April
19
2024
     16:13

Tips & Trik Sukses Rekrutmen Bersama BUMN 2024 dari Jobstreet by SEEK

Tips & Trik Sukses Rekrutmen Bersama BUMN 2024 dari Jobstreet by SEEK
ILUSTRASI. Foiman Zega, praktisi SDM yang juga konten kreator KarirKu, menambahkan, ?Karirku dari Jobstreet by SEEK sangat bermanfaat bagi para anak muda Indonesia yang ingin melamar pekerjaan di BUMN.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kesempatan bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan karir yang didambakan banyak orang. Nah, buat kamu yang sudah berhasil mendaftarkan diri dan kini sedang menantikan hasil seleksi dengan penuh antusiasme, Jobstreet by SEEK sebagai mitra setia pencari kerja yang tepercaya ingin berbagi tips bagi para peserta agar sukses melewati tahapan-tahapan seleksi berikutnya.

Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi, tahapan selanjutnya akan meliputi tes online 1, tes online 2, serta tes seleksi di BUMN. Setiap tahap seleksi akan diumumkan hasilnya melalui laman resmi rekrutmen BUMN.

Pengumuman hasil seleksi administrasi akan menjadi momen penting bagi para peserta, karena hal tersebut akan menentukan apakah mereka akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Meskipun tanggal pasti pengumuman belum diumumkan, kemungkinan besar pengumuman akan dilakukan sebelum tahapan tes online 1, yang dijadwalkan pada 27 April - 4 Mei 2024.

Untuk memaksimalkan persiapan, berikut tips dan trik dari Jobstreet by SEEK yang bisa kamu terapkan selama proses rekrutmen bersama BUMN:

1.Pelajari tentang BUMN serta posisi pekerjaan yang diinginkan

Selain mempelajari rangkaian tes tertulis yang akan dilakukan untuk rekrutmen bersama BUMN, kamu juga harus mempelajari tentang perusahaan BUMN yang kamu inginkan. Pahami profil, sejarah, serta perjalanan BUMN tersebut untuk mempersiapkan diri. Selain sebagai informasi pribadi, kamu juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai bidang serta posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

2.Pahami contoh soal dan materi rangkaian tes tertulis BUMN

Pada seleksi tahap awal, terdapat beberapa rangkaian tes yang harus kamu lalui dalam proses rekrutmen bersama BUMN. Oleh karena itu, pelajari secara matang berbagai contoh soal dan materi yang berhubungan dengan tahapan tes yang akan kamu jalani, seperti materi Tes Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) BUMN.

Kamu dapat berlatih secara online di situs Jobstreet by SEEK menggunakan Contoh Soal TKD dan Akhlak BUMN dan juga Kumpulan Tes Bahasa Inggris BUMN. Selain itu, pahami tentang diri kamu sendiri agar bisa menjawab tes akhlak BUMN sesuai dengan karakter kamu.

Selain itu, kamu juga dapat mengasah kemampuan dan belajar menggunakan konten video pembelajaran di aplikasi Jobstreet by SEEK di ponsel melalui fitur KarirKu. Dalam fitur yang sebelumnya berjudul seekMAX ini, terdapat rangkaian video singkat dengan topik seputar rekrutmen bersama BUMN yang bisa kamu pelajari.

3.Persiapkan diri dengan matang untuk tahap wawancara dan jaga kesehatan untuk tahap medical check-up

Jika kamu sudah lolos melalui rangkaian tes tertulis, maka kamu akan mengikuti tahap wawancara. Persiapkan diri dengan matang dengan melakukan mock-up interview dengan percaya diri. Pastikan kamu juga menggunakan pakaian yang rapi dan formal saat sesi wawancara. Setelah lolos seleksi wawancara, maka kamu harus melakukan medical check-up (MCU) di rumah sakit, selalu jaga kesehatanmu dalam kondisi prima untuk hasil yang maksimal.

4.Berhubungan dengan komunitas dan ahli

Bergabunglah dengan komunitas pencari kerja, juga ikuti seminar ataupun pelatihan yang berkaitan dengan persiapan rekrutmen BUMN untuk mendapatkan tips tambahan dari para ahli. Komunitas Jobstreet di dalam fitur KarirKu juga dapat kamu manfaatkan untuk berdiskusi dan mendapatkan informasi mengenai kehidupan karirmu, termasuk seputar proses rekrutmen bersama BUMN.

Chief Growth Officer, Marketplace - Talent, Asia, SEEK, Chook Yuh Yng menambahkan, “Sebagai platform terdepan dalam membantu para pencari kerja, Jobstreet berkomitmen untuk memberikan informasi terbaik guna membantu kandidat mendapatkan pekerjaan impian. Jobstreet by SEEK juga menyediakan konten video tutorial dan tips rekrutmen pada KarirKu yang akan sangat berguna bagi para kandidat. Kami sangat menyarankan kepada para kandidat agar mempersiapkan diri untuk hal-hal detail selama proses rekrutmen agar mendapatkan hasil akhir sesuai dengan harapan.”

Foiman Zega, praktisi SDM yang juga konten kreator KarirKu, menambahkan, “Karirku dari Jobstreet by SEEK sangat bermanfaat bagi para anak muda Indonesia yang ingin melamar pekerjaan di BUMN. Platform ini memberikan informasi dan gambaran yang jelas tentang proses rekrutmen BUMN, sehingga membantu para pencari kerja untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik.”

Simak juga konten tutorial dan tips jitu terkait rekrutmen BUMN pada KarirKu yang dibawakan oleh konten kreator dan praktisi SDM profesional seperti Foiman Zega, Vina Muliana, dan Teuku Daffa. Pantau terus informasi terbaru dari Jobstreet by SEEK guna memastikan kesuksesan dalam menjalani proses rekrutmen BUMN.

Baca Juga: Solusi Rekrutmen JobStreet bySEEK Dukung UKM Atasi Tantangan Rekrutmen&Produktivitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved