AMD Ryzen PRO 8040 Series menawarkan kinerja pemrosesan yang sangat efisien dan tanpa kompromi untuk beban kerja bisnis dan AI yang paling intensif. Prosesor ini memiliki delapan core berkinerja tinggi, teknologi 4nm canggih, dan arsitektur “Zen 4” yang menawarkan gabungan kinerja 30% lebih baik untuk aplikasi workstation mobile yang paling menuntut .

Dengan AMD Ryzen AI pada model tertentu dan grafis AMD RDNA 3 yang kuat terintegrasi pada chip, seri terbaru ini menghadirkan kinerja hingga 72% lebih kencang dan daya 84% lebih sedikit untuk konferensi video dengan atau tanpa mengaktifkan pengalaman AI dibandingkan Intel Core Ultra 7 165U.     Selain itu, PC yang bertenaga prosesor Ryzen PRO 8040 Series akan menjadi yang pertama menggunakan teknologi WiFi-7, menawarkan konektivitas mutakhir dan menetapkan standar industri baru.      

Di urutan teratas adalah AMD Ryzen 9 PRO 8945HS, dilengkapi dengan delapan core, 16 thread, cache 24MB, dan grafis Radeon 780M. Dirancang dengan kekuatan pemrosesan yang besar untuk aplikasi intensif sumber daya, dalam komputasi teknis, pembuatan konten multimedia, dan grafis diskrit, prosesor ini dapat menangani beban kerja yang menuntut grafis seperti rendering 3D, encoding video, dan pengeditan foto.     

Prosesor mobile Ryzen PRO 8040 Series baru diharapkan tersedia dari mitra OEM termasuk HP dan Lenovo mulai pada Q2, 2024.   

Model

Cores/Threads

Boost/ Base Frequency

Total Cache

cTDP

Ryzen AI

AMD Ryzen 9 PRO 8945HS

8C/16T

Up to 5.2GHz/
4GHz

24MB

35-54W

Available

AMD Ryzen 7 PRO 8845HS

8C/16T

Up to 5.1GHz/
3.8GHz

24MB

35-54W

Available

AMD Ryzen 7 PRO 8840HS

8C/16T

Up to 5.1GHz/
3.3GHz

24MB

20-28W

Available

AMD Ryzen 7 PRO 8840U

8C/16T

Up to 5.1GHz/
3.3GHz

24MB

15-28W

Available

AMD Ryzen 5 PRO 8645HS

6C/12T

Up to 5.0GHz/
4.3GHz

22MB

35-54W

Available

AMD Ryzen 5 PRO 8640HS

6C/12T

Up to 4.9GHz/

3.5GHz

22MB

20-28W

Available

AMD Ryzen 5 PRO 8640U

6C/12T

Up to 4.9GHz/

3.5GHz

22MB

15-28W

Available

AMD Ryzen 5 PRO 8540U

6C/12T

Up to 4.9GHz/

3.2GHz

22MB

15-28W

N/A

Prosesor Desktop Bisnis AMD Ryzen PRO 8000 Series adalah Prosesor Desktop Berkemampuan AI Pertama di Dunia

Untuk para profesional bisnis di desktop, prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series menghadirkan mesin AI khusus pertama pada prosesor desktop tertentu untuk mendukung pengalaman AI yang imersif dengan kekuatan dan efisiensi luar biasa. Dengan delapan core “Zen 4” berperforma tinggi pada proses 4nm terdepan, Ryzen PRO 8000 Series menetapkan standar baru untuk kecepatan dan efisiensi daya dalam operasi bisnis sehari-hari. Desktop bisnis yang didukung oleh prosesor AMD Ryzen 7 PRO 8700G memberikan peningkatan kinerja hingga 47% dan kinerja grafis 3x lebih baik dalam pengujian tertentu dibandingkan dengan prosesor Intel Core i7 14700 .       

Desktop yang dilengkapi prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series mendukung DDR5 dan PCIe 4 untuk transfer data secepat kilat, alur kerja lebih lancar, dan akses lebih cepat ke aplikasi dan data penting bisnis, serta konektivitas generasi berikutnya dengan Wi-Fi 7 tersedia di pilihan tertentu model.  

Seri terdepan adalah prosesor AMD Ryzen 8700G, yang memberi pengguna delapan core berkinerja tinggi dan 16 thread, cache 24MB, dan grafis AMD Radeon 780M terintegrasi. Dalam pengujian kompetitif, AMD Ryzen 8700G menawarkan performa hingga 19% lebih baik   dengan konsumsi daya lebih sedikit, memberikan para profesional performa yang dibutuhkan untuk setiap beban kerja .       

Prosesor Desktop Ryzen PRO 8000 Series baru diharapkan tersedia pada platform dari mitra OEM HP dan Lenovo, serta dari mitra terpilih mulai pada Q2, 2024.  

Teknologi AMD Ryzen PRO dan Ryzen AI Memberdayakan Perusahaan dengan Pendekatan Berlapis-lapis untuk Keamanan dan Kemampuan AI    
Teknologi AMD PRO memberi pengguna fitur pengelolaan enterprise-grade; sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Principled Technologies menunjukkan bahwa manajer TI dapat menerapkan laptop bertenaga AMD hingga 41% lebih cepat dibandingkan laptop pesaing dan mengelolanya dalam skala besar dengan alat berbasis cloud seperti Windows Autopilot.

Selain itu, teknologi AMD PRO menawarkan pendekatan keamanan berlapis yang kuat yang tertanam langsung pada hardware, pada sistem operasi, dan pada tingkatan sistem. Dengan dukungan mitra yang luas, teknologi AMD PRO membantu pengambil keputusan TI melampaui persyaratan keamanan modern dan memberikan perlindungan berkelanjutan kepada pengguna terhadap serangan canggih.      

Selain itu, prosesor AMD Ryzen PRO memiliki prosesor keamanan Microsoft Pluton terintegrasi , yang memberikan perlindungan luar biasa dari chip hingga cloud. Hal ini membantu melindungi kredensial pengguna, identitas, data pribadi, dan kunci enkripsi pada PC Windows 11.     

Pada akhir tahun 2024, lebih dari 150 ISV bertenaga AI diharapkan dapat memberikan pengalaman pada Ryzen AI. Pengguna bisnis dapat memanfaatkan Ryzen AI untuk membuat dokumen profesional, korespondensi, dan presentasi bisnis hanya dari beberapa poin penting, serta meringkas dan merespons email, sehingga menghemat waktu berharga sepanjang hari. Ryzen AI juga memungkinkan pengguna dengan asisten pribadi AI untuk membantu coding, berkolaborasi dengan alat yang didukung AI, dan menyempurnakan grafis dan video dengan fitur seperti penajaman dan penghilangan noise.     

Mitra OEM Luncurkan Laptop Tambahan Bertenaga Ryzen PRO 8040 Series dan Desktop Bertenaga Ryzen PRO 8000 Series   
Mitra OEM AMD termasuk Lenovo dan HP memperkenalkan lebih banyak laptop, mobile workstation, dan desktop bertenaga AMD Ryzen PRO 8040 dan 8000 Series dengan kekuatan, kinerja, dan kesiapan AI yang luar biasa untuk semua jenis pengguna bisnis. Selain itu, mitra industri Microsoft terus memperluas fitur-fitur Microsoft Copilot yang menghadirkan lebih banyak kemampuan AI ke sistem Windows yang didukung oleh AMD yang membuka fitur-fitur baru untuk meningkatkan produktivitas, keamanan, dan penggunaan bisnis sehari-hari.     

Pada HP Amplify Partner Conference tahun ini, HP mengumumkan beragam desktop, workstation, dan laptop komersial termasuk yang bertenaga prosesor seri AMD PRO. Sistem ini mencakup PC Notebook HP EliteBook 805 Series G11, PC Notebook HP EliteBook 605 Series G11, PC Notebook HP ProBook 405 Series G11, PC Desktop HP Elite Small Form Factor 805 G9, HP ZBook Power G11, dan HP ZBook Firefly G11 yang bertenaga Prosesor AMD Ryzen™ PRO 8000 atau 8040 Series. HP dan AMD meningkatkan AI di masa kini dan masa depan. Dengan memanfaatkan keahlian HP dalam solusi komputasi stasiun kerja kelas atas dengan teknologi termutakhir AMD, kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan kesiapan dan kreasi AI.   

“Di HP, kami terus mempelopori era baru komputasi yang dipersonalisasi, bekerja sama dengan para pemimpin industri seperti AMD untuk membentuk masa depan teknologi,” kata Guayente Sanmartin, SVP dan Division President, Commercial Systems & Displays Solutions , HP Inc. “Dengan kolaborasi berkelanjutan kami, kami bersemangat untuk menghadirkan PC HP Elite dan Pro terbaru, serta stasiun kerja seluler Z by HP, yang membekali pelanggan kami dengan solusi komputasi berkinerja tinggi yang dirancang untuk menangani alur kerja AI.”    

Awal tahun ini, Lenovo mengumumkan ThinkPad T14 Gen 5 dengan prosesor AMD Ryzen PRO 8040 Series, dan hari ini perusahaan memperluas portofolio desktopnya dengan menyertakan ThinkCentre M75s Gen 5, ThinkCentre M75q Gen 5, dan ThinkCentre M75t Gen 5, semuanya dilengkapi dengan Prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series.  

“Kemitraan yang kuat antara AMD dan Lenovo memungkinkan kami menghadirkan teknologi mutakhir yang luar biasa kepada pelanggan kami,” kata Sanjeev Menon, vice president and general manager, Worldwide Desktop Business in Intelligent Devices Group, Lenovo.

“PC desktop komersial Lenovo ThinkCentre terbaru kami yang bertenaga Prosesor Desktop AMD Ryzen PRO 8000 Series memanfaatkan AI untuk memberikan tingkat kinerja dan ketangkasan yang unggul, sekaligus memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna bisnis untuk memenuhi kebutuhan mereka. Faktanya, survei Lenovo baru-baru ini menunjukkan bahwa hampir separuh responden CIO mempunyai kebutuhan mendesak untuk mengintegrasikan AI ke dalam operasi bisnis mereka, dan desktop ThinkCentre baru ini akan mewujudkan AI untuk semua hal.”     

“Di Microsoft, kami terus membangun momentum adopsi AI PC dengan menghadirkan lebih banyak kasus penggunaan dan fitur yang dirancang untuk membantu profesional modern meningkatkan produktivitas,” kata James Howell, general manager Windows, Microsoft. “Kami bekerja sama dengan AMD untuk lebih menghadirkan performa optimal dan fitur keamanan pada desktop dan sistem mobile Windows 11 yang bertenaga AMD Ryzen.”      

Tentang AMD
Selama lebih dari 50 tahun AMD telah mendorong inovasi dalam teknologi komputasi, grafis, dan visualisasi berkinerja tinggi. Miliaran orang, perusahaan-perusahaan terkemuka dalam Fortune 500 dan lembaga penelitian ilmiah mutakhir di seluruh dunia mengandalkan teknologi AMD setiap hari untuk meningkatkan cara mereka hidup, bekerja, dan bermain. Karyawan AMD fokus pada membangun kepemimpinan produk berkinerja tinggi dan adaptif yang mendorong batas-batas dari apa yang mungkin.

Baca Juga: Inovasi Terbaru Prosesor Mobile&CPU Data Center AMD Hadirkan Komputasi & Efisiensi

Selanjutnya: Medco (MEDC) Siapkan Biaya Eksplorasi Untuk Temukan Cadangan Minyak Baru di Oman

Menarik Dibaca: Hari Terakhir Libur Lebaran, Penumpang Whoosh Tembus 21.500 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved