January
10
2024
     18:07

Launching Kerjasama Sekolah Regina Pacis-Jakarta dengan Pearson Edexcel UK

Launching Kerjasama Sekolah Regina Pacis-Jakarta dengan Pearson Edexcel UK
ILUSTRASI. Sejak 11 April 2023, Sekolah Regina Pacis resmi menjadi approved centre Pearson Edexcel dengan centre number 95713. Edexcel adalah satu dari lima examination boards yang memberikan kualifikasi di jenjang SMA di Inggris. Edexcel mengeluarkan beberapa kualifikasi yang diakui secara internasional. Salah satunya adalah International A Level.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Antusiasme masyarakat Indonesia untuk studi di luar negeri terbilang cukup tinggi. Indonesia adalah negara peringkat ke-22 dengan jumlah mahasiswa terbesar yang kuliah di luar negeri. Berdasarkan data UNESCO pada tahun 2021, jumlah mahasiswa Indonesia yang meneruskan studi ke luar negeri sebanyak 53.604 mahasiswa.

Hal tersebut diprediksi masih akan terus meningkat. Menyadari hal tersebut, sekolah-sekolah di Indonesia berlomba untuk memfasilitasi peserta didiknya dengan kurikulum internasional. Ini diharapkan akan lebih mempersiapkan mereka untuk studi di luar negeri.

Sekolah Regina Pacis-Jakarta didirikan pada tahun 1958 oleh suster-suster FMM (Fransiskan Misionaris Maria) dan merupakan Sekolah Katolik. Awal berdirinya sekolah Regina Pacis-Jakarta ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi warga Tionghoa dan warga negara asing di Jakarta. Dalam usianya yang sudah mencapai 65 tahun, sekolah ini terus memperbaiki diri untuk mengikuti kebutuhan peserta didik. Selain itu, untuk memastikan agar mereka siap dalam menghadapi lingkungan pendidikan dan dunia kerja di dalam dan luar negeri.

Sejak 11 April 2023, Sekolah Regina Pacis resmi menjadi approved centre Pearson Edexcel dengan centre number 95713. Edexcel adalah satu dari lima examination boards yang memberikan kualifikasi di jenjang SMA di Inggris. Edexcel mengeluarkan beberapa kualifikasi yang diakui secara internasional.

Salah satunya adalah International A Level. International A Level dapat disandingkan dengan kualifikasi A Level yang diambil oleh siswa-siswa SMA di Inggris. Kualifikasi International A Level dari Edexcel telah diterima di banyak universitas tingkat dunia.

Mulai dari Russel Group di Inggris, Ivy League di Amerika, hingga Group of Eight di Australia. Sebagai Approved Centre, Sekolah Regina Pacis mempersiapkan peserta didik sejak jenjang PAUD untuk bisa mencapai kualifikasi internasional tersebut.

Meskipun mengadopsi kurikulum internasional, Sekolah Regina Pacis tetaplah sekolah swasta Katolik yang tetap menggunakan kurikulum nasional. Dalam hal ini adalah kurikulum merdeka. Karena kurikulum merdeka pun sudah selaras dengan kurikulum internasional. Hanya saja, masih dibutuhkan kerja sama dengan lembaga pendidikan internasional agar sekolah bisa menyelenggarakan asesmen yang diakui secara internasional.

Sebagai sekolah nasional 2 satuan pendidikan Regina Pacis, yaitu Paud dan SMP yang merupakan sekolah penggerak, sedangkan unit SD dan SMA melaksanakan kurikulum merdeka secara mandiri.

Kami menyebutnya dengan sebutan RECIS CURRICULUM yang memiliki 5 pilar penyangga dalam memastikan standar output dan outcome dari lulusan Sekolah Regina Pacis Jakarta. Adapun 5 pilar Recis Kurikulum adalah Kurikulum Nasional, Kurikulum International, Penguatan Karakter, Future Skill, dan Digital Transformation.

Namun, sebagai Sekolah Swasta Katolik, Sekolah Regina Pacis tetap mengedepankan pendidikan karakter yang mengakar pada spiritualitas Katolik dan memiliki core value, yaitu CHIPS yang terdiri dari Compassion, Humility, Integrity, Peace, & Servant Leadership. Meskipun mengadopsi kurikulum internasional, sekolah Regina Pacis tetaplah sekolah nasional yang tetap menjunjung tinggi nasionalisme dan kebanggaan berbangsa dan berbahasa Indonesia.

Baca Juga: 15 SMA Terbaik di Bogor dan Sekitarnya Berdasar Nilai UTBK dari LTMPT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved