April
25
2024
     19:24

Kompas.com Sabet Dua Penghargaan dari WAN IFRA Digital Media Awards Asia 2024

Kompas.com Sabet Dua Penghargaan dari WAN IFRA Digital Media Awards Asia 2024
ILUSTRASI. Kompas.com berhasil memenangkan dua penghargaan dari WAN IFRA Digital Media Awards Asia 2024. Pada kesempatan ini, Kompas.com telah memenangkan kategori Penggunaan AI Terbaik dalam Ruang Redaksi dan Produk Digital Inovatif Terbaik.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kompas.com berhasil memenangkan dua penghargaan dari WAN IFRA Digital Media Awards Asia 2024. Pada kesempatan ini, Kompas.com telah memenangkan kategori Penggunaan AI Terbaik dalam Ruang Redaksi dan Produk Digital Inovatif Terbaik.

WAN INFRA Digital Media Awards pertama kali diselenggarakan pada 2009 untuk para media yang memiliki inovasi terbaik terkait penyesuaian mereka di era digital media. Seperti diketahui, saat ini konsumsi berita masyarakat memang banyak beralih dari media cetak ke media daring.

Sebanyak 136 peserta mendaftarkan diri mereka pada kompetisi ini. Para pemenang pun diberi kesempatan untuk mempresentasikan inovasi mereka di malam penghargaan. Seremoni tersebut diselenggarakan di Sofitel Kuala Lumpur Damansara pada Rabu malam (24/4/2024), sebagai bagian dari rangkaian acara konferensi terbesar se-Asia-Pasifik, Digital Media Asia.

Pada kompetisi ini, Kompas.com memenangkan innovasi terkait penggunaan AI untuk program Lestari dan fitur Baca Cepat di Kompas.com. Masing-masing kategori ini telah sukses memenangkan Gold Winner.

Penggunaan AI digunakan program Lestari KG Media untuk mendukung akselerasi agenda berkelanjutan (SDGs). Lestari memang menyajikan ribuan artikel terkait 17 agenda SDGs tersebut. Tentu ini akan menjadi tantangan bagi tim redaksi untuk mengklasifikasikan artikel sesuai dengan kategori SDGs. Sebab tak hanya sumber daya manusia, pengklasifikasian ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama jika klasifikasi dilakukan dengan cara manual.

Itu sebabnya, Kompas.com merancang teknologi AI demi efisiensi. AI ini mengautomasi pengkategorisasian artikel berasarkan tujuan SDGs dan sentimennya. Para pembaca pun hanya perlu memilih kategori di sisi atas artikel sesuai dengan tujuan SDGs yang mereka cari.

Dengan teknologi canggih ini, Kompas.com pun sukses melakukan efisiensi waktu kerja para tim redaksi sebanyak 4.750 jam, 6 penerbit, penyediaan lebih dari 475 ribu artikel, dan mampu mencapai lebih dari 90 persen ketepatan kategorisasi.

“AI untuk klasifikasi konten ini membuat pekerjaan yang berulang-ulang menjadi jauh lebih efisien, sehingga tim redaksi kami bisa lebih fokus pada upaya-upaya yang impactful untuk menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas," ujar Senior General Manager Technology KG Media Johnsons.

Sedangkan untuk Baca Cepat, fitur ini merupakan pionir generative AI yang dirancang untuk menyelaraskan penyediaan informasi dengan tuntutan gaya hidup pembaca yang serba cepat. Baca Cepat merangkum artikel yang lebih ringkas sehingga pengguna bisa mendapat informasi dengan waktu yang lebih cepat.

Rilis pada Oktober 2023, Baca Cepat juga menyediakan video pendek dengan rangkuman informasi, musik, dan visual yang dinamis sehingga menjadi lebih interaktif. Fitur ini sukses membuktikan bahwa efisiensi terkait penyediaan informasi bisa tetap menjaga standar jurnalistik dengan kualitas tinggi.

Baca Cepat akhirnya berhasil menaikkan pageviews hingga 501%, penghematan biaya per video hingga 75%, penonton reels hingga 100 ribu, dan rata-rata likes di Instagram hingga 1.000.

"Kami akan terus mendorong penggunaan teknologi AI di berbagai proses bisnis untuk menghasilkan added value bagi pembaca. Di sisi lain, AI juga solusi untuk segmen pembaca yang memiliki waktu sangat singkat tapi ingin mendapatkan semua informasi yang relevan," terang Johnsons.

Tentang WAN INFRA

WAN-INFRA, atau World Association of New Publisher, adalah sebuah organisasi global pers dunia. Misi dari organisasi ini adalah melindungi hak jurnalis dan penerbit untuk menjalankan media independen.

WAN INFRA memfasilitasi anggotanya untuk berinovasi dan berkembang di dunia digital serta menjalankan peran penting mereka di masyarakat. WAN INFRA mendapatkan otoritasnya dari jaringan global yang terdiri dari 3.000 perusahaan penerbit berita dan pengusaha teknologi.

Saat ini ada 60 asosiasi penerbit yang menjadi anggotanya, mewakili 18.000 publikasi di 120 negara.

Organisasi ini tak hanya fokus pada perlindungan terhadap kebebasan pers dan jurnlisme, tapi juga keberlanjutan media dan inovasinya. Itu sebabnya, WAN IFRA juga menyediakan berbagai berita dan masukan terkait strategi pasar, jaringan, serta advokasi.

Tentang KG Media

KG Media adalah grup media terkemuka di bawah naungan Kompas Gramedia Group dengan jumlah pembaca terbesar di Indonesia. KG Media menyediakan solusi media terlengkap di berbagai platform, termasuk media cetak, televisi, digital, radio, podcast, solusi pemasaran dan digital.

Dengan pengalaman lebih dari 55 tahun di industri media dan penyiaran, KG Media telah menjangkau lebih dari 64 persen populasi Indonesia. Hal ini dapat dicapai melalui konsistensinya dalam menyediakan konten berkualitas tinggi bagi pemirsa, produk, serta layanan terbaik bagi para pemangku kepentingan yang bekerja sama dengan KG Media.

Tentang Kompas.com

Pertama kali muncul di internet pada 14 September 1995 dengan nama Kompas Online, Kompas.com telah menjadi salah satu media online teratas di Indonesia. Dikunjungi lebih dari satu juta pengguna internet setiap harinya, Kompas.com terus berinovasi untuk menyediakan informasi dan pengalaman terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Media Besar di Asia Inisiasi Konsorsium Keberlanjutan Pertama di Kawasan Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved