May
05
2024
     15:33

Targetkan Indonesia Jadi Anggota OECD, Wamendag Optimis Akan Bermanfaat bagi Dunia

Targetkan Indonesia Jadi Anggota OECD, Wamendag Optimis Akan Bermanfaat bagi Dunia

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - 24 – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Inggris untuk Indo-Pasifik di Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan, Anne-Marie Trevelyan, London, Inggris, Selasa (30/4). Dalam pertemuan ini, Inggris tegas menyatakan dukungannya terhadap upaya Indonesia untuk bergabung dengan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (The Organization for Economic Co-operation and Development/OECD).

“Kami mengapresiasi dukungan penuh Inggris dalam upaya aksesi Indonesia ke OECD. Indonesia akan menjadi negara ASEAN pertama yang menjadi anggota OECD. Bergabungnya Indonesia dengan OECD akan memberi manfaat signifikan bagi negara dan bagi komunitas internasional secara keseluruhan,” ujar Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menjelaskan, Inggris juga berkomitmen untuk berbagi pengalaman dan membantu proses aksesi tersebut, baik melalui pertukaran pengetahuan, teknologi, maupun bantuan lainnya yang dapat membantu percepatan transisi energi.

Indonesia telah menetapkan target ambisius untuk menjadi anggota penuh OECD dalam waktu tiga tahun. Langkah ini menunjukkan komitmen kuat Indonesia untuk memperdalam reformasi struktural dan memajukan ekonominya ke tingkat yang lebih tinggi. Dukungan dari Inggris, sebagai anggota OECD yang telah mapan, diharapkan dapat mempercepat proses aksesi Indonesia.

“Pemerintah Indonesia menyambut baik dukungan dari Inggris dan berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan negara-negara anggota OECD serta memenuhi standar dan prinsip OECD. Bergabungnya Indonesia dengan OECD diharapkan akan membawa manfaat bagi pertumbuhan ekonomi, tata kelola yang baik, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” pungkas Wamendag Jerry.

Pada pertemuan ini, Menteri Negara Inggris Anne juga menyarankan untuk membangun kesamaan pandangan, melibatkan bisnis untuk memanfaatkan perjanjian perdagangan, dan mendapatkan nilai tambah dalam jangka panjang.

Baca Juga: Wamendag Jerry Jajaki Kerjasama Perdagangan dengan Zona Ekonomi Terusan Suez di Kairo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved