May
08
2024
     13:17

Komitmen MIND ID Dukung Penyandang Disabilitas

Komitmen MIND ID Dukung Penyandang Disabilitas
ILUSTRASI. Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf menuturkan program dukungan yang perusahaan jalankan memiliki nilai mulia dan juga sejalan dengan salah satu pilar sustainability pathway MIND ID.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) terus memperjuangkan inklusi dan keberlanjutan.

Bersama seluruh Anggota Holding, perusahaan terus fokus pada implementasi salah satu pilar utama keberlanjutan, yaitu ‘People’ khususnya mendukung para penyandang disabilitas.  

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf menuturkan program dukungan yang perusahaan jalankan memiliki nilai mulia dan juga sejalan dengan salah satu pilar sustainability pathway MIND ID.

Pilar ‘People’ merupakan ejawantah dari prinsip inklusi dan keberagaman yang diusung MIND ID. Prinsip tersebut tidak hanya dijalankan di tempat kerja saja melainkan untuk masyarakat disabilitas secara umum.

“Kami konsisten untuk terus mendukung inclusion dan diversity. Perusahaan mendukung penyandang disabilitas untuk mendapatkan kesempatan untuk sejajar dan mendapatkan akses yang setara,” ucapnya.

Adapun, Anggota Holding Grup MIND ID, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) membuktikan komitmennya dalam mendukung kemandirian ekonomi masyarakat, khususnya kelompok UMKM penyandang disabilitas.

PT Inalum memberikan dorongan signifikan bagi para pelaku UMKM disabilitas di sekitar wilayah operasionalnya melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan dan pemberian bantuan alat produksi bagi masyarakat disabilitas.

Salah satunya lewat kegiatan kunjungan silaturahmi PT Inalum ke Yayasan Cahaya Bersama Rakyat (CBR) di Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba.
Perseroan juga ikut membantu memasarkan hasil produksi UMKM penyandang disabilitas Toba seperti penjualan suvenir, pembuatan jas almamater Perguruan Tinggi IT DEL Laguboti hingga produk bandrek dan kopi toba.

Anggota Grup MIND ID lainnya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) juga memberikan bantuan food truck kepada kelompok Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) Hephata HKBP Sibolga, Sumatera Utara. PT ANTAM Tbk berperan aktif dalam mendukung kemandirian ekonomi kelompok difabel.

Selain itu, anggota Grup MIND ID, PT Timah Tbk mengambil langkah proaktif dalam mendukung pendidikan disabilitas dan meningkatkan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.

PT Timah Tbk terus berperan dalam membuka peluang dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat disabilitas mulai dari pemberian bantuan kursi roda hingga pelaksanaan program pendidikan bersama Yayasan YPAC Pangkalpinang.

Ada sekitar 130 anak dengan berbagai ragam disabilitas belajar di YPAC Pangkalpinang dan tercatat ratusan anak difabel berhasil lulus dan menjadi alumni dari sekolah tersebut.

“Gedung sekolah ini juga aset PT Timah Tbk, berdirinya Yayasan YPAC ini juga tidak lepas dari inisiasi dan peran dari PT Timah Tbk. Sampai saat ini kami juga masih dibantu secara finansial untuk operasional sekolah dari PT Timah Tbk,” kata Ketua Umum Pengurus Yayasan YPAC Pangkalpinang, Dailami Zuyadi.
Anggota Grup MIND ID, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) juga berkomitmen dalam mendukung mobilitas dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Langkah ini menjadi salah satu dari beragam program kesehatan yang telah digulirkan oleh perusahaan.

Salah satunya dengan memberikan bantuan kursi roda adaptif kepada tujuh penyandang Cerebral Palsy di Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga: MIND Dorong Transisi Energi di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved