April
23
2024
     22:23

Schneider Electric Tekankan Pentingnya Perangkat Lunak, Otomasi & Elektrifikasi

Schneider Electric Tekankan Pentingnya Perangkat Lunak, Otomasi & Elektrifikasi
ILUSTRASI. Peter Herweck, CEO Schneider Electric (kedua dari kanan) menerima kunjungan Olaf Scholz, Kanselir Jerman (kedua dari kiri), dan Jonas Gahr St?re, Perdana Menteri Norwegia (kanan) di booth Schneider Electric pada pembukaan Hannover Messe 2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Schneider Electric, pemimpin teknologi industri dalam manajemen energi dan otomasi, akan memamerkan inovasi terbaru dalam portofolionya di Hannover Messe, yang mencakup perangkat lunak industri, artificial intelligence, dan teknologi Digital Twin. Solusi-solusi ini akan dipresentasikan melalui prisma sebuah digital and sustainable life science campus, yang memperlihatkan keahlian domain Schneider Electric di seluruh rantai nilai industri.

"Industri berkontribusi sekitar 45% emisi gas rumah kaca global , maka sudah jelas kita harus bertindak untuk menguranginya dan mendukung dekarbonisasi industri secepat mungkin," Barbara Frei, Executive Vice President, Industrial Automation Schneider Electric. "Otomasi, sebagai inti dari teknologi operasional industri, dapat mengoptimalkan proses produksi dan menjadi kunci keberhasilan transformasi digital. Ini meningkatkan produktivitas dan efisiensi serta membantu memaksimalkan pemanfaatan energi dan bahan baku."

Mendorong produktivitas dan efisiensi melalui Otomasi Berbasis Perangkat Lunak

Hannover Messe, pameran industri terbesar dan bergengsi, berlangsung di Hannover, Jerman, dari 22 hingga 26 April. Pada acara ini, Schneider Electric mempresentasikan visinya untuk otomasi.

Setelah memperkenalkan EcoStruxure Automation Expert pada tahun 2020 lalu, Schneider Electric terus memperkuat pendekatan terbuka dan berbasis perangkat lunak dalam otomasi, membentuk fondasi yang berkelanjutan, mengembangkan lingkungan otomasi industri tunggal dan dapat disesuaikan untuk proses berkelanjutan, hybrid, atau diskrit.

Dengan fokus pada mendukung kebutuhan pelanggan agar menjadi lincah dan inovatif dalam menghadapi tantangan industri dan menjaga kelangsungan bisnis, perusahaan bertujuan menciptakan solusi yang dapat menekan total biaya kepemilikan, menyederhanakan proses dan operasi, dan memungkinkan industri beroperasi pada tingkat efisiensi dan ketahanan yang lebih tinggi.

Frei melanjutkan, "Sebagian besar otomasi yang beroperasi saat ini dirancang dan dipasang beberapa dekade yang lalu, berdasarkan perangkat keras yang terkait dengan satu pemasok dan terjadi sebelum munculnya komputasi yang kita miliki sekarang. Dengan mengusung otomasi berbasis perangkat lunak dan pendekatan terbuka, kami menyederhanakan kompleksitas yang ada dan memungkinkan pelanggan untuk memperbarui atau mengubah otomasi mereka berdasarkan apa yang mereka butuhkan, kapan mereka butuhkan, dan dari siapa mereka inginkan."

Inovasi industri terbaru dipamerkan di booth Schneider Electric (Hall 11, Booth C52)

• CONNECT: Platform kecerdasan industri end-to-end yang agnostik dari AVEVA memungkinkan visibilitas dan integrasi data teknik dan operasional di seluruh rantai nilai, membangun ekosistem karyawan, mitra, dan bahkan pelanggan. Dengan AI dan Digital Twin yang cerdas, CONNECT memberdayakan bisnis untuk mencapai efisiensi dan mendorong 1 Inisiatif Akselerator Industri Net Zero dari World Economic Forum, dihitung dari total gas rumah kaca yang terkait dengan aktivitas energi (yaitu: tidak termasuk pertanian dan kehutanan). 45% termasuk emisi GHG lingkup 1 dan 2 industri, limbah air dan emisi fugitif dari produksi energi. Berita Hal | 2 keberlanjutan dengan solusi dari Schneider Electric, AVEVA, etap, RIB, dan penyedia perangkat lunak pihak ketiga lainnya.

• EcoStruxure Plant Apps: EcoStruxure Plant Predictive Energy, solusi terbaru dari perangkat lunak IoT Industri Schneider Electric, beroperasi pada Layanan Data CONNECT, untuk memantau anomali konsumsi energi di beberapa lokasi dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan penghematan energi yang signifikan.

• EcoStruxure Plant Apps: EcoStruxure Plant Predictive Energy, solusi terbaru dari perangkat lunak IoT Industri Schneider Electric, beroperasi pada Layanan Data CONNECT, untuk memantau anomali konsumsi energi di beberapa lokasi dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan penghematan energi yang signifikan.

• EcoStruxure Edge Apps: Ekosistem yang terbuka, dapat diskalakan, dan siap pakai yang memanfaatkan teknologi edge computing dan AI, menyediakan pemrosesan data real-time dengan mengubah data menjadi wawasan yang dapat digunakan di sumber - mesin, garis produksi, atau lantai pabrik. Aplikasi pertama yang diluncurkan dan ditunjukkan di HM termasuk EcoStruxure Edge Apps Manager, Condition-Based Maintenance, and Autonomous Yield Optimization.

• Hybrid Cloud MES: Manufacturing Execution System dari AVEVA mengadopsi CONNECT dan menawarkan fitur baru dalam Manajemen Data, Visualisasi, dan Analisis Lanjutan.

• EvoPacT HVX: Pemutus sirkuit baru untuk distribusi daya tegangan menengah dengan masa pakai operasional hingga tiga kali lebih lama dari pemutus sirkuit yang ada saat ini. Dengan fitur monitoring yang komprehensif dan berbasis IoT, membantu pengguna dan mitra dalam memberikan dampak yang keberlanjutan dan memenuhi kebutuhan di era digital dan elektrik.

• MasterPacT MTZ Active: Solusi terbaru dari rangkaian komprehensif pemutus sirkuit udara berdaya tinggi, memanfaatkan fitur digital canggih dari unit kontrol MicroLogic X untuk efisiensi energi dan perawatan yang maksimal.

• Lexium SCARA Robot: Robot industri ultra-kompak, yang beroperasi dengan kecepatan tinggi dan akurasi penempatan yang tinggi, dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses manufaktur dan perakitan. Dengan integrasi penuh ke dalam sistem kontrol mesin terpadu, robot ini memungkinkan pengendalian terpusat dari beberapa robot, memfasilitasi sinkronisasi dan menghadirkan aliran data kolaboratif. Hal ini memenuhi kebutuhan manufaktur yang semakin cerdas, fleksibel, dan berkelanjutan.

• Automation application copilot: Memanfaatkan kekuatan Gen AI untuk meningkatkan produktivitas rekayasa. Aplikasi ini menawarkan pengalaman pengguna yang sangat membantu control engineer untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan alur kerja dalam pembuatan aplikasi mencakup struktur aplikasi, penciptaan aset dari perpustakaan terkait, dan pembuatan kode/dokumentasi/uji kasus.

• TeSys motor control: Merayakan 100 tahun inovasi, solusi pengendalian motor andal, berkelanjutan, dan efisien dari Schneider Electric kini dapat terhubung, terintegrasi, dan dilengkapi dengan IoT untuk mendukung kebutuhan industri 4.0.

Schneider Electric dalam ekosistem industri yang luas: Inovasi bersama

• Automation application copilot for PLC code generation [Microsoft Booth, Hall 17, booth G06]: Solusi pembuatan kode ini, yang dirancang untuk membantu insinyur menulis kode PLC yang berkualitas tinggi, diuji, dan divalidasi dengan cepat, menggabungkan keahlian industri Schneider Electric dengan teknologi AI Generatif terkini dari Microsoft. Alat ini mengubah cara kerja yang lazim dengan mengotomasi tugas-tugas berulang dan memberikan rekomendasi kode cerdas untuk mengurangi waktu pemrograman.

• MARGO Initiative under Linux Foundation launch [Cap Gemini Booth, Hall 15, booth F52]: Pada hari Selasa, 23 April pukul 11.00 CET, Schneider Electric dan AVEVA memperkuat keanggotaan pendirian MARGO . Inisiatif standar terbuka baru ini, untuk interoperabilitas tepi otomasi industri, bertujuan untuk mempercepat transformasi digital dan mendorong pertumbuhan organisasi dari berbagai skala usaha. Diselenggarakan oleh Joint Development Foundation, yang merupakan bagian dari Linux Foundation, inisiatif ini sejalan dengan pendekatan Open Automation Schneider.

• Data4industry-X [Platform 4.0 booth]: Data yang terpercaya adalah dasar untuk mendorong kolaborasi dan menetapkan model-model industri baru yang mempercepat transformasi. Schneider Electric adalah bagian dari Data4Industry-X, sebuah proyek Mercusuar Gaia-X dan bagian dari inisiatif Manufacturing-X, yang didukung oleh rencana investasi nasional France 2030 dan program pemulihan ekonomi NextGenerationEU . Data4Industry-X mengandalkan keahlian teknologi dan industri untuk mendukung transformasi digital industri dan memanfaatkan potensi tinggi data industri.

Tentang Schneider Electric

Tujuan Schneider Electric adalah memberdayakan semua orang agar dapat memaksimalkan energi dan sumber daya, menjembatani kemajuan dan keberlanjutan bagi semua orang. Kami menyebutnya Life Is On. Misi kami adalah menjadi mitra digital Anda demi mencapai Keberlanjutan dan Efisiensi. Kami mendorong transformasi digital dengan mengintegrasikan teknologi energi dan proses terdepan di dunia, produk penghubung end-point ke cloud, kontrol, perangkat lunak dan layanan, di seluruh siklus hidup, sehingga memungkinkan manajemen perusahaan terintegrasi, untuk rumah, gedung, pusat data, infrastruktur dan industri. Kami merupakan perusahaan global dengan pemahaman lokal. Kami mendukung standar dan ekosistem kemitraan.

Baca Juga: Schneider Electric Kerjasama dengan NVIDIA Kembangkan Desain Data Center Berbasis AI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved